BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Merawat Rem Mobil Bekas Ternyata Dapat Mencegah Rem Blong

News picture Merawat Rem Mobil Bekas Ternyata Dapat Mencegah Rem Blong

JBA - Memasuki musim penghujan dengan intensitas yang cukup esktrem dalam beberapa hari terakhir, membuat rem mobil bekas sangat rentan mengalami kerusakan sehingga dapat membuat rem blong. Padahal, rem merupakan komponen yang sangat penting dan berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan.

Karena letaknya yang berada di bagian bawah serta rawan terkena berbagai kotoran, seperti pasir dan air hujan, tentunya membutuhkan perawatan ekstra untuk merawatnya agar tidak menyebabkan masalah di kemudian har. Salah satunya adalah rem blong.

Baca Juga: Harga NMAX Bekas Turun, Kenali Dulu Penyakitnya Sebelum Beli!

Salah satu jenis rem yang paling rawan untuk disusupi kotoran adalah rem cakram yang letaknya berada di roda depan.

“Benar sekali, di musim hujan seperti saat ini, rem merupakan komponen yang perlu diperhatikan secara serius, terutama dalam hal perawatannya,” ucap salah satu pemilik bengkel mobil di wilayah Bekasi, Andrie Cahyadi, dilansir laman Otoseken.com.

“Dalam hal perawatannya, bagian rem harus lebih baik dan perlu dilakukan lebih cepat saat dilakukan pembersihan komponen rem seperti kampas rem atau piringan cakram,” terang Andrie.

Pada umumnya, perawatan rem untuk mobil dilakukan setiap mobil menempuh jarak 5.000 hingga 10.000 kilometer sekali.

“Bila perlu, sebaiknya dilakukan pembongkaran agar permukaan kampas rem dan piringan cakramnya dapat segera dibersihkan,” terang Andrie lagi.

Atau, Anda juga dapat menggunakan cairan brake cleaner yang disemprotkan langsung ke bagian kampas rem agar kotoran serta pasir-pasir halus tidak menempel.

Andrie pun mengatakan jika rem telah di-upgrade dengan digunakannya kampas rem berbahan lebih soft yang berfungsi untuk menambah performa pengereman, tentu perlu perhatian tambahan lagi.

Baca Juga: Tips Memilih Shockbreaker Yang Berkualitas Untuk Motor Anda

“Untuk kampas rem buatan aftermarket, tentunya mempunyai kemampuan yang lebih baik dari versi standarnya. Selain itu bahannya juga lebih soft. Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, tentu pasir-pasir halus dapat dengan mudah menempel pada bagian kampas rem,” ungkap Andrie.

Jika tidak segera dibersihkan, maka besar kemungkinan kotoran yang terdapat pada bagian kampas rem akan mengikis permukaan piringan cakram. Bukan hanya itu saja, selain rem cakram, perawatan rem juga berlaku untuk rem tromol yang sering digunakan.

“Kalau mau membersihkan rem tromol, sebaiknya dicuci serta sedikit diampelas, terutama pada bagian sepatu kampas remnya,” pungkas Andrie.