7 Tips Memilih Kendaraan Bekas di Balai Lelang

News picture 7 Tips Memilih Kendaraan Bekas di Balai Lelang
date_range 2023-02-24
schedule 16:50:40
7 Tips Memilih Kendaraan Bekas di Balai Lelang

JBA Indonesia - Pasca Covid-19, pasar mobil nasional mengalami peningkatan termasuk pasar kendaraan bekas. Banyak orang cenderung mencari kendaraan bekas dikarenakan harga yang lebih murah dan nilai jual mobil bekas pun lebih stabil.

Proses mencari kendaraan bekas dengan kualitas yang cukup baik, memang butuh usaha lebih dibandingkan orang yang membeli kendaraan baru. Apalagi, ketika Anda mencari kendaraan di balai lelang, Anda harus memperhatikan detail LDK yang diberikan disaat open house. Karena balai lelang menjual kendaraan dengan keadaan apa adanya.

Namun, jika Anda teliti, Anda dapat mendapatkan kendaraan impian sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Oleh karena itu, JBA ingin berbagi beberapa tips akurat yang bisa digunakan ketika Anda memiliki kendaraan bekas di balai lelang.

Baca juga: Cara Memenangkan Lelang Mobil dengan Tepat

7 Tips Memilih Kendaraan Bekas di Balai Lelang

1. Menentukan Anggaran sebelum Mengikuti Lelang

Tentukan dan siapkan anggaran yang ingin dihabiskan dalam mencari kendaraan bekas di balai lelang. Pastikan anggaran tersebut cukup untuk membayar harga kendaraan dan biaya-biaya lain seperti pajak dan administrasi.

2. Cari Informasi Mengenai Kendaraan Bekas yang Diincar

Lakukan penelitian terlebih dahulu mengenai kendaraan yang akan dibeli. Ketahui jenis dan tipe kendaraan yang ingin Anda miliki. Pastikan untuk memilih kendaraan yang dapat menunjang kebutuhan Anda. Cari tahu juga harga pasar untuk jenis kendaraan tersebut, dan bandingkan harga kendaraan ketika  open house dilakukan.

3. Menghadiri Open House Lelang

Hadirilah open house sebelum mengikuti acara lelang. Jangan hanya mengandalkan informasi dari brosur atau katalog, karena dengan hadir langsung, Anda bisa melihat kondisi kendaraan secara langsung. Dengan demikian, Anda dapat melakukan inspeksi dan menanyakan langsung kepada petugas apabila terdapat hal yang kurang Anda pahami.

4. Mengecek Kondisi dan Kelengkapan Kendaraan dengan Teliti

Cek kondisi mesin, sistem kelistrikan, dan body kendaraan dengan teliti. Periksa cat dan body kendaraan untuk melihat apakah terdapat kerusakan atau bekas tabrakan. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada petugas lelang mengenai kondisi kendaraan yang akan dibeli. Dan, pastikan semua dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, faktur, dan surat-surat kendaraan lainnya sudah lengkap dan sesuai dengan kendaraan yang akan dibeli.

5. Mencoba Kendaraan jika Memungkinkan

Cobalah kendaraan impianmu sebelum membelinya jika itu memungkinkan. Hal in akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai kondisi kendaraan dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

6. Jangan Terbawa Emosi Ketika Proses Lelang sedang Berlangsung

Saat proses lelang berlangsung, ada kemungkinan bahwa peserta lain akan menawar kendaraan yang Anda inginkan dengan harga yang tidak realistis. Sehingga, Anda sebagai peserta lelang disarankan untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi. Anda dapat memilih kendaraan lainnya dengan harga yang realistis apabila hal tersebut terjadi.

7. Segera Lunasi Pembayaran Lelang Tepat Waktu

Setelah Anda memenangkan kendaraan idaman, tentunya Anda perlu membayar pelunasan sesuai tenggat waktu yang diberikan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat membawa pulang kendaraan Anda beserta dokumen-dokumennya.

Baca juga: Keuntungan Membeli Mobil Lelang yang Wajib Diketahui

Dengan menerapkan tip dan cara di atas, Anda akan lebih mudah memilih kendaraan yang tepat saat mengikuti lelang otomotif. Jangan lupa, lakukan penelitian dan memeriksa kendaraan dengan teliti sebelum memutuskan untuk membelinya atau Anda dapat mengeceknya di sini, dan jika Anda masih kebingungan Anda dapat menghubungi Customer Services JBA di 021 1500 369.

Dengan mengikuti lelang mobil bekas di balai lelang JBA Indonesia, Anda bisa memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Tentunya, semua kendaraan di balai lelang JBA Indonesia memiliki kualitas yang baik dan telah melalui proses inspeksi, lho!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cari tahu jadwal lelang mobil di JBA Indonesia!

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp