Perbedaan Ban untuk Mobil SUV dan MPV Ini Agar Tidak Meledak!

News picture Perbedaan Ban untuk Mobil SUV dan MPV Ini Agar Tidak Meledak!
date_range 2019-03-04
schedule 15:06:38
Perbedaan Ban untuk Mobil SUV dan MPV Ini Agar Tidak Meledak!

JBA Indonesia - Dalam meluncurkan produk terbarunya, biasanya para produsen mobil akan melakukan kerja sama dengan para produsen ban berkualitas untuk mendesain khusus ban untuk mobil tertentu. Hal ini bertujuan agar produk terbaru tersebut benar-benar mempunyai daya cengkeram yang baik dengan tingkat stabilitas yang tinggi saat berkendara.

Sebab, jika salah memilih ban dapat berakibat fatal baik untuk pengendara maupun penumpang yang berada di dalamnya. Karena itulah mengapa ban yang digunakan pada mobil untuk segmen sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV) tentu berbeda.

Baca juga: Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil dan Pentingnya untuk Keselamatan Berkendara

Kenali Perbedaan Ban untuk Mobil SUV dan MPV

Umumnya, jenis mobil SUV memiliki bobot yang lebih berat daripada mobil MPV, dengan perbedaan sekitar 0,5—1 ton. Oleh karena itu, load index ban harus dipertimbangkan dengan seksama, karena beban berlebih dapat menyebabkan ban pecah.

Faktor-faktor yang memengaruhi kekuatan load index yaitu struktur ban, campuran material pembuatan, serta kerangka ban. Load index ini dapat dilihat dari kode ban yang posisinya ada di samping ban.

Selain itu, ukuran ban pada setiap mobil juga bervariasi, dan kesalahan dalam memilih ukuran dapat menyebabkan ban mentok dengan fender mobil. Ukuran ban saat ini tentu telah disesuaikan dengan model mobil, termasuk SUV dan MPV.

Perbedaan lain yang mencolok adalah pola kembangan ban yang digunakan. Ban mobil untuk MPV cenderung memiliki pola kembangan yang lebih rapat, sedangkan ban untuk SUV biasanya lebih kasar karena mobil tersebut sering digunakan untuk offroad.

Karena sering digunakan untuk offroad, tentunya ban mobil SUV dirancang untuk mengatasi berbagai jenis kontur dengan baik. Oleh karena itu, mobil ini sering kali dilengkapi dengan ban yang berukuran lebih besar, dan dengan velg yang berukuran 15 inci.

Sementara itu, mobil MPV umumnya menggunakan ban standar yang mirip dengan mobil lainnya, sehingga lebih cocok digunakan untuk berkendara di perkotaan dengan jalan yang rata. Meski begitu, seiring dengan kemajuan zaman, sekarang makin banyak Agen Pemegang Merek (APM) yang memilih menggunakan velg berukuran 15 inci. Hal ini dilakukan agar mobil MPV mereka semakin keren dan mengesankan.

Maka dari itu, penting untuk memahami perbedaan ini agar tidak salah memilih ban untuk mobil Anda.

Baca juga: Cara Ganti Ban Mobil dengan Aman dan Mudah untuk Pemula

Sudah tahu kan, perbedaan ban untuk mobil suv dan mpv? Jika Anda menginginkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, sekarang saatnya Anda mengecek jadwal lelang di JBA Indonesia! Melalui lelang mobil JBA Indonesia, tentu Anda akan menemukan beragam pilihan mobil bekas yang dapat menjadi milik Anda. Semua kendaraan bekas yang dilelangkan oleh JBA Indonesia telah melalui proses inspeksi, sehingga kualitasnya pun tentu terjamin, lho!

Selain itu, Anda juga bisa menitipkan kendaraan Anda di JBA Indonesia jika Anda hendak menjualnya. Tentunya, terdapat beberapa prosedur yang harus diikuti sebelum Anda bisa menitipkannya, ya!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi JBA Indonesia sekarang!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp