7 Perbedaan Lelang dan Tender

News picture 7 Perbedaan Lelang dan Tender
date_range 2023-12-05
schedule 13:18:57
7 Perbedaan Lelang dan Tender

Lelang dan tender adalah dua proses yang sering digunakan dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah atau lembaga swasta. Meskipun keduanya bertujuan untuk memilih penyedia barang atau jasa, selain itu juga terdapat hal yang mendasar dari perbedaan lelang dan tender. 

Lelang umumnya melibatkan serangkaian penawaran terbuka, di mana para peserta bersaing untuk mendapatkan kontrak dengan menawarkan harga terbaik atau melalui kriteria lain yang ditetapkan dan proses ini bersifat terbuka untuk umum. Sementara itu, tender melibatkan undangan tertutup kepada pihak-pihak tertentu yang telah dipilih sebelumnya. Biasanya, proses tender lebih terfokus pada kualifikasi teknis dan kemampuan pihak yang diundang.

Oleh karena itu, perbedaan mendasar antara lelang dan tender terletak pada karakter terbuka atau tertutupnya proses, serta cara pemilihan penyedia barang atau jasa. Pemahaman yang baik mengenai perbedaan ini penting untuk menavigasi proses pengadaan dengan efektif dan transparan.

Baca juga: Manfaat Lelang yang Perlu Diketahui

Apa itu Lelang?

Lelang adalah suatu sistem di mana pihak yang mengadakan pengadaan memberikan kesempatan kepada semua pihak yang berminat untuk mengajukan penawaran. Proses lelang bersifat terbuka dan transparan, memungkinkan partisipasi dari berbagai pihak yang memiliki minat atau kualifikasi. Lelang biasanya diadakan untuk mendapatkan harga terbaik dari pasar. Ada beberapa jenis lelang, seperti lelang terbuka, lelang tertutup, dan lelang terbalik.

Lelang terbuka adalah proses di mana penawaran diumumkan secara publik, sedangkan lelang tertutup membatasi pesertanya dan biasanya dilakukan melalui undangan. Lelang terbalik, di sisi lain, memungkinkan penyedia dengan penawaran terendah memenangkan kontrak.

Apa itu Tender?

Tender, di sisi lain, lebih bersifat undangan terbatas. Pihak yang mengadakan tender secara selektif mengundang penyedia yang telah dipilih sebelumnya untuk mengajukan penawaran. Proses tender lebih terfokus pada aspek kualitatif, seperti kemampuan teknis dan pengalaman penyedia. 

Oleh karena itu, tender cenderung lebih terstruktur dan kurang terbuka daripada lelang. Dalam tender, pemilihan penyedia tidak hanya berdasarkan pada faktor harga tetapi juga mempertimbangkan kualitas dan keahlian teknis.

7 Perbedaan Lelang dan Tender

Lelang dan tender tentu memiliki beberapa perbedaan mendasar yang harus Anda ketahui sebelum memilih layanan mana yang akan Anda ikuti. 

1. Karakteristik Proses

Proses lelang bersifat lebih terbuka. Peserta lelang dapat berasal dari berbagai pihak yang berminat dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Pihak yang mengadakan lelang umumnya memberikan informasi  tentang proyek atau barang/jasa yang akan dilelang. 

Sedangkan tender bersifat lebih terbatas dan fokus. Pihak yang mengadakan tender secara selektif mengundang penyedia yang dianggap memiliki kualifikasi dan kemampuan tertentu untuk mengajukan penawaran. Informasi tender mungkin lebih spesifik dan terarah kepada pihak yang diundang.

2. Fokus Pemilihan

Fokus utama lelang adalah pada aspek harga. Peserta bersaing untuk memberikan penawaran terbaik dan penyedia dengan penawaran paling menguntungkan memiliki peluang memenangkan kontrak. 

Lain halnya dengan tender yang berfokus pada  kualifikasi teknis dan kemampuan penyedia. Selain harga, penilaian terhadap keahlian teknis, pengalaman, dan kemampuan untuk memenuhi spesifikasi proyek juga menjadi faktor penting.

3. Transparansi

Lebih transparan karena melibatkan proses terbuka di mana semua peserta dapat melihat dan bersaing secara langsung. Ini meningkatkan tingkat keadilan dan kompetisi. untuk tender mungkin dinilai kurang transparan karena melibatkan undangan terbatas. Informasi lebih terfokus pada pihak yang diundang, dan prosesnya mungkin tidak terbuka untuk umum.

4. Tahapan 

Tahapan lelang dan tender juga berbeda. Dalam lelang, tahapan yang dilakukan adalah pendaftaran, pengambilan dokumen lelang, pengajuan penawaran, evaluasi penawaran, dan pengumuman pemenang lelang. 

Sedangkan dalam tender, tahapan yang dilakukan adalah pendaftaran, pengambilan dokumen tender, pengajuan dokumen penawaran, evaluasi dokumen penawaran, dan pengumuman pemenang tender.

5. Dokumen 

Dokumen yang dibutuhkan adalah dokumen penawaran harga. Sedangkan dalam tender ada dua dokumen yang diperlukan yaitu, penawaran harga dan kualifikasi.

6. Pihak yang Terlibat

Dalam proses tender, bentuk kolaborasi terjadi antara berbagai pihak yang saling berkepentingan, baik dari sektor pemerintahan maupun swasta. Keterlibatan keduanya dalam proses tender menunjukkan adanya kerjasama bisnis yang terbuka dan transparan. Sementara itu, proses tawar-menawar dalam lelang lebih bersifat publik dan dilakukan secara terbuka.

7. Tujuan

Perbedaan utama antara lelang dan tender terletak pada tujuan. Lelang lebih berfokus pada penjualan barang, sementara tender lebih berorientasi pada pengadaan barang/jasa yang diperlukan.

Cara yang Dapat Dilakukan untuk memenangkan Lelang dan Tender

Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti agar dapat memenangkan tender seperti yang ada di bawah ini. 

1. Pahami Persyaratan dan Kriteria Evaluasi

Teliti dokumen lelang atau tender dengan cermat untuk memahami persyaratan dan kriteria evaluasi yang diterapkan. Pastikan bahwa penawaran Anda memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan dan memberikan penekanan pada area yang dianggap penting oleh pihak yang mengadakan lelang.

2. Bentuk Tim yang Kuat

Jika memungkinkan, bentuk tim yang terdiri dari individu yang memiliki keahlian dan pengalaman yang relevan dengan jenis proyek yang dilelang. Tim yang kuat dapat meningkatkan keyakinan pihak yang mengadakan lelang terhadap kemampuan perusahaan Anda.

3. Penawaran yang Diferensial

Tinjau ulang strategi pesaing dan kembangkan penawaran yang memberikan nilai tambah atau keunggulan yang dapat membedakan perusahaan Anda dari pesaing. Fokus pada kelebihan unik yang dapat memberikan manfaat lebih kepada pihak yang mengadakan lelang.

4. Harga yang Bersaing 

Ajukan penawaran dengan harga yang bersaing, tetapi tetap mempertahankan margin keuntungan yang wajar. Tinjau biaya secara menyeluruh dan pertimbangkan cara untuk meningkatkan efisiensi operasional guna mempertahankan harga yang sesuai. 

5. Evaluasi Pasar dan Persaingan

Melakukan analisis pasar dan memahami pesaing dapat memberikan wawasan yang berharga. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi tren industri, mengukur daya saing, dan mengadaptasi strategi Anda sesuai dengan kondisi pasar.

Secara singkat, perbedaan lelang dan tender dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai proses pengadaan barang dan jasa. Lelang bersifat lebih terbuka, melibatkan peserta dari berbagai kalangan untuk bersaing secara transparan. Sementara itu, tender lebih terfokus dan melibatkan undangan terbatas kepada penyedia yang telah dipilih sebelumnya. 

Baca juga: Cara Memenangkan Lelang Mobil

Seiring dengan pemahaman ini, JBA Indonesia telah memberikan inovasi dalam menyediakan layanan lelang motor bekas dan lelang mobil bekas yang efektif dan efisien. Dalam memberikan kesempatan kepada berbagai pihak untuk mengikuti proses lelang, JBA Indonesia menciptakan platform yang adil dan transparan. Layanan ini tidak hanya memberikan peluang kepada pembeli untuk memperoleh kendaraan yang tepat, tetapi juga memberikan kesempatan kepada penjual untuk mendapatkan nilai terbaik dari aset mereka.

JBA Indonesia bukan hanya sekadar penyelenggara lelang, tetapi juga penyedia solusi terkini dalam industri mobil dan motor bekas, menjembatani kebutuhan konsumen dan keberlanjutan pasar otomotif di Indonesia.

Tunggu apalagi? Kunjungi laman resmi JBA Indonesia atau langsung hubungi kami sekarang juga!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp