BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

5 Tanda-Tanda Busi Kendaraan Minta Diganti, Pernah Mengalaminya?

News picture 5 Tanda-Tanda Busi Kendaraan Minta Diganti, Pernah Mengalaminya?

JBA - Salah satu komponen kelistrikan yang paling penting bagi kendaraan adalah Busi. Namun tahukah Anda jika seiring banyaknya pemakaian, membuat daya lentik busi dapat mengalami penurunan dan hal ini tentu membutuhkan perhatian yang lebih dari pemilik kendaraan agar dapat segera diganti.

Apalagi mengingat seluruh kendaraan tidak akan dapat hidup tanpa busi. Nah, jika kendaraan Anda mengalami berbagai hal berikut ini, maka hal itu merupakan tanda-tanda dari busi yang minta untuk diganti.

Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Bekas

1. Mesin Sulit Untuk Dihidupkan

Salah satu ciri dari busi yang minta untuk segera diganti adalah ketika mesin kendaraan Anda sulit untuk dihidupkan, baik menggunakan electric starter maupun menggunakan kick starter. Biasanya hal ini terjadi karena busi yang tidak mampu untuk memberikan percikan api yang cukup pada ruang pembakaran mesin.

2. Munculnya Gejala Berhenti Sesaat

Biasanya hal ini terjadi karena missed fire yang berlangsung dalam ruang bakar atau biasa disebut dengan silinder. Nah untuk kasus ini, penyebabnya kemungkinan karena kinerja yang telah menurun. Meski begitu, mesin bisa saja dapat menyala kembali seperti semula ketika sedikit digas.

3. Terdapat Surging

Surging merupakan proses yang terjadi dimana pasokan udara yang terdapat di dalam ruang bakar terlalu besar sehingga membuat busi cepat kotor. Jika hal ini terjadi, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan memeriksa setelan angin yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal ini bisa saja terjadi karena proses pembakaran yang tidak selesai di dalam ruang pembakaran.

4. Akselerasi Kendaraan Tidak Berjalan Optimal

Baca Juga: Tips Bikin Sokbreker Belakang Yamaha NMAX Jadi Lebih Empuk

Salah satu hal yang menunjukkan jika busi kendaraan Anda sudah mulai mengalami masalah adalah pada hasil tarikan gas kendaraan Anda yang tidak responsif sehingga membuat akselerasinya menjadi tidak maksimal ketika dikendarai.

5. Mendengarkan Suara Mesin Ketika Dihidupkan

Pada umumnya mesin kendaraan ketika stasioner terdengar halus dan konstan. Karena itu, patut Anda curigai ketika mesin kendaraan Anda terdengar kasar dan munculnya getaran. Hal ini menandakan jika busi kendaraan minta diganti.