BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik

News picture Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik

JBA - Beberapa minggu terakhir ini merupakan momen dimana para pemudik berbondong-bondong kembali ke perantauannya setelah sebelumnya menghabiskan waktu cuti lebaran di kampung halaman. Meski begitu, sebelum memulai aktifitas Anda kembali, sebaiknya cek mobil Anda terlebih dahulu.

Setelah kembali beraktifitas, terdapat beberapa komponen yang perlu Anda cek agar nantinya tidak akan mengalami masalah yang berarti. Namun sebelum Anda mengecek berbagai komponen tersebut, sebaiknya Anda membersihkan mobil terlebih dahulu, mulai dari bagian luar, dalam, bagasi hingga ke ruang mesin agar kondisinya dapat segar kembali serta memudahkan Anda dalam proses pengecekan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Stres Ketika Macet Saat Arus Balik Lebaran

Berikut ini adalah beberapa komponen yang bisa Anda cek sendiri usai mudik Lebaran, antara lain yaitu:

1. Ban

Ban merupakan komponen penting yang perlu Anda cek sebelum mobil digunakan untuk beraktifitas, apalagi ban mempunyai tugas yang terbilang sangat vital, seperti menopang tubuh mobil, mengarahkan, serta mengatur laju mobil, hingga meredam getaran yang diterima oleh mobil dari kondisi jalan.

Hal pertama yang perlu dilakukan saat cek mobil sendiri adalah mengecek ulang tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Setelah itu, cek kondisi fisik ban yang telah Anda gunakan, mulai dari telapak ban hingga bagian dinding ban. Selain itu, cek juga ketebalan telapak ban, dan pastikan tidak ada cacat fisik yang terdapat di bagian dinding ban. Pastikan juga kondisi pelek serta kondisi ban serep agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Oli Mesin

Hal lain yang perlu Anda lakukan saat cek mobil sendiri adalah kapasitas oli mesin melalui dipstick. Jika oli mesin berkurang, maka sebaiknya segera ditambahkan. Selain itu, perhatikan juga mengenai kondisi fisik dari oli tersebut, apakah berwarna coklat, keruh ataukah kental. Jika kondisi fisik telah mengalami perubahan, maka segeralah Anda ganti agar performa mesin dapat tetap terjaga.

3. Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki mobil perlu dicek karena di dalamnya terdapat 4 komponen penting, seperti sistem kemudi, suspense, rem, serta penggerak roda. Seluruhnya bekerja secara simultan serta mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi serta kondisi jalan yang dilalui.

Baca Juga: Ternyata Ini Akibatnya Jika Minyak Rem Tidak Pernah Diganti

Cek bagian kaki-kaki mobil, periksalah kebocoran pelumas, karet getas atau mengalami sobek. Setelah itu, lakukan juga spooring serta balancing agar bagian kaki-kaki mobil dapat fit kembali.

4. Cairan Mobil

Langkah selanjutnya saat cek mobil sendiri adalah memeriksa cairan-cairan mobil, seperti air radiator, air aki basa, minyak rem, minyak kopling manual, oli transmisi otomatis, freon AC hingga air wiper. Tambahkanlah cairan tersebut sesuai dengan takaran, serta periksa apakah terjadi kebocoran atau kerusakan lainnya. Jika terjadi sesuatu yang mencurigakan, maka sebaiknya segera periksa dan jangan diabaikan.