BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Cegah Kemacetan Jelang Berbuka Puasa, Coba 4 Aplikasi Ini

News picture Cegah Kemacetan Jelang Berbuka Puasa, Coba 4 Aplikasi Ini

JBA - Salah satu waktu terpadat di jalanan ibukota ketika bulan puasa adalah menjelang berbuka puasa. Hal ini disebabkan karena banyak para pengemudi yang terburu-buru pulang ke rumah untuk dapat berbuka puasa bersama dengan keluarga.

Karena itu, dibutuhkan beberapa alternatif rute tercepat untuk menghindari ruas jalan yang macet sehingga Anda bisa berbuka puasa bersama keluarga Anda.

Untuk mencari rute tercepat, Anda membutuhkan aplikasi yang dapat diinstall pada smartphone dan membantu Anda dalam menghindari kemacetan jelang berbuka puasa, antara lain yaitu:

Waze

Tentu Anda sudah sangat familiar dengan aplikasi ini, terutama bagi mereka yang kerap kali dihadapkan dengan kemacetan ibu kota serta lalu lintas di jalan. Aplikasi ini menampilkan peta digital dan memberikan informasi terupdate, seperti kemacetan, kecelakaan, serta berbagai kondisi jalan lainnya.

Informasi yang ditampilkan pada Waze berbentuk grafik peta digital, dimana informasi yang didapatkan berasal dari laporan para pengguna Waze lain. Selain itu, Waze juga dapat digunakan sebagai navigasi petunjuk arah layaknya Google Maps.

TMC Polda Metro Jaya

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang dirilis oleh Traffic Management Center Ditlantas Polda Metro Jaya yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada para penggunanya mengenai kondisi jalan secara real time.

Baca Juga: Jelang IIMS 2019, HPM Siapkan Honda BR-V Terbaru

Melalui dukungan dari pantauan kamera CCTV yang berasal dari Korlantas Polri serta Jasa Marga, aplikasi ini dapat memantaui seluruh rute jalan yang ingin Anda lalui. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi dari Twitter resmi milik Polda Metro Jaya secara update, seperti kondisi lalu lintas terkini, demonstrasi, kebakaran dan lain-lain.

LewatMana

lewatmana

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk menghindari kemacetan jelang berbuka puasa adalah LewatMana.com. Selain memberikan informasi kondisi lalu lintas terkini di beberapa ruas jalan, aplikasi ini juga dapat mengetahui posisi lokasi Anda berada, lalu menyajikan informasi kondisi lalu lintas yang terdapat di sekitar Anda.

Bentuk informasi yang disajikan pada aplikasi ini berupa foto serta video CCTV yang terpasang di beberapa ruas jalan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui secara pasti kondisi jalan yang akan Anda lalui.

Baca Juga: Ternyata Ini Akibatnya Jika Minyak Rem Tidak Pernah Diganti

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai lokasi bengkel terdekat yang berasal dari beberapa merek mobil yang terletak di berbagai kota di Indonesia. Informasi ini tentu sangat membantu jika suatu saat kendaraan Anda mengalami masalah.

Google Maps

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google dengan tujuan membantu para penggunanya untuk mengetahui jarak, rute, serta waktu tempuh dari lokasi tujuan Anda. Untuk menghindari rute jalan yang macet menggunakan Google Maps, Anda dapat melakukan trik berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Ketuk opsi Layer atau mengetuk ikon tiga garis vertikal yang terletak pada bagian kiri atas, lalu pilih “Satellite & traffic”
  3. Pilih opsi “Traffic”

Setelah opsi ini diaktifkan, maka secara otomatis jalan pada peta akan langsung berubah warna. Jika jalan berwarna hijau, maka menandakan bahwa rute tersebut sepi, jika warna oranye, maka jalan tersebut cukup padat, dan jika warna merah, maka rute tersebut mengalami kemacetan. Jika semakin gelap warna merahnya, maka semakin padat kendaraan yang berada di rute tersebut.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menghindari rute jalan yang macet jelang berbuka puasa.