8 Tips Membeli Kendaraan Bekas di Balai Lelang

News picture 8 Tips Membeli Kendaraan Bekas di Balai Lelang
date_range 2023-02-24
schedule 16:50:40
8 Tips Membeli Kendaraan Bekas di Balai Lelang

Pasca Covid-19, pasar mobil nasional mengalami peningkatan termasuk pasar kendaraan bekas. Banyak orang cenderung mencari kendaraan bekas dikarenakan harga yang lebih murah dan nilai jual mobil bekas pun lebih stabil.

Proses mencari kendaraan bekas dengan kualitas yang cukup baik memang butuh usaha lebih dibandingkan orang yang membeli kendaraan baru. Apalagi, ketika Anda mencari kendaraan di balai lelang, Anda harus memperhatikan detail LDK yang diberikan disaat open house, karena balai lelang menjual kendaraan dengan keadaan apa adanya.

Namun, jika Anda teliti, Anda dapat mendapatkan kendaraan impian sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Oleh karena itu, JBA ingin berbagi beberapa tips akurat yang bisa digunakan ketika Anda memiliki mobil bekas di balai lelang.

Baca juga: Cara Memenangkan Lelang Mobil dengan Tepat

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

 

8 Tips Membeli Mobil Bekas di Balai Lelang

1. Lakukan Riset Tentang Profil Balai Lelang

Tips beli mobil bekas dengan cara lelang yang pertama adalah melakukan riset terlebih dahulu tentang profil balai lelang. Pilihlah balai lelang yang reputasinya tepercaya. Hal ini sangat penting karena ada beberapa balai lelang yang tidak profesional dalam menjalankan operasinya. Beberapa masalah yang sering muncul meliputi keterlambatan pencairan uang deposit dan mobil-mobil dengan masalah berkas. Dengan melakukan pengecekan terhadap profil balai lelang dan mendapatkan rekomendasi dari orang lain, Anda dapat menghindari potensi masalah tersebut. Tentunya, JBA Indonesia adalah balai lelang yang tepercaya, sehingga Anda tak perlu khawatir akan terjadi masalah yang tidak diinginkan!

2. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Sebelum mengikuti lelang mobil, calon pembeli perlu memutuskan jenis dan tipe mobil yang ingin dibeli. Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda membutuhkan mobil untuk keluarga, pertimbangkan mobil dengan kapasitas kabin yang luas seperti SUV dengan kapasitas 7 penumpang atau MPV.

3. Cek Harga Pasaran Mobil Tersebut

Setelah Anda memilih mobil yang ingin dibeli, disarankan untuk memeriksa harga pasaran mobil tersebut. Anda dapat melakukan pengecekan ini di situs jual beli mobil bekas atau melalui dealer mobil bekas. Tujuannya adalah agar Anda memiliki gambaran harga yang sesuai sebagai patokan saat mengikuti proses lelang.

4. Menghadiri Open House Lelang

Hadirilah open house sebelum mengikuti acara lelang. Jangan hanya mengandalkan informasi dari brosur atau katalog, karena dengan hadir langsung, Anda bisa melihat kondisi mobil incaran Anda secara langsung. Dengan demikian, Anda dapat melakukan inspeksi dan menanyakan langsung kepada petugas apabila terdapat hal yang kurang Anda pahami.

5. Mengecek Kondisi dan Kelengkapan Mobil dengan Teliti

Cek kondisi mesin, sistem kelistrikan, dan body kendaraan dengan teliti. Periksa cat dan body kendaraan untuk melihat apakah terdapat kerusakan atau bekas tabrakan. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada petugas lelang mengenai kondisi kendaraan yang akan dibeli. Dan, pastikan semua dokumen kendaraan seperti STNK, BPKB, faktur, dan surat-surat kendaraan lainnya sudah lengkap dan sesuai dengan kendaraan yang akan dibeli.

6. Mencoba Kendaraan jika Memungkinkan

Cobalah kendaraan impianmu sebelum membelinya jika itu memungkinkan. Hal in akan memberikan gambaran lebih jelas mengenai kondisi kendaraan dan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

7. Jangan Terbawa Emosi Ketika Proses Lelang sedang Berlangsung

Saat proses lelang berlangsung, ada kemungkinan bahwa peserta lain akan menawar kendaraan yang Anda inginkan dengan harga yang tidak realistis. Sehingga, Anda sebagai peserta lelang disarankan untuk tetap tenang dan tidak terbawa emosi. Anda dapat memilih kendaraan lainnya dengan harga yang realistis apabila hal tersebut terjadi.

8. Segera Lunasi Pembayaran Lelang Tepat Waktu

Setelah Anda memenangkan kendaraan idaman, tentunya Anda perlu membayar pelunasan sesuai tenggat waktu yang diberikan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat membawa pulang kendaraan Anda beserta dokumen-dokumennya.

Baca juga: Keuntungan Membeli Mobil Lelang yang Wajib Diketahui

Yuk, Titip Jual Sekarang!

Dengan menerapkan tips dan cara di atas, Anda akan lebih mudah memilih kendaraan yang tepat saat mengikuti lelang otomotif. Jangan lupa, lakukan penelitian dan memeriksa kendaraan dengan teliti sebelum memutuskan untuk membelinya atau Anda dapat mengeceknya di sini, dan jika Anda masih kebingungan Anda dapat menghubungi Customer Services JBA di 021 1500 369.

Dengan mengikuti lelang mobil bekas di balai lelang JBA Indonesia, Anda bisa memilih mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Tentunya, semua kendaraan di balai lelang JBA Indonesia memiliki kualitas yang baik dan telah melalui proses inspeksi, lho!

Selain itu, JBA Indonesia tidak hanya mengadakan lelang mobil, tetapi juga menyediakan layanan penitipan jual mobil dan motor yang dapat Anda gunakan untuk menjual kendaraan Anda dengan lebih mudah.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cari tahu jadwal lelang mobil di JBA Indonesia!

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp