BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Lampu Honda BeAT Sering Putus dan Aki Tekor? Ini Solusinya

News picture Lampu Honda BeAT Sering Putus dan Aki Tekor? Ini Solusinya

JBA - Salah satu kasus yang sering terjadi pada Honda BeAT series adalah lampu yang mudah putus serta aki tekor. Kasus ini pada umumnya sering terjadi pada Honda BeAT yang mempunyai intensitas pemakaian tinggi dan telah berumur.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Menurut Pardiman, Kepala Mekanik di salah satu bengkel motor yang terletak di wilayah Kebagusan, Jakarta Selatan mengatakan, bahwa terdapat satu komponen yang menjadi biang keladi dari kondisi tersebut, dan perlu untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga: Jok Honda Beat Keras! Ganti Jok Motor Ini Biar Empuk

“Pertama itu mengecek kabel bodi, jika tidak ada masalah, maka dipastikan jika terjadinya kasus tersebut berasal dari kiprok yang fungsinya telah melemah,” ucap Pardiman, seperti dilansir laman GridOto.com.

Kiprok pada motor sendiri berfungsi untuk mengendalikan arus listrik yang berasal dari spul sebelum didistribusikan ke seluruh perangkat kelistrikan yang ada.

Jika komponen ini melemah, maka terjadilah arus listrik yang berlebihan menuju perangkat kelistrikan sehingga dapat menimbulkan kerusakan jika hal ini terus dibiarkan.

“Untuk biaya jasanya sendiri cukup bervariasi di tiap bengkelnya. Untuk harga kiproknya sendiri juga berbeda-beda, tergantung dari motornya,” terang Pardiman lagi.

Honda BeAT series sendiri, diketahui terdiri dari tiga generasi yang berbeda, yaitu tipe karbu, FI, dan eSP.

Untuk kiprok resmi Honda milik BeAT karbu dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 111 ribu saja. Sedangkan untuk milik BeAT/ Scoopy FI dibanderol sebesar Rp 347 ribu, dan eSP sebesar Rp 346 ribu.

Namun, harga di atas belum termasuk penggantian lampu utama serta aki baru yang harganya berkisar di angka Rp 250 ribu.

Harga Honda BeAT

Baca Juga: 5 Merek Motor Matic Yang Cocok Untuk Bersilaturahmi Saat Lebaran

Honda BeAT sendiri tergolong sebagai motor terpopuler di Indonesia, karena harganya yang cukup terjangkau dengan tampilan yang modern serta irit bahan bakar layaknya motor Honda lainnya dibandingkan para rivalnya.

Harga BeAT berdasarkan variannya dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar lengkap harga Honda BeAT berdasarkan varian OTR Jakarta:

Varian

Harga

Beat CW

Rp 16,07 juta

Beat CBS

Rp 16,24 juta

Beat CBS ISS

Rp 16,77 juta

Sumber: Oto.com