ISI ANGIN BIASA ATAU NITROGEN?

News picture ISI ANGIN BIASA ATAU NITROGEN?
date_range 2021-06-25
schedule 16:43:07
ISI ANGIN BIASA ATAU NITROGEN?

PT JBA Indnesia - Mengisi angin pada ban kendaraan merupakan rutinitas bagi kita pengguna kendaraan. Seminggu sekali atau sebulan sekali biasanya dilakukan. Tekanan angin yang pas pada ban kendaraan kita akan membuat berkendara semakin nyaman.

 

Sekarang ini, untuk mengisi angin ban kendaraan terdapat dua pilihan, yaitu dengan angin biasa atau dengan nitrogen. Dengan adanya pilihan itu membuat  kita  bertanya-tanya,apa bedanya nitrogen dan angin biasa? Mana yang lebih baik? Kali ini tim JBA akan coba bantu jawab semua pertanyaannya.

 

Apa bedanya nitrogen dan angin biasa?

 

“Nitrogen merupakan gas udara yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Nitrogen mempunyai suhu yang lebih dingin, lebih ringan meskipun tidak ada air didalamnya.” Ujar Danny Antori, Field Inspector JBA Daan Mogot.

 

“Angin biasa sebenarnya juga merupakan komposisi dari 78% nitrogen dan 21% oksigen dan sisanya gas lainnya. Namun karena masih adanya oksigen  sehingga komposisinya masih mengandung air,” tambah Danny.

 

Udara dalam tekanan angin biasa akan berubah menjadi air yang membuat bobot ban menjadi lebih berat. Hal ini yang turut membuat ban sobek akibat terlalu berat menahan beban saat melaju dan pastinya lebih cepat botak.

 

Mana yang lebih baik?

 

“Nitrogen lebih unggul dibanding dengan angin biasa, tekanan angin pada ban menjadi lebih awet, tekanan ban tetap stabil, dan tekanan udaranya lebih ringan. Itu semua membuat kualitas ban kendaraan kita lebih baik dan lebih awet. Jadi saya merekomendasikan untuk menggunakan nitrogen,” jelas Danny.

 

Bagaimana kalau dicampur?

 

“Tidak ada masalah jika mencampur antara nitrogen dan angin biasa. Hanya saja kadar kemurnian nitrogen jadi berkurang,” tutup Dany.

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Chat us