4 Perbedaan FWD dan RWD yang Perlu Diketahui

News picture 4 Perbedaan FWD dan RWD yang Perlu Diketahui
date_range 2024-03-18
schedule 09:36:46
4 Perbedaan FWD dan RWD yang Perlu Diketahui

Saat akan membeli mobil, baik itu dalam keadaan bekas maupun baru, penting untuk mempertimbangkan perbedaan FWD dan RWD. Mengapa? Karena ini berkaitan dengan pengalaman berkendara Anda. 

Pada FWD, tenaga mesin disalurkan ke roda depan, yang bertanggung jawab untuk memberikan traksi dan menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, pada RWD, tenaga mesin diteruskan ke roda belakang. Untuk memahami lebih dalam perbedaan antar keduanya, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Perbedaan DOHC dan SOHC pada Mobil

Apa itu FWD dan RWD?

FWD atau Front-Wheel Drive adalah sistem penggerak pada kendaraan di mana tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan. Dalam konfigurasi ini, roda depan bertanggung jawab untuk memberikan traksi, menggerakkan kendaraan, dan mengatasi berbagai kondisi jalan.

Beberapa kelebihan FWD di antaranya manuverabilitas yang baik, stabilitas pada kondisi jalan yang licin, serta ruang kabin yang lebih luas karena tidak adanya komponen penggerak di bagian belakang.

Sementara itu, RWD atau Rear-Wheel Drive merupakan sistem penggerak yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. RWD seringkali diterapkan pada mobil sport dan performa tinggi, serta beberapa truk dan SUV. 

Kelebihan sistem RWD ini salah satunya penanganan yang lebih sporty dan responsif, terutama pada kecepatan tinggi dan saat melakukan manuver berbelok. Meskipun lebih umum pada kendaraan dengan fokus pada performa, RWD terkadang ditemui juga pada mobil-mobil mewah.

4 Perbedaan FWD dan RWD

Setelah Anda memahami pengertian FWD dan RWD, saatnya mengetahui lebih dalam apa saja perbedaannya. Kalau begitu, langsung simak saja beberapa perbedaan FWD dan RWD berikut ini. 

1. Distribusi Berat dan Traksi

Pada kendaraan FWD, mesin dan transmisi umumnya ditempatkan di bagian depan, menyebabkan distribusi berat yang lebih condong ke depan. Hal ini memberikan traksi tambahan pada roda depan, yang memungkinkan kendaraan lebih stabil pada kondisi jalan yang licin. 

Sebaliknya, pada RWD, mesin dan transmisi terletak di bagian tengah atau belakang kendaraan, sehingga distribusi berat lebih merata. Meskipun ini dapat memberikan manuverabilitas yang baik pada kecepatan tinggi, RWD mungkin sedikit kurang stabil pada kondisi jalan yang licin.

2. Manuverabilitas dan Handling

FWD sering diakui memiliki manuverabilitas yang baik dan kemudahan pengendalian. FWD dianggap lebih responsif saat belok dan memungkinkan radius belok yang lebih kecil. Di sisi lain, RWD sering dianggap memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty dan responsif, terutama pada kecepatan tinggi dan saat melakukan manuver belok yang agresif.

3. Performa dan Penggunaan

FWD cenderung dipilih untuk mobil-mobil sehari-hari, mobil keluarga, dan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Mengingat konfigurasi FWD lebih sederhana dan biaya produksinya lebih rendah, mobil-mobil dengan FWD umumnya lebih terjangkau. 

Sebaliknya, RWD sering diterapkan pada mobil sport, performa tinggi, dan kendaraan dengan fokus pada performa berkendara. Meskipun memberikan pengalaman berkendara yang lebih dinamis, mobil RWD mungkin kurang praktis untuk penggunaan sehari-hari terutama dalam kondisi cuaca yang buruk.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Paling Nyaman di Segala Medan

4. Kemampuan Traksi dan Handling pada Kondisi Ekstrem

Pada FWD, traksi tambahan pada roda depan dapat memberikan keunggulan saat melewati medan licin seperti hujan deras. Namun, RWD dengan distribusi berat yang merata dan roda belakang yang mendapatkan tenaga bisa memberikan kontrol yang lebih baik pada kecepatan tinggi dan selama akselerasi agresif. Pemilihan antara FWD dan RWD seringkali dipengaruhi oleh preferensi pengendara dan kebutuhan penggunaan kendaraan dalam berbagai kondisi.

Pemilihan Kendaraan Berdasarkan Sistem Penggerak Roda

Apakah memilih kendaraan berdasarkan sistem penggerak roda itu penting? Tentu saja, karena berkaitan erat dengan kebutuhan dan preferensi mengemudi Anda. Untuk penggunaan sehari-hari di daerah perkotaan, FWD seringkali menjadi pilihan yang lebih praktis. 

FWD memberikan manuverabilitas yang baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih unggul, sehingga cocok untuk mobilitas harian dalam kondisi lalu lintas perkotaan. Distribusi berat yang condong ke depan pada FWD juga memberikan stabilitas tambahan, terutama pada kondisi jalan yang licin.

Meski demikian, untuk Anda yang mencari pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, khususnya para penggemar otomotif, RWD menjadi pilihan menarik. RWD sering diandalkan untuk kendaraan sport dan performa tinggi karena memberikan handling yang lebih dinamis dan responsif. 

Meskipun RWD mungkin kurang efisien untuk penggunaan sehari-hari, keunggulan dalam performa dan sensasi berkendara yang ditawarkan oleh RWD dapat menjadi pertimbangan utama Anda. 

Dalam konteks penggunaan offroad atau performa tinggi, RWD seringkali menjadi opsi yang diinginkan. Traksi yang lebih baik pada medan yang sulit dan kemampuan akselerasi yang lebih baik membuat RWD menjadi pilihan yang sesuai untuk kendaraan offroad.

Namun, FWD juga dapat menjadi solusi yang tepat, tergantung pada kebutuhan spesifik Anda. Pemilihan antara FWD dan RWD perlu mempertimbangkan kondisi penggunaan kendaraan serta prioritas Anda terkait dengan performa, efisiensi, dan keamanan.

Untuk Anda yang mencari mobil dengan sistem penggerak FWD atau RWD dalam kondisi bekas dan performa yang andal, Anda bisa berkunjung ke JBA Indonesia. Jika Anda sudah memahami apa saja perbedaan FWD dan RWD, maka akan lebih mudah dalam memilih serta mempertimbangkannya.

Mobil bekas di JBA Indonesia bisa Anda dapatkan melalui proses lelang mobil. Pastikan Anda sudah mendaftarkan diri sebagai buyer agar tahu kegiatan lelang yang diadakan baik secara online maupun offline

Selain jadi buyer alias pembeli, JBA Indonesia juga menawarkan Anda untuk bergabung menjadi partner penjual sebagai dealer, yaitu seseorang yang menitipkan kendaraannya. Benar, di JBA Indonesia masyarakat bisa ikut berpartisipasi sebagai dealer agar unit kendaraan yang mereka miliki bisa dijual melalui lelang. 

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi JBA Indonesia sekarang dan dapatkan informasi untuk berpartisipasi dalam lelang sebagai dealer maupun buyer!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp