BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

4 Hal Yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Bekas

News picture 4 Hal Yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Bekas

JBA - Bagi masyarakat menengah ke bawah, membeli mobil bekas atau seken merupakan salah satu opsi terbaik jika ingin mempunyai mobil namun dengan harga yang relatif terjangkau. Meski begitu, sebelum Anda membeli mobil bekas, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar tidak salah dalam memilih mobil.

Dilansir dari laman iNews.id, terdapat empat faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan dengan para calon konsumen dalam memilih mobil bekas, antara lain yaitu:

1. Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli sebuah mobil bekas, maka langkah pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah kesesuaian dengan kebutuhan. Jika kendaraan hanya digunakan untuk bepergian bersama istri serta satu atau dua anak, maka mobil sedan atau hatchback (city car) merupakan mobil terbaik yang bisa menjadi pilihan.

Namun, jika Anda sering membawa keluarga besar, maka mobil dengan tiga baris merupakan pilihan yang terbaik. Hal ini sangat penting, terutama menyangkut dengan harga beli serta operasional kendaraan ke depannya. Pada umumnya harga mobil berukuran besar serta biaya pengeluaran bahan bakarnya tidaklah seefisien kendaraan kecil.

2. Tentukan Anggaran Maksimalnya

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli mobil bekas adalah jangan memaksakan untuk membeli mobil impian padahal dana yang Anda miliki terbatas. Karena itu, pilihlah mobil sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Hindarilah melakukan pembelian melalui leasing (kredit kendaraan). Belilah mobil bekas pilihan Anda secara cash. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai hal yang sama sekali tidak Anda inginkan, seperti biaya perawatan serta perbaikan.

Pilihlah mobil sesuai dengan budget atau bersabarlah dengan cara menabung terlebih dahulu agar mobil yang benar-benar Anda inginkan dapat dibeli.

3. Carilah Referensi Terbaik

Dalam membeli mobil bekas, sebaiknya Anda mempertimbangkan berbagai hal lainya. Sebab, akan terkait dengan anggaran serta biaya yang harus Anda keluarkan.

Perhatikan pula referensi harga dengan cara mengecek harga pada marketplace atau toko mobil bekas online. Semua hal tersebut perlu Anda pertimbangkan karena menyangkut value for money.

4. Jangan Hanya Melihat Bodi

Dalam membeli sebuah mobil bekas, banyak para konsumen yang hanya melihat dari tampilan bodinya saja, tanpa memperhatikan kondisi mesin kendaraan tersebut. Karena itu, hal ini wajib menjadi pertimbangan Anda agar tidak ada lagi biaya yang perlu Anda keluarkan setelah melakukan pembelian. Kecuali, jika Anda memang telah menyiapkan anggaran khusus yang terkait masalah perbaikan atau hal lainnya.