Penjualan Mobil SUV Meningkat, Wuling dan DFSK Siapkan Model Baru

News picture Penjualan Mobil SUV Meningkat, Wuling dan DFSK Siapkan Model Baru
date_range 2018-12-10
schedule 17:13:32
Penjualan Mobil SUV Meningkat, Wuling dan DFSK Siapkan Model Baru

JBA - Saat ini, kendaraan keluarga berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menjadi salah satu jenis model terlaris di Indonesia. Namun hadirnya mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) rupanya membuat tingkat penjualan jenis kendaraan ini semakin lama semakin meningkat.

Melihat semakin meningkatnya penjualan mobil berjenis SUV, membuat dua produsen mobil asal China, Wuling dan DFSK berupaya untuk menghadirkan jenis kendaraan tersebut ke Indonesia. DFSK pun memulai langkahnya dengan menghadirkan satu produk SUV yang diberi nama Glory 580 dan telah dipasarkan sejak 6 bulan yang lalu.

Baca Juga: Wuling Mulai Tunjukkan Tajinya di Segmen Mobil Keluarga

“Untuk tahun 2019 mendatang, kami bakal siapkan satu buah model SUV baru lagi,” ucap Managing Director PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, Sabtu (8/12/2018).

Model terbaru tersebut nantinya bakal dibekali dengan mesin turbo dengan kapasitas penumpang sebanyak 7 orang dan ditawarkan dengan harga yang cukup menarik. “Untuk sementara baru itu saja yang dapat saya informasikan, untuk informasi selanjutnya akan segera menyusul ya,” terang Wang.

Seperti diketahui, DFSK Global mempunyai banyak model SUV yang telah di desain menarik dan modern. Kesemua model tersebut antara lain yaitu, AX7, Joyear X3, MX6, 580 (Glory 580 yang telah dipasarkan di Indonesia), AX3, AX4, Joyear XV serta Joyear X5. Namun untuk SUV ix5 kabarnya akan segera dipasarkan pada tahun 2019 mendatang.

Sedangkan untuk SUV mungil yang diberi nama AX4 telah diluncurkan pertama kali di Santiago, Cili pada 8 November 2018 kemarin. Padahal sebelumnya mereka telah meluncurkan SUV Glory ix5 untuk pasar domestik mereka di Cina pada tanggal 31 Oktober 2018.

Langkah agresif yang dilakukan oleh DFSK rupanya juga diikuti oleh sesama pabrikan asal Cina, yaitu Wuling Motors yang dikabarkan akan menyiapkan model SUV terbaru mereka di tahun 2019 mendatang. Model SUV terbaru tersebut kabarnya bakal menjadi produk SUV pertama Wuling di Indonesia.

Seperti diketahui, saat ini Wuling Motors Indonesia telah mempunyai dua produk yang beredar di Indonesia, yaitu Confero dan Cortez. Namun, kedua mobil ini merupakan mobil berjenis MPV serta varian untuk segmen komersial, yaitu Wuling Formo.

SUV milik Wuling yang dijual di Cina dikenal dengan nama Baojun 530 ini telah diperkenalkan ke public saat gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018) namun masih dengan stir yang berada di sebelah kiri.

“Khusus untuk pasar Indonesia, SUV ini bakal kami produksi mulai awal tahun 2019 nanti,” ucap Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani, seperti dilansir laman Tempo.co.

Baca Juga: Jauhnya Perbandingan Harga Toyota Sienta Bekas Dengan Freed

Jika benar hal ini terjadi, maka model tersebut bakal mengisi segmen SUV medium dan akan langsung berhadapan dengan kendaraan yang telah lama berada di segmen ini, seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Sepanjang 10 bulan pertama di tahun 2018, total penjualan SUV ini telah mencapai angka 59.895 unit atau hampir menyamai dengan pencapaian tahun lalu, sebanyak 59.902 unit. Dari data ini terlihat jika pangsa pasar SUV selalu meningkat di Indonesia sebesar 53.855 unit atau sekitar 4,46 persen sejak tahun 2014. Kemudian di tahun 2015, pangsa pasar SUV semakin menunjukkan peningkatan sebesar 5,35 persen, lalu di tahun 2016, tumbuh sebesar 6,83 persen dan di tahun 2017 lalu pasar SUV sebesar 6,80 persen.

Gaikindo pun mencatat jika pangsa pasar Mitsubishi Pajero Sport tumbuh sebesar 18,75 persen, sedangkan Toyota Fortuner mengalami penurunan sebesar 7,71 persen. Bahkan selama 10 bulan pertama tahun 2018 ini, pengiriman Pajero Sport ke dealer telah mencatatkan angka sebanyak 18.104 unit dan Fortuner sebanyak 18.465 unit.

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp