3 Jenis Cat Mobil dalam Proses Body Repair

News picture 3 Jenis Cat Mobil dalam Proses Body Repair
date_range 2024-01-17
schedule 11:53:39
3 Jenis Cat Mobil dalam Proses Body Repair

Dalam dunia otomotif, perawatan dan perbaikan mobil tidak hanya berkaitan dengan mesin dan komponen mekanis, tetapi juga mencakup estetika dan keindahan. Salah satu aspek penting dalam merawat penampilan mobil adalah proses pengecatan atau body repair

Kali ini, kita akan mendalami apa saja tiga jenis cat mobil yang umum digunakan dalam proses body repair. Dengan memahami perbedaan antara cat dasar primer, cat surfacer, dan top coat, Anda sebagai pemilik mobil dapat lebih bijak dalam merawat tampilan dan keawetan cat mobil.

Baca juga: Fungsi Poles Mobil dan Cara Melakukannya

3 Jenis Cat Mobil dalam Proses Body Repair

Setiap jenis cat memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri, memberikan kontribusi penting dalam menciptakan tampilan mobil yang optimal. Adapun tiga jenis cat mobil yang umum digunakan dalam proses body repair mobil adalah:

1. Cat Dasar Primer

Cat dasar primer menjadi langkah awal dalam proses pengecatan mobil setelah melalui proses dempul dan penggosokan. Fungsi utamanya adalah menciptakan dasar yang ideal untuk pengaplikasian cat selanjutnya. Dalam kategori ini, terdapat beberapa varian cat primer yang umum digunakan, antara lain:

a. Urethane Primer

Urethane primer, terbuat dari polyisocyanate dan polyurethane, menonjol dengan daya tahan yang kuat terhadap korosi. Kekuatan ini memberikan kemampuan untuk meratakan cat secara optimal pada permukaan bodi mobil, menghasilkan tampilan yang super berkilau.

b. Epoxy Primer

Epoxy primer dirancang khusus untuk melindungi material logam dari risiko korosi. Sifat anti airnya membuatnya menjadi pilihan yang ideal. Disarankan untuk mengaplikasikannya hingga dua kali agar hasil pengecatan maksimal tercapai.

c. Wash Primer

Wash primer, dengan bahan dasar alkyd resin dan nitrocellulose, hadir dengan karakteristik pengeringan yang cepat. Meskipun demikian, kelemahan wash primer terletak pada daya adhesi dan ketahanan terhadap korosi yang tidak sebaik urethane dan epoxy primer.

2. Cat Surfacer

Cat surfacer, sebagai lapisan kedua setelah primer, memiliki peran penting dalam menghasilkan permukaan yang halus dan ideal untuk pengecatan selanjutnya. Jenis cat ini juga memiliki beberapa pilihan yang umum digunakan dalam industri otomotif:

a. Lacquer Surfacer

Lacquer surfacer, terbuat dari resin akrilik (alkyd) dan nitrocellulose, menonjolkan kemampuannya untuk mengering dengan cepat, memberikan dasar yang ideal untuk pengecatan selanjutnya.

b. Urethane Surfacer

Urethane surfacer, dengan material dasar akrilik, alkyd, dan polyester, menawarkan daya lekat yang optimal. Namun, perlu diingat bahwa cat ini memerlukan waktu pengeringan yang cukup lama, dan alat pengering dengan suhu tertentu diperlukan.

c. Thermosetting Amino Alkyd

Cat ini terbuat dari resin akrilik dan melamine, memberikan daya pelapisan yang mirip dengan mobil baru. Namun, pengeringannya memerlukan bantuan pengering dengan suhu tertentu.

3. Top Coat (Clear Coat)

Top coat, atau yang sering disebut sebagai clear coat, menjadi tahap akhir dalam proses pengecatan mobil. Fungsi utamanya adalah memberikan perlindungan dan kilau tahan lama pada warna cat mobil. Jenis cat ini memiliki karakteristik khusus yang membuatnya penting dalam menjaga penampilan visual mobil.

4 Cara Efektif Merawat Body dan Cat Mobil

Merawat body dan cat mobil merupakan langkah penting untuk mempertahankan keindahan dan keawetan penampilan kendaraan Anda. Berikut adalah empat cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk merawat body dan cat mobil dengan optimal:

1. Menggunakan Sabun Khusus Cuci Mobil

Pertama-tama, penggunaan sabun khusus cuci mobil sangat penting dalam menjaga kebersihan dan keawetan cat mobil Anda. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan mobil tanpa merusak lapisan cat. Menghindari penggunaan sabun sembarangan adalah langkah cerdas, karena beberapa sabun mengandung bahan kimia yang dapat merusak atau membuat cat mudah kusam.

Tips:

  • Pilihlah sabun cuci mobil yang mengandung bahan-bahan yang aman.
  • Lakukan pencucian mobil secara rutin, setidaknya 1 hingga 2 kali dalam seminggu, untuk menjaga warna mobil tetap menawan.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil hingga Kotoran Tak Bersisa

2. Memarkirkan Mobil di Tempat Teduh

Tempat Anda memarkirkan mobil juga memiliki dampak besar terhadap keawetan cat. Hindari memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, terutama di area yang panas. Paparan sinar UV dapat menyebabkan pudarnya warna cat dan mengurangi kecerahan cat mobil.

Tips:

  • Pilih tempat parkir yang teduh atau gunakan penutup mobil untuk melindungi dari sinar matahari.
  • Hindari tempat parkir yang rawan debu atau kotoran yang dapat merusak cat.

3. Menggunakan Kain Halus untuk Membersihkan Mobil

Saat membersihkan mobil, penggunaan kain yang halus dan bersih sangat penting. Kain kasar dapat menyebabkan goresan atau lecet pada permukaan cat. Pilihlah kain yang lembut dan tidak meninggalkan serat untuk hasil pembersihan yang optimal.

Tips:

  • Gunakan kain microfiber atau kain khusus mobil yang dirancang untuk membersihkan dan mengelap tanpa merusak cat.
  • Hindari penggunaan sikat atau kain yang kasar untuk menghindari goresan.

4. Memasang Sarung Mobil

Menutupi mobil dengan sarung adalah langkah tambahan yang efektif dalam melindungi cat dari berbagai elemen lingkungan. Sarung mobil melindungi dari debu, kotoran, embun, dan paparan sinar matahari langsung.

Tips:

  • Pilih sarung mobil yang sesuai dengan ukuran mobil Anda untuk perlindungan maksimal.
  • Pastikan mobil dalam keadaan bersih sebelum menutupi dengan sarung untuk menghindari goresan. 

Dalam perawatan mobil, memahami jenis cat mobil dan cara merawatnya menjadi kunci utama untuk menjaga keindahan dan keawetan body kendaraan Anda. Sebagai pemilik mobil, Anda memiliki peran penting dalam memastikan bahwa tampilan mobil tetap prima, baik itu mobil baru maupun mobil bekas. Berdasarkan pemahaman tentang jenis cat dan langkah-langkah merawatnya, Anda dapat menjalankan perawatan body mobil dengan tepat.

Dengan persiapan yang matang, Anda sebagai pemilik mobil dapat secara konsisten melaksanakan perawatan yang sesuai, baik pada mobil baru maupun mobil bekas. Tindakan ini tidak hanya akan menjaga tampilan kendaraan tetap optimal, tetapi juga dapat memperpanjang masa pakai bodi mobil, yang langsung berdampak pada peningkatan nilai jualnya.

Mobil yang mendapat perawatan secara baik umumnya memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan tanpa hambatan. Perawatan yang tepat dapat mengoptimalkan kinerja kendaraan dan meningkatkan kenyamanan selama perjalanan. Tentu saja, memiliki mobil dalam kondisi prima setiap saat merupakan harapan setiap orang, bukan?

Jika Anda masih belum memiliki kendaraan pribadi dan berniat untuk memiliki mobil bekas, tidak ada salahnya untuk mengunjungi lelang mobil JBA Indonesia. Di sini, kami tidak hanya menawarkan bantuan dalam jual-beli mobil dengan transparan dan efisien, tetapi juga menyajikan beragam pilihan mobil yang cocok dengan kebutuhan dan selera Anda.

Ayo manfaatkan peluang ini sekarang dan temukan penawaran terbaik untuk kendaraan impian Anda. Bergabunglah dalam pengalaman lelang yang mengasyikkan di JBA Indonesia sekarang!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp