Ciri-Ciri Motor Harus Ganti Oli, Penting Diperhatikan!

News picture Ciri-Ciri Motor Harus Ganti Oli, Penting Diperhatikan!
date_range 2024-06-11
schedule 09:46:55
Ciri-Ciri Motor Harus Ganti Oli, Penting Diperhatikan!

Setiap pengendara motor pasti ingin memiliki kendaraan yang selalu berada dalam kondisi prima dan siap melaju dengan baik setiap saat. Namun terkadang ada hal-hal kecil yang sering terlewatkan, seperti mengganti oli secara berkala. Tahukah Anda bahwa oli yang tidak diganti berkala akan mengakibatkan banyak masalah? 

Supaya hal ini tidak terjadi, Anda perlu memahami ciri-ciri motor harus ganti oli dengan baik. Tak perlu khawatir karena JBA Indonesia sudah menyiapkan informasi agar pemahaman Anda dalam merawat kendaraan makin lengkap. Langsung simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengatasi Oli Motor Cepat Habis

Pentingnya Mengganti Oli Motor Secara Berkala

Sebelum membahas ciri-ciri motor harus ganti oli lebih lanjut, penting untuk memahami dengan lebih mendalam mengapa mengganti oli secara berkala sangat penting dilakukan untuk merawat kendaraan bermotor Anda.

1. Mencegah Kerusakan Mesin yang Serius

Mengganti oli secara teratur merupakan langkah paling efektif dalam mencegah terjadinya kerusakan mesin yang serius. Ketika mesin beroperasi, oli berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antara komponen-komponen mesin. 

Namun seiring waktu oli tersebut akan mengumpulkan kotoran, partikel logam kecil, dan residu lainnya. Oli yang kotor dan tercemar ini dapat menjadi abrasif sehingga menyebabkan keausan pada bagian-bagian mesin. Jika dibiarkan dalam waktu yang panjang, oli kotor tersebut pada akhirnya akan mengakibatkan kerusakan yang lebih serius. 

2. Memelihara Kinerja Optimal Mesin

Selain melindungi mesin dari kerusakan, mengganti oli secara berkala juga membantu memelihara kinerja optimal mesin Anda. Oli yang baru memiliki viskositas yang lebih baik dan mampu melumasi komponen-komponen mesin dengan lebih efisien dibandingkan dengan oli yang sudah terpakai. 

Oli yang baik akan membantu mengurangi gesekan antara bagian-bagian mesin sehingga memungkinkan mesin bekerja dengan lebih lancar untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar. Oli yang baru saja diganti bahkan ikut berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

3. Meningkatkan Umur Pakai Mesin

Mesin yang terawat dengan baik bisa memiliki umur pakai yang lebih panjang. Salah satu faktor utama yang berkontribusi pada umur pakai mesin ialah kondisi dan kebersihan sistem pelumasan yang ditentukan oleh kualitas oli yang digunakan dan frekuensi penggantian oli. 

Oli yang kotor dan teroksidasi dapat mengakibatkan penumpukan residu yang merugikan, seperti lapisan gel pada komponen-komponen mesin. Hal ini tidak hanya mengganggu kinerja mesin, tetapi juga dapat mempersingkat umur pakai mesin secara keseluruhan. 

4. Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar

Selain menjaga kondisi mesin, penggantian oli secara rutin juga dapat membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Oli yang bersih dan viskositas yang tepat akan membantu mengoptimalkan efisiensi mesin sehingga dapat mengurangi gesekan internal serta meningkatkan perpindahan panas yang berlebih. 

Apabila mesin beroperasi secara efisien maka Anda akan membuat konsumsi bahan bakar lebih optimal. Mesin yang efisien bahkan membantu mengurangi emisi gas buang yang menjadikan kendaraan lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Cara Menghitung Konsumsi BBM untuk Kendaraan Anda dengan Rumusnya

Ciri-Ciri Motor Harus Ganti Oli yang Perlu Anda Pahami

Pentingnya penggantian oli dalam kinerja mesin motor secara keseluruhan tentu mengharuskan Anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Ada baiknya Anda mencatat tanggal pasti untuk penggantian oli yang berikutnya. Namun jika lupa, Anda bisa mengingat beberapa ciri berikut. 

1. Penurunan Kinerja Mesin

Jika Anda mulai merasakan penurunan kinerja mesin, seperti kurang responsif saat menekan gas, akselerasi yang lambat, atau suara mesin yang kasar, hal ini bisa menjadi tanda bahwa oli dalam mesin perlu segera diganti. Oli yang kotor atau teroksidasi dapat mengganggu perpindahan panas dan pelumasan yang optimal sehingga mengakibatkan kinerja mesin yang tidak optimal.

2. Peningkatan Konsumsi Oli

Jika oli mesin sering ditambahkan dalam jangka waktu singkat padahal tidak ada kebocoran yang terlihat, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa motor Anda mengalami kebocoran internal atau oli perlu diganti. Perhatikan tingkat konsumsi oli secara berkala untuk mengidentifikasi apakah ada masalah yang perlu ditangani.

3. Bau Yang Tidak Wajar

Oli yang sudah teroksidasi atau terkontaminasi dapat menghasilkan bau yang tidak biasa dari knalpot. Jika Anda mencium bau yang tidak biasa, seperti bau hangus atau bau yang menusuk, ini bisa menjadi tanda bahwa oli dalam mesin perlu segera diganti dan masalah perlu diperiksa lebih lanjut. Ada baiknya Anda membawa motor ke bengkel resmi yang tepercaya. Para teknisi ahli di bengkel tersebut pasti akan mencari akar masalah dan melakukan perbaikan dengan baik.

4. Suara Mesin yang Berbeda

Mesin yang mulai mengeluarkan suara kasar, berdengung, atau berisik tidak biasa bisa menjadi tanda bahwa oli dalam mesin sudah tidak efektif lagi. Suara-suara tersebut dapat terjadi karena gesekan yang lebih besar antara komponen-komponen mesin akibat kurangnya pelumasan yang optimal.

5. Indikator Peringatan pada Dashboard

Motor yang lebih modern umumnya sudah dilengkapi dengan indikator peringatan yang menunjukkan kapan saatnya mengganti oli. Perhatikan lampu indikator pada dashboard motor Anda untuk memastikan penggantian oli pada waktu yang tepat.

6. Warna Oli yang Kotor

Perubahan warna pada oli mesin dapat menjadi ciri paling mudah untuk dikenali. Biasanya oli yang harus segera diganti akan berubah menjadi warna hitam atau kecokelatan. Perubahan warna ini menandakan bahwa oli telah mengumpulkan kotoran dan partikel asing dari mesin. 

Ketika melakukan penggantian oli di bengkel, coba mulai perhatikan warnanya. Jika oli sering berwarna cokelat atau hitam maka penggantian oli perlu dilakukan lebih sering. Kemudian pastikan Anda melakukan perawatan berkala demi menjaga kondisi motor tetap prima. 

Baca juga: Ciri-Ciri Oli Palsu serta Perbedaannya dengan Oli Asli

Mengenali ciri-ciri motor harus ganti oli menjadi langkah awal yang krusial dalam menjaga kesehatan dan kinerja mesin kendaraan Anda. Apabila kondisi motor baik dengan perawatan berkala, tentunya Anda tak perlu khawatir saat ingin menjual dan mengganti kendaraan. 

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

Apa lagi saat ini sudah tersedia berbagai platform jual beli motor yang dapat diakses dengan mudah, seperti halnya JBA Indonesia. Di sini Anda bisa mengikuti lelang motor untuk membeli ataupun menjual kendaraan. 

Anda hanya perlu memperhatikan seluruh persyaratannya dengan baik agar partisipasi dalam lelang berjalan lancar. Di JBA Indonesia, Anda tentu bisa menemukan berbagai jenis motor dengan beragam kondisi dan harga yang kompetitif. Langsung saja kunjungi JBA Indonesia dan ikuti lelangnya untuk mendapatkan motor impian Anda!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp