NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Tips Hemat Bahan Bakar Menggunakan Mobil Pribadi

News picture Tips Hemat Bahan Bakar Menggunakan Mobil Pribadi

JBA - Hingga kini mobil pribadi masih menjadi pilihan transportasi yang sering digunakan oleh seluruh masyarakat guna memenuhi kebutuhan liburan singkat Anda daripada menggunakan transportasi umum. Alasan yang seringkali digunakan masyarakat menggunakan mobil pribadi adalah karena lebih nyaman selama perjalanan.

Selain itu, menggunakan mobil pribadi dalam berwisata juga lebih fleksibel terutama dalam hal mengatur waktu serta mengatur biaya pengeluaran, seperti biaya bahan bakar dan lain-lain. Karena itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini agar mobil pribadi Anda menjadi tetap hemat bahan bakar, antara lain yaitu:

Servis

Baca Juga: 5 Tips Penting Memilih Pelek Mobil Berkualitas 

Agar dapat menjaga performa mesin tetap prima, sebaiknya Anda selalu melakukan servis secara rutin. Sebab, hal itu diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu, dengan melakukan servis juga dapat mengetahui masalah kendaraan yang cukup serius, seperti terjadinya kerusakan sensor oksigen yang mampu meningkatkan jarak tempuh hingga 40 persen. Kemudian Anda jangan pernah mengabaikan indikator pengecekan mesin jika indikator tersebut menyala.

Pompa Ban

Ban mobil yang telah terisi angin dengan sangat baik akan membantu Anda untuk meningkatkan jarak tempuh bahan bakar sebesar 3,3 persen. Selain itu, hal tersebut juga mampu meningkatkan keamanan serta usia dari penggunaan ban.

Perlu diketahui bahwa ban yang mempunyai tekanan udara di bawah rata-rata justru akan menurunkan tingkat efisiensi bahan bakar Anda sebesar 0,3 persen di setiap penurunan sebesar satu pon per-inci persegi dari tiap tekanan udara yang ada. Karena itu, janganlah bergantung pada sistem pemantauan tekanan ban dalam mendeteksi ban yang kurang dipompa, sebaiknya Anda memeriksa ban menggunakan alat pengukur yang tepat minimal sebulan sekali.

Membersihkan Filter Udara

Saringan udara yang jarang dibersihkan dan penuh kotoran justru akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras serta dapat membuat kotoran masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Karena itu dengan melakukan penggantian filter yang kotor dipercaya dapat menghemat bahan bakar hingga sebesar 14 persen.

Menggunakan Pelumas Mesin yang Tepat

Pelumas digunakan untuk mengurangi gesekan ketika mesin bekerja menjadi lebih keras. Sebaiknya Anda menggunakan pelumas yang telah direkomendasikan oleh pabrik, sebab pelumas yang telah direkomendasikan tersebut dipercaya mampu menambah efisiensi penggunaan bahan bakar sebesar satu sampai dua persen.

Periksalah Tutup Tangki

Baca Juga: 5 Aksesori Wajib yang Perlu Ada di Mobil Sebelum Digunakan Mudik

Menutup tangki bahan bakar dengan benar diklaim mampu menambah efisiensi bahan bakar sebesar satu sampai dua persen.

Hindarilah Pengunaan Pelek Besar

Ban pelek yang tidak sesuai dengan standar yang digunakan oleh mobil justru akan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Barang Bawaan Terlalu Berat

Membawa barang bawaan terlalu banyak akan membuat kendaraan Anda bekerja lebih keras sehingga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Gunakanlah rak atap untuk memangkas konsumsi bahan bakar kendaraan Anda. Sebab, rak atap diklaim mampu memangkas efisiensi bahan bakar sebesar 5 persen. Selain itu, sekitar seperempat dari setiap liter bahan bakar yang digunakan dapat mengatasi hambatan angin, sehingga saat muatan naik di sisi atas kendaraan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar. Bahkan rak atap yang kosong justru akan mempengaruhi aerodinamika dari mobil tersebut. Karena itu lepaskanlah jika tidak digunakan.