6 Cara Merawat Sunroof Mobil Supaya Awet

News picture 6 Cara Merawat Sunroof Mobil Supaya Awet
date_range 2023-05-12
schedule 10:21:12
6 Cara Merawat Sunroof Mobil Supaya Awet

JBA Indonesia - Mobil tipe sunroof dan moonroof menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, apalagi di Indonesia. Mobil tipe ini, memiliki daya tarik tersendiri karena memberikan kesan mewah saat berkendara. Namun mobil ini memang butuh perawatan khusus apalagi di negara tropis seperti Indonesia, yang memiliki cuaca yang cenderung panas, berdebu, dan berpolusi tinggi. Di bawah ini merupakan beberapa hal penting yang perlu dilakukan dan dihindari.

Baca juga: Cara Merawat Wiper Mobil agar Tidak Mudah Rusak

6 Cara Merawat Sunroof Mobil Supaya Awet

1. Pastikan Sunroof Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung Terlalu Lama

Hal ini berkaitan dengan performa seal karet dan kelenturannya, sehingga apabila sering dibiarkan kepanasan maka keawetan karet akan lebih pendek. Terlebih karet mudah getas atau kaku yang berakibat tidak lagi menempel dipermukaan kaca dengan baik dan rawan bocor. Selain itu, bagian jok dan bagian interior ikut terpapar matahari akan bikin kusam. Untuk itu, parkirlah mobil di tempat yang sejuk atau diberikan kover mobil premium yang mampu menolak panas dan meredam/mengeluarkan suhu panas dengan sangat baik. Jagalah pula kekenyalan karet sunroof menggunakan silicone spray supaya karet tersebut dapat berfungsi dengan baik.

2.Pastikan untuk Membersihkan Sunroof Secara Berkala

Memastikan kaca dalam keadaan bersih membuat kaca terhindar dari jamur. Ingat, Indonesia sendiri cenderung berdebu, maka perlu perawatan ekstra untuk menjaga kebersihan kaca. Selain itu, perlu diketahui bahwa terdapat kotoran seperti debu, pasir, atau kerikil yang menempel di rel sunroof. Sehingga, jalur rel akan macet. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka kotoran akan menumpuk dan mengganggu jalur pembuangan air. Hal ini membuat saluran drainase tersumbat, dan membuat rel berkarat.

3. Memperhatikan Kondisi Motor Penggerak Kaca

Untuk membuka dan menutup kaca sunroof dibutuhkan motor penggerak yang harus bekerja dengan semestinya. Apabila terdapat macet pada proses buka tutup kaca, membuat motor penggerak mulai melemah dan membutuhkan pelumasan atau pembersihat rel dari ganjelan krikil, daun, debu, atau kerak yang menggumpal.

4. Hindari Mobil Sering Melewati Jalan Berlubang atau Jalan Tidak Rata

Dengan menggunakan mobil di jalan yang berlubang, maka akan memengaruhi umur peredam seal karet yang berhubungan pula dengan daya kerja karet, engsel, dan pengunci motornya. Untuk menghindari kaca tidak bergerak, pilihlah jalan yang rata agar sunroof selalu berada di tempatnya.

5. Pastikan Ketika Parkir Kaca Sunroof Tertutup Rapat

Memastikan keamanan dan kenyamanan mobil bersunroof adalah dengan menutup kacanya dengan baik sehingga menghindari risiko orang tidak bertanggung jawab lewat dari bagian ini, ataupun hewan berbahaya masuk tanpa diketahui.

Baca juga: Cara Parkir Mobil Matic Di Tanjakan

6. Keringkan Sunroof Jika Terkena Air

Jangan sampai rel sunroof berada dalam keadaan basah terlalu lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya karat. Air yang dibiarkan mengering begitu saja akan menciptakan kerak yang mengganggu penampilan dan kinerja sunroof mobil Anda.

Jadi, bagi Anda yang memiliki mobil dengan fitur sunroof, alangkah lebih baik untuk mencermati info berikut di atas sehingga masa pemakaian sunroof dapat bertahan lama dan tetap memberikan kesan mewah nan nyaman saat berkendara.

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil jenis ini maka dapat melalui balai lelang JBA Indonesia yang menyediakan berbagai ratusan unit kendaraan bekas. Melalui lelang mobil JBA Indonesia, Anda bisa mendapatkan mobil impian Anda dengan harga yang kompetitif. Maka dari itu, wujudkan mimpi Anda untuk memiliki mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp