NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Honda Akhirnya Rilis Harga Resmi New Brio Satya dan RS

News picture Honda Akhirnya Rilis Harga Resmi New Brio Satya dan RS

JBA - Setelah dirilis pada Agustus lalu, Honda Prospect Motor akhirnya merilis harga Brio generasi kedua. Produk berkategori Low Cost Green Car (LCGC) tersebut harganya naik menjadi Rp6,5 juta untuk New Brio Satya dan Rp10 juta untuk New Brio RS.

Harga Brio generasi kedua yang telah ditetapkan oleh HPM ini rupanya telah mendapatkan restu dari pemerintah selaku regulator mobil LCGC. Adanya kenaikan harga produk LCGC tersebut juga telah sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian yang diambil dari hasil evaluasi tahunan yang telah dilakukan.

Baca Juga: Pahami Berbagai Fungsi Indikator Pada Panel Instrumen Mobil Anda

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33 Tahun 2013 menjelaskan bahwa batas harga jual produk LCGC dapat disesuaikan oleh pemerintah hanya satu kali dalam satu tahun. Penyesuain harga tersebut mengikuti indikator ekonomi yang terjadi, seperti harga bahan baku, nilai tukar rupiah serta inflasi.

Varian Brio Satya yang mengalami kenaikan mulai dari varian terendah, yaitu varian E, dimana sebelumnya varian ini dibanderol dengan harga Rp132,5 juta namun pada generasi kedua ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sebesar Rp139 juta.

Sedangkan untuk peningkatan harga Brio RS terjadi di varian teratasnya, yaitu varian CVT. Jika sebelumnya Brio RS CVT dibanderol dengan harga Rp180 juta, maka saat ini dibanderol dengan harga Rp190 juta.

“Sengaja kami umumkan harga Brio terbaru ini, sebab mungkin hal ini yang paling ditunggu-tunggu oleh para masyarakat Indonesia,” ucap Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM, ketika mengumumkan harga resmi Brio generasi kedua di kawasan Jakarta Pusat, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Rabu (12/9).

Belum sesuai regulasi

Meskipun telah ditetapkan sebagai harga resmi, generasi terbaru Brio Satya diakui oleh HPM belum sesuai dengan arahan dan regulasi LCGC jilid dua yang tengah digodok oleh pemerintah.

Baca Juga: Tips Hemat Bahan Bakar Menggunakan Mobil Pribadi

Hingga kini, aturan mengenai LCGC jilid dua memang belum terbit. Namun, berdasarkan draft pengajuan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) yang telah disampaikan Kemenperin, salah satu regulasi terbaru adalah mengatur mengenai efisiensi bahan bakar yang cukup ketat.

Pada regulasi terbaru yang tengah disiapkan pemerintah, produk LCGC jilid dua harus memenuhi batas emisi CO2 100 gram per km atau jika dikonversikan menjadi 23 km per liter. Sedangkan untuk saat ini, Brio Satya generasi kedua masih mengacu pada aturan LCGC jilid satu, yaitu 20 km per liter.

Berikut ini adalah harga lengkap All New Honda Brio:

Tipe Brio

Harga

All New Brio Satya S M/T

Rp 139.000.000

All New Brio Satya E M/T

Rp 147.500.000

All New Brio Satya E CVT

Rp 162.500.000

All New Brio RS M/T

Rp 175.000.000

All New Brio RS CVT

Rp 190.000.000

Sumber: CNN Indonesia