BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Transmisi CVT Honda Mobilio Anda Berdengung, Ini Masalahnya!

News picture Transmisi CVT Honda Mobilio Anda Berdengung, Ini Masalahnya!

JBA - Pernahkah Anda mengalami transmisi CVT dari Honda Mobilio Anda berdengung saat dikendarai? Nah, jika pernah mengalami hal tersebut, maka kemungkinan terdapat masalah yang perlu segera Anda perbaiki.

Rizki Auto Supriyanto, pemilik bengkel spesialis mobil matik mengatakan bahwa jika transmisi CVT pada Honda Mobilio berdengung, maka hal tersebut menandakan bahwa terjadi masalah yang cukup serius pada bagian dalam transmisi CVT tersebut.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Saat Musim Hujan Tiba

Menurut Supri, bunyi dengung bisa dirasakan dari dalam transmisi CVT ketika mesin mobil dinyalakan. Bahkan suara dengung akan bertambah kencang saat mobil dikendarai.

Lalu apa yang menyebabkan bunyi dengung pada bagian transmisi CVT Honda Mobilio tersebut?

 Supri menuturkan jika bunyi dengung yang sering timbul tersebut dikarenakan bearing pulley atau bearing crankcase yang sudah aus.

“Biasanya bunyi dengung karena bearing pulley atau bearing crankcase sudah mulai aus sehingga putaran mesinnya jadi tidak seimbang,” terang Supri, seperti dilansir laman Otoseken.com

“Bearing ini kan sebagai tempat poros as pulley pada sistem transmisi matik CVT dan memang seringkali terjadi pada Honda Mobilio,” ucap Supri lagi.

Ketika bearing ini aus, maka akan membuat oblak ketika berputar. Nah, hal inilah yang akhirnya membuat bunyi berdengung.

Selain karena masalah pada bearing yang terdapat di as pulley, bunyi berdengung juga bisa berasal dari bearing bamboo atau needle bearing gigi gardan dari transmisi CVT yang dimiliki oleh Honda Mobilio.

Bearing yang mengalami kerusakan ini bisa Anda dengan mudah Anda rasakan dengan cara memutar bearing tersebut. Jika saat diputar terasa oblak, maka dapat dipastikan bahwa bearing telah mengalami kerusakan.

Baca Juga: Solusi Bagi Lampu Depan Xpander Yang Kurang Terang

Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengganti bearing pulley ini. Namun penggantiannya harus satu set berikut dengan pulley-nya.

“Kalau untuk angka ukuran bearing pulley Honda Mobilio cukup unik dan enggak ada yang jual terkecuali satu set berikut dengan pulley CVT-nya. Jadi kalau mau ganti harus ganti pulley-nya juga,” terang Supriyanto lagi.

Supri pun menjelaskan jika biasanya bunyi dengung pada transmisi CVT Honda Mobilio kebanyakan terjadi pada Honda Mobilio bekas dan telah berumur, serta pemilik lamanya tidak melakukan perawatan CVT dengan baik.