Cara Mengganti Oli Mesin Motor dengan Mudah dan Tepat

News picture Cara Mengganti Oli Mesin Motor dengan Mudah dan Tepat
date_range 2024-04-05
schedule 09:19:54
Cara Mengganti Oli Mesin Motor dengan Mudah dan Tepat

Mengganti oli mesin motor adalah salah satu tugas perawatan yang penting untuk menjaga kinerja dan umur mesin motor tetap optimal. Meskipun terdengar seperti tugas yang sederhana, namun banyak orang yang masih merasa kesulitan atau bahkan mengabaikan proses penggantian oli ini. Artikel ini akan membahas cara mengganti oli mesin motor, mulai dari persiapan alat dan bahan yang diperlukan hingga tahap-tahap pelaksanaannya. 

Selain itu, akan dijelaskan juga mengapa penggantian oli secara teratur sangat penting bagi kesehatan mesin motor dan bagaimana memilih oli yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan motor Anda. Jadi, untuk mengetahui tahapan cara yang tepat dan efisien, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Ciri-Ciri Oli Palsu serta Perbedaannya dengan Oli Asli

7 Cara Mengganti Oli Mesin Motor

Mengganti oli mesin motor adalah salah satu tugas penting dalam perawatan kendaraan bermotor. Berikut ini cara mengganti oli mesin motor yang tepat:

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan 

Persiapan alat dan bahan yang diperlukan adalah langkah penting sebelum memulai proses penggantian oli mesin motor. Pastikan Anda memiliki kunci pas yang sesuai, alat penyalur oli, oli baru yang direkomendasikan oleh produsen motor, serta wadah penampung oli bekas.

Melalui persiapan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, Anda dapat menghindari gangguan atau penundaan selama proses penggantian oli dan memastikan semua peralatan yang diperlukan tersedia saat Anda membutuhkannya.

2. Pastikan Mesin dalam Keadaan Dingin 

Cara mengganti oli mesin motor selanjutnya adalah penting untuk memastikan bahwa mesin motor dalam keadaan dingin sebelum memulai prosesnya. Mengganti oli saat mesin masih panas dapat meningkatkan risiko terbakarnya oli yang tumpah dan membahayakan keselamatan Anda. 

Biarkan mesin motor istirahat selama beberapa jam setelah digunakan sebelum memulai proses penggantian oli untuk memastikan suhu mesin turun secara signifikan. Melalui memastikan mesin dalam keadaan dingin, Anda juga dapat menghindari risiko terkena luka bakar saat melakukan proses penggantian oli.

3. Letakkan Motor di Tempat yang Rata dan Stabil

Sebelum memulai penggantian oli, pastikan motor Anda ditempatkan di permukaan yang rata dan stabil. Hal ini penting untuk mencegah motor terjatuh atau bergeser saat sedang bekerja. Motor yang tidak stabil dapat menyebabkan kesulitan dalam mengakses bagian bawah mesin, serta meningkatkan risiko kecelakaan yang dapat membahayakan Anda atau merusak motor. Melalui cara ini, Anda dapat bekerja dengan lebih nyaman dan efisien, serta menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan pada motor.

4. Buka Baut Pembuangan Oli

Cara mengganti oli mesin motor selanjutnya adalah membuka baut pembuangan oli dengan menggunakan kunci pas yang sesuai. Baut pembuangan oli biasanya terletak di bagian bawah mesin motor. Pastikan Anda menempatkan wadah penampung oli bekas di bawah baut pembuangan untuk menampung oli yang akan keluar. 

Sebelum membuka baut, pastikan untuk membersihkan area sekitar baut pembuangan dari kotoran atau debu yang dapat masuk ke dalam mesin saat baut dibuka. Ini akan membantu mencegah kontaminasi oli baru dengan kotoran yang tidak diinginkan.

5. Tunggu Hingga Oli Terkuras Sepenuhnya 

Setelah membuka baut pembuangan oli, biarkan oli tua mengalir keluar dari mesin motor dengan lancar hingga terkuras sepenuhnya. Proses ini memakan waktu beberapa menit tergantung pada kapasitas mesin motor Anda. 

Pastikan wadah penampung oli bekas masih dalam posisi yang stabil dan dapat menampung seluruh volume oli yang terbuang. Pastikan juga tidak ada sisa oli yang tertinggal di dalam mesin sebelum melanjutkan proses penggantian. Memastikan oli tua terkuras sepenuhnya akan membantu menjaga kualitas oli baru yang Anda tambahkan nantinya.

6. Pasang Kembali Baut Pembuangan Oli 

Setelah oli tua terkuras sepenuhnya, pasang kembali baut pembuangan oli dengan rapat menggunakan kunci pas. Pastikan baut terpasang dengan kuat untuk mencegah kebocoran oli saat mesin beroperasi. Periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran oli setelah memasang kembali baut, dan jika ada, pastikan untuk mengencangkan baut lebih kuat atau mengganti segel baut yang rusak.

7. Isi Mesin dengan Oli Baru 

Cara mengganti oli mesin motor yang terakhir adalah mengisi mesin dengan oli baru sesuai dengan kapasitas yang disarankan oleh produsen motor Anda. Gunakan pengukur oli untuk memeriksa level oli dan pastikan untuk menambahkan oli baru hingga mencapai level yang tepat. 

Pilih oli yang sesuai dengan jenis yang direkomendasikan oleh produsen motor Anda untuk memastikan kinerja mesin optimal. Pastikan juga untuk membuang oli bekas dengan aman dan sesuai dengan regulasi lingkungan yang berlaku, seperti mengirimkannya ke tempat pembuangan oli bekas yang resmi atau mengembalikannya ke toko oli. 

Baca juga: Penyebab Oli Motor Bocor yang Perlu Diwaspadai

Cara Merawat Mesin Motor

Merawat mesin motor adalah langkah penting untuk memastikan kinerja yang optimal serta umur panjang mesin tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat mesin motor dengan baik:

1. Mengganti Oli Teratur 

Salah satu cara paling penting dalam merawat mesin motor adalah dengan melakukan penggantian oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan di antara komponen mesin, sehingga penggantian oli secara teratur akan membantu menjaga kinerja mesin dan mencegah keausan yang berlebihan.

2. Pembersihan dan Pelumasan 

Lakukan pembersihan secara rutin pada bagian-bagian mesin dan sistem pelumasan. Pastikan untuk membersihkan debu, kotoran, dan residu lainnya yang dapat mengganggu kinerja mesin. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pelumasan pada bagian-bagian yang membutuhkan, seperti rantai, kabel gas, dan sprocket, untuk memastikan pergerakan yang lancar dan mencegah keausan yang tidak perlu.

3. Merawat Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin mesin motor, seperti radiator dan kipas, berfungsi dengan baik. Bersihkan radiator secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat mengganggu aliran udara dan menyebabkan mesin overheat. Periksa juga level cairan pendingin dan pastikan tidak ada kebocoran yang terjadi pada sistem pendingin.

4. Merawat Sistem Rem

Pemeriksaan sistem rem secara berkala merupakan langkah penting dalam merawat mesin motor karena sistem rem yang baik adalah kunci untuk keselamatan berkendara. Periksa kondisi kampas rem, cakram, dan sistem hidrolik secara berkala untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem dan pastikan tekanan rem berada dalam batas normal. 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa cara mengganti oli mesin motor dengan tepat sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur mesin motor Anda. Melalui pemahaman mengenai proses mengganti oli dan mengikuti panduan yang tepat, Anda dapat merawat mesin motor dengan mudah dan efektif. 

Jika Anda memiliki motor yang ingin dijual atau ingin mendapatkan motor baru dengan harga yang kompetitif, jangan ragu untuk mengunjungi platform JBA Indonesia sekarang juga. Di sini Anda dapat menemukan motor yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi melalui lelang motor yang diselenggarakan oleh JBA Indonesia. 

Selain itu, JBA Indonesia menyediakan jasa titip jual kendaraan yang memberikan kemudahan bagi Anda. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi situs web JBA Indonesia sekarang untuk informasi lebih lanjut dan temukan solusi terbaik untuk kebutuhan kendaraan Anda!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp