Hindari 5 Masalah Ini Akibat Telat Ganti Oli

News picture Hindari 5 Masalah Ini Akibat Telat Ganti Oli
date_range 2021-08-13
schedule 10:20:07
Hindari 5 Masalah Ini Akibat Telat Ganti Oli

PT JBA Indonesia - Oli atau pelumas merupakan salah satu bagian yang penting dalam menunjang kinerja mesin bermotor, baik itu mobil ataupun motor. Padahal, banyak masalah yang mungkin timbul akibat sering telat dalam mengganti oli. Apa saja risiko yang dapat terjadi pada kendaraan Anda bila sering telat mengganti oli, ini 5 risiko yang perlu Anda hindari:  

 

  1. Kinerja Mesin Menurun

Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin kendaraan. Jika oli telat diganti, maka oli akan berubah menjadi lebih kental dan berwarna semakin hitam. Ini membuat pelumas tidak dapat bekerja secara maksimal, sehingga kinerja mesin juga tidak dapat bekerja secara maksimal.

 

Suara mesin akan tedengar kasar, tarikan mesin akan terasa berat, dan yang paling parah kendaraan akan sulit dinyalakan.

 

  1. Mesin Cepat Panas

Oli berfungsi sebagai pendingin mesin. Jika oli tidak diganti maka kualitas oli akan menurun, sehingga kemampuan oli dalam mendinginkan mesin juga berkurang. Mesin yang cepat panas dapat merusak komponen lain. Salah satu cirinya adalah dengan munculnya asap pada komponen tersebut.

 

  1. Kosumsi Bahan Bakar Menjadi Boros

Karena oli dapat membuat tarikan mesin menjadi lebih berat, maka otomatis penggunaan bahan bakar untuk mesin juga akan lebih banyak.

 

  1. Komponen Mesin Rusak

Oli yang jarang diganti juga bisa menjadi kotor. Karena aktivitas mesin yang banyak membuat oli menjadi kotor. Kotoran pada oli yang dibiarkan dan mengendap dapat membuat mesin menjadi rusak, khususnya pada bagian piston dan silinder.

 

Kotoran pada oli juga membuat sirkulasi oli tidak berjalan dengan lancar karena adanya penyumbatan. Karena kerusakan tersebut, maka usia mesin kendaraan akan lebih pendek dari seharusnya.

 

  1. Kerugian Materi

Akhirnya, jika semua komponen mesin mengalami rusak hanya karena oli, maka kerugian materi akan terjadi. Anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaiki kerusakan pada mesin. Dan biaya perbaikan pada mesin ini bisa jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya perawatan rutin.

 

Nah, sudah tahu bukan bahayanya jika telat mengganti oli dan tentunya, Anda tidak ingin bukan mobil atau motor kesayangan Anda rusak hanya karena oli. Jadi, mulai sekarang, yuk rutin ganti oli sesuai kebutuhan mobil atau motor Anda!

 

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp
d