5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

News picture 5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik
date_range 2024-05-20
schedule 16:16:10
5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Memilih oli yang tepat untuk motor matic Anda sangat penting dilakukan untuk menjaga kondisi dan performa mesin. Namun dengan banyaknya merek dan jenis oli yang tersedia di pasaran, sering kali sulit untuk memutuskan mana yang terbaik untuk digunakan. Itu sebabnya JBA Indonesia sudah menyiapkan beberapa rekomendasi oli motor matic yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi motor Anda. 

Bukan hanya rekomendasi olinya saja, JBA Indonesia juga mengajak Anda untuk mempelajari beberapa aspek krusial yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan oli matic terbaik. Pasalnya perlu Anda pahami bahwa pemilihan oli tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika salah memilih, Anda bisa menurunkan performa mesin motor secara keseluruhan. Coba pelajari lebih banyak informasi pentingnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Mengganti Oli Mesin Motor dengan Mudah dan Tepat

Mengapa Pemilihan Oli Matic Motor Penting?

Sebagai pemilik motor matic, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa penting untuk memilih oli kendaraan yang tepat. Meskipun terkadang diabaikan, pemilihan oli motor matic memiliki dampak yang besar pada kinerja, umur mesin, dan efisiensi kendaraan secara keseluruhan. Temukan alasan lainnya di bawah ini untuk mengenali mengapa pemilihan oli motor matic sangat krusial dilakukan. 

1. Perlindungan Optimal Mesin

Pemilihan oli motor matic yang tepat akan membantu memberikan perlindungan optimal pada mesin kendaraan. Oli yang tepat pasti dapat menjadi pelumas yang baik pada komponen-komponen mesin sehingga dampak negatif gesekan berlebih dan keausan dapat dikurangi. Hal ini juga akan berdampak positif dalam jangka panjang untuk memastikan seluruh komponen tetap berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. 

2. Peningkatan Performa Kendaraan

Oli motor matic yang tepat juga dapat membantu meningkatkan performa kendaraan. Oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin dapat mengurangi hambatan internal sehingga mesin dapat bekerja lebih lancar dan efisien. Tentunya mesin akan menghasilkan akselerasi yang lebih baik, konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, dan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

3. Memperpanjang Umur Mesin

Selain memberikan perlindungan, pemilihan oli matic motor yang tepat juga dapat membantu memperpanjang umur mesin kendaraan. Oli yang baik akan membantu mengurangi keausan dan kerusakan pada berbagai komponen sehingga memungkinkan mesin untuk tetap beroperasi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika kinerja mesin tetap optimal maka Anda dapat menghindari biaya perawatan dan perbaikan yang tidak perlu.

4. Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar

Pemilihan oli matic motor yang tepat bahkan dapat membantu efisiensi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda. Oli dengan viskositas yang sesuai spesifikasi mesin dapat mengurangi gesekan internal dalam mesin sehingga mesin jadi bisa bekerja lebih optimal. Hal ini dapat menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan dalam jangka panjang untuk menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil.

Baca juga: Cara Menghitung Konsumsi BBM untuk Kendaraan Anda dengan Rumusnya

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Oli Motor Matic

Memilih oli yang tepat untuk motor matic perlu pertimbangan yang matang. Untuk memudahkan Anda memilihnya, berikut beberapa faktor yang wajib dipertimbangkan sebelum memilih oli yang tepat. 

1. Viskositas Oli

Viskositas oli merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih oli motor matic. Viskositas mengacu pada kekentalan oli dan setiap mesin memiliki viskositas yang direkomendasikan oleh pabrikan. Memilih oli dengan viskositas yang sesuai dengan spesifikasi mesin akan membantu memastikan proses pelumasan yang optimal dan kinerja mesin yang baik.

2. Reputasi Merek

Jika Anda tidak yakin mana oli yang tepat, cobalah untuk mencari tahu merek oli yang sudah dipercaya serta memiliki kredibilitas yang tinggi. Pasalnya merek-merek yang kredibel cenderung menawarkan oli berkualitas tinggi yang telah diuji dan terbukti dapat mengoptimalkan kinerja mesin. Anda juga bisa mengetahui mana merek oli yang kredibel dengan membaca ulasan dan testimoni pengguna untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kualitas oli tersebut.

3. Kompatibilitas dengan Spesifikasi Mesin

Pastikan oli motor matic yang dipilih kompatibel dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda. Periksa manual pemilik kendaraan atau konsultasikan dengan mekanik tepercaya untuk memastikan bahwa oli yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan mesin, terutama dalam hal viskositas dan formulasi khusus untuk motor matic.

Baca juga: Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik

Pemilihan oli motor matic yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kinerja optimal kendaraan Anda. Tentunya ada banyak merek oli yang tersedia di pasaran, tetapi tidak semua sama dalam hal kualitas dan performa. Itu sebabnya pastikan Anda tahu mana saja merek oli terbaik yang sudah berpengalaman menawarkan kualitas unggulan untuk menjaga kinerja kendaraan tetap maksimal. Temukan beberapa rekomendasinya di sini!

1. Castrol Power 1 Ultimate Matic 10W-30

Castrol Power 1 Ultimate Matic adalah pilihan yang sangat tepat bagi para pengendara motor yang sering melakukan perjalanan jauh. Oli ini memiliki formula 5in1 yang membantu menjaga performa tetap baik sekaligus menjaga kondisi mesin tetap dingin bahkan saat digunakan untuk perjalanan jauh. Melalui kandungan sintetis dan sertifikasi JASO MB serta API SN, oli ini dapat digunakan untuk berbagai jenis motor, termasuk motor matic

2. Shell Advance AX7 Matic 10W-30

Shell Advance 4T AX7 Scooter merupakan pilihan yang dapat diandalkan untuk melindungi dan menjaga kebersihan mesin motor dalam berbagai kondisi jalan. Melalui penggunaan oli ini, suara motor dapat diredam untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Oli ini bahkan dilengkapi dengan teknologi RCE Shell Advance yang membantu meningkatkan performa sepeda motor secara maksimal dan sangat responsif pada tarikan motor. Selain itu Shell Advance 4T AX7 Scooter terbukti efektif dalam menghilangkan residu dan kerak-kerak mesin sehingga kinerja mesin selalu berada dalam kondisi yang optimal.

3. TOP1 Action Matic SAE 10W-40

Jika Anda ingin mesin kendaraan tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama, TOP1 Action Matic dapat dijadikan pilihan yang tepat. Pasalnya oli satu ini punya kandungan sintetik yang lebih tinggi sehingga dapat melumasi mesin dengan baik. Melalui sertifikasi JASO MB 2016 sesuai standar motor Jepang, TOP 1 Action Matic SAE 10W-40 membuat mesin lebih gesit, halus, dan tarikan lebih enteng, namun tetap menjaga efisiensi bahan bakar.

4. Federal Matic 30 Ecomaxx

Federal Matic Ecomaxx 30 bisa jadi oli yang tepat untuk pemilik motor matic Honda dengan kapasitas 125cc hingga 150cc yang berusia kurang dari lima tahun. Oli ini direkomendasikan karena memiliki spesifikasi AE 10W-30 API SL JASO MB untuk pelumas sintetik mesin motor matic

Oli ini bahkan dilengkapi dengan Active Moly untuk melindungi mesin dari gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu keunggulan Viscoelastic molecules dalam oli ini juga membantu meningkatkan kinerja mesin serta akselerasi yang lebih optimal. Dengan tambahan Double ACT Cleaner, oli Federal Matic Ecomaxx 30 dapat membersihkan komponen mesin motor secara efektif dan efisien.

5. AHM Oil MPX 2

AHM Oil MPX 2 termasuk produk oli yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kinerja mesin motor matic, khususnya untuk motor Honda. Oli ini memberikan lubrikasi sempurna sehingga membuat motor lebih hemat bahan bakar dan bertenaga. 

Kemampuannya dalam melumasi celah mesin hingga ke bagian yang terkecil juga perlu di highlight. Pelumasan secara menyeluruh menjadikan mesin tetap awet dan menghasilkan gesekan antar komponen dalam mesin yang lebih stabil.

Jadi itu dia berbagai rekomendasi oli motor matic yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan mesin kendaraan. Ingatlah bahwa pemilihan oli yang tepat akan memiliki dampak yang signifikan pada performa mesin kendaraan Anda. Selain memilih oli, pastikan Anda juga melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi yang didukung dengan teknisi berpengalaman. 

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

Apabila motor terawat dengan baik pasti umur pakainya akan lebih panjang dan memudahkan Anda ketika ingin menjualnya pada kemudian hari. Ketika motor akan dijual, Anda tak perlu melakukannya dengan cara yang sulit. JBA Indonesia bisa dijadikan platform yang tepat untuk menjual kendaraan dengan mudah melalui lelang. 

Kemudian JBA Indonesia juga bisa menjadi tempat yang transparan untuk mencari motor impian Anda. JBA Indonesia menawarkan berbagai pilihan motor dengan kualitas apa adanya sehingga Anda bisa membandingkan kendaraan satu dengan yang lainnya. 

Lelang yang dilakukan bahkan bisa diikuti secara online sehingga Anda bisa mengikutinya dari mana saja dan kapan saja tanpa mengganggu aktivitas yang sudah terjadwal. Untuk informasi selanjutnya mengenai lelang motor, jangan ragu untuk mengunjungi JBA Indonesia sekarang!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp