BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Yamaha NMAX Bekas Anda Tenaganya Loyo? Ini Penyebabnya

News picture Yamaha NMAX Bekas Anda Tenaganya Loyo? Ini Penyebabnya

JBA - Pernahkah Anda membeli Yamaha NMAX bekas, kemudian setelah digunakan tenaganya drop atau menurun. Jika hal ini pernah Anda rasakan, maka kemungkinan besar masalah ini terjadi karena kesalahan dalam memasang silinder head ketika memasang per klep.

Menurut salah satu mekanik bengkel spesialis motor di wilayah Cimanggis, Depok, Ute menuturkan jika pemasangan per klep Yamaha NMAX tidak boleh tertukar, terutama antara per klep IN dan EX.

Baca Juga: Mau Beli Yamaha NMAX Bekas? Sebaiknya Cek Komponen Ini

“Kalau komponen ini sampai tertukar, antara in dan ex-nya, maka akan membuat tenaga dari mesin Yamaha NMAX menjadi drop,” ucap Ute, seperti dilansir laman Otoseken.id.

Selain membuat tenaga mesin menjadi drop, tertukarnya per klep untuk IN dan EX pada Yamaha NMAX bekas, juga akan membuat mesin kendaraan roda dua ini menjadi gampang panas.

Ute juga mengakui jika dirinya telah mencoba untuk menukar per klep Yamaha NMAX miliknya dan hasilnya adalah mesin menjadi loyo dan cepat panas seakan-akan tidak mempunyai tenaga.

“Saya pernah sengaja menukar per klep Yamaha NMAX, yang in menggunakan kepunyaan ex, dan sebaliknya. Hasilnya, tenaga jadi loyo dan mesin jadi lebih panas,” terang Ute.

Karena itu, agar per klep tidak tertukar, Anda harus mengetahui ciri dari per klep IN dan EX Yamaha NMAX.

Untuk per klep NMAX bagian IN, ulirnya seperti ada cat berwarna putih. Sedangkan untuk per klep EX, warnanya merah.

Baca Juga: Tekan Polusi Udara, Premium dan Pertalite Terancam Dihapus

“Berdasarkan pengalaman, menggunakan per klep terbalik, clearance klep in di profil kedua atau ketika VVA-nya bekerja, membuat mesin terlalu rapat. Sedangkan waktu profil kem pekerja justru tidak ada masalah sama sekali,” terang Ute lagi.

Jika hal itu dibiarkan terlalu lama, maka lama-kelamaan hal ini dapat membuat per klep menjadi patah.

“Kalau menggunakan per klep IN semua sih masih mending. Sebab, untuk harian masih bagus,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Yamaha NMAX merupakan salah satu motor terlaris, baik di pasar model baru ataupun bekas. Hal ini dikarenakan, NMAX mempunyai spesifikasi dan tenaga yang cukup mumpuni, baik digunakan untuk jarak dekat maupun jarak jauh karena desainnya yang nyaman.