6 Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik

News picture 6 Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik
date_range 2019-06-17
schedule 17:32:50
6 Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik

JBA Indonesia - Beberapa minggu terakhir ini merupakan momen di mana para pemudik berbondong-bondong kembali ke perantauannya setelah sebelumnya menghabiskan waktu cuti lebaran di kampung halaman. Meski begitu, sebelum memulai aktivitas Anda kembali, sebaiknya cek kondisi mobil Anda terlebih dahulu.

Setelah kembali beraktivitas, terdapat beberapa komponen yang perlu Anda cek agar nantinya tidak akan mengalami masalah yang berarti. Namun sebelum Anda mengecek berbagai komponen tersebut, sebaiknya Anda membersihkan mobil terlebih dahulu, mulai dari bagian luar, bagian dalam, bagasi hingga ke ruang mesin agar kondisinya dapat segar kembali. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam proses pengecekan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Stres Ketika Macet Saat Arus Balik Lebaran

Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik

Sebagai pengguna atau pemilik mobil, berikut ini adalah beberapa komponen yang bisa Anda cek sendiri usai perjalanan mudik lebaran, antara lain:

1. Ban

Ban merupakan komponen penting yang perlu Anda cek sebelum mobil digunakan untuk beraktivitas, apalagi ban mempunyai tugas yang terbilang sangat vital, seperti menopang tubuh mobil, mengarahkan, serta mengatur laju mobil, hingga meredam getaran yang diterima oleh mobil dari kondisi jalan.

Hal pertama yang perlu dilakukan saat cek mobil sendiri adalah mengecek ulang tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Setelah itu, cek kondisi fisik ban yang telah Anda gunakan, mulai dari telapak ban hingga bagian dinding ban. Selain itu, cek juga ketebalan telapak ban, dan pastikan tidak ada cacat fisik yang terdapat di bagian dinding ban. Pastikan juga kondisi pelek serta kondisi ban serep agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Oli Mesin

Hal lain yang perlu Anda lakukan saat cek mobil sendiri adalah kapasitas oli mesin melalui dipstick. Jika oli mesin berkurang, maka sebaiknya segera ditambahkan. Selain itu, perhatikan juga mengenai kondisi fisik dari oli tersebut, apakah berwarna cokelat, keruh ataukah kental. Jika kondisi fisik telah mengalami perubahan, maka segeralah Anda ganti agar performa mesin dapat tetap terjaga.

3. Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki mobil perlu dicek karena di dalamnya terdapat 4 komponen penting, seperti sistem kemudi, suspense, rem, serta penggerak roda. Seluruhnya bekerja secara simultan serta mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi serta kondisi jalan yang dilalui.

Baca Juga: Ternyata Ini Akibatnya Jika Minyak Rem Tidak Pernah Diganti

Cek bagian kaki-kaki mobil, periksalah kebocoran pelumas, karet getas atau mengalami sobek. Setelah itu, lakukan juga spooring serta balancing agar bagian kaki-kaki mobil dapat fit kembali.

4. Cairan Mobil

Langkah selanjutnya saat cek mobil sendiri adalah memeriksa cairan-cairan mobil, seperti air radiator, air aki basa, minyak rem, minyak kopling manual, oli transmisi otomatis, freon AC hingga air wiper. Tambahkanlah cairan tersebut sesuai dengan takaran, serta periksa apakah terjadi kebocoran atau kerusakan lainnya. Jika terjadi sesuatu yang mencurigakan, maka sebaiknya segera periksa dan jangan diabaikan.

5. Periksa Indikator Panel Instrumen

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah memeriksa indikator pada panel instrumen mobil. Untuk melakukannya, cukup putar kunci kontak ke posisi ON, dan perhatikan indikator yang terdapat di panel instrumen.

Setelah memastikan tidak ada masalah, Anda dapat melanjutkannya dengan menyalakan mesin. Di tahap ini, penting untuk memastikan apakah ada suara aneh yang terdengar. Jika ada, langkah yang terbaik adalah membawanya ke bengkel tepercaya untuk diperbaiki.

6. Lakukan Pembersihan Kabin

Membersihkan kabin juga merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Adanya kerusakan seperti pelapis jok yang bolong, adanya noda di jok, maupun karpet yang rusak biasanya akan terlihat setelah kabin dibersihkan. Keluarkan karpet sebelum membersihkannya dan gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran. Setelah itu, bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah di bawah kabin. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. Sambil membersihkan kabin, sebaiknya cuci keseluruhan mobil agar tampilannya kembali bersih dan segar.

Tentunya, Anda sebagai pemilik mobil perlu memeriksa keadaan mobil Anda setelah dipakai mudik. Jika ada masalah atau kerusakan yang sekiranya tidak bisa Anda atasi, pastikan untuk segara membawa mobil Anda ke bengkel tepercaya untuk diperbaiki.

Namun, jika Anda merasa perlu membeli mobil baru yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di lelang mobil JBA Indonesia. Di lelang tersebut, Anda akan memperoleh berbagai pilihan mobil bekas berkualitas yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan titip jual kendaraan bekas jika Anda ingin melakukan penjualan kendaraan dengan mudah. Oleh karena itu, silakan kunjungi cabang JBA Indonesia terdekat!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp