Cara Perpanjangan STNK Tanpa BPKB, Sudah Tahu?

News picture Cara Perpanjangan STNK Tanpa BPKB, Sudah Tahu?
date_range 2024-06-12
schedule 09:38:47
Cara Perpanjangan STNK Tanpa BPKB, Sudah Tahu?

Perpanjangan STNK perlu dilakukan setiap tahunnya agar Anda bisa berkendara tanpa masalah dari pihak yang berwenang. Biasanya perpanjangan STNK membutuhkan lampiran beberapa dokumen penting sehingga petugas Samsat dapat memeriksa identitas pemilik kendaraan, contohnya KTP dan BPKB. Namun bagaimana kalau tidak melampirkan salah satu dokumen? Apakah ada cara perpanjangan STNK tanpa BPKB?

Untuk menjawab pertanyaan Anda, JBA Indonesia sudah menyiapkan informasi lengkap yang dapat digunakan untuk melakukan perpanjangan STNK dengan lancar. Tentunya hal ini mencakup informasi mengenai perpanjangan STNK tanpa melampirkan BPKB. 

Baca juga: Cara Mengurus STNK Hilang yang Harus Dipahami

Mengenal STNK dan BPKB

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan dua dokumen penting yang berkaitan erat dengan legalitas kepemilikan kendaraan bermotor. STNK mengacu pada dokumen yang memberikan izin operasional pada kendaraan Anda dan harus diperpanjang secara berkala sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Dokumen ini mengandung informasi penting seperti nomor registrasi kendaraan, data pemilik kendaraan, jenis kendaraan, nomor mesin, nomor rangka, serta masa berlakunya. Di sisi lain, BPKB adalah bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh instansi berwenang. 

Dokumen ini mengandung informasi yang lebih lengkap lagi, yakni nama dan alamat pemilik, nomor registrasi kendaraan, nomor mesin, nomor rangka, tahun pembuatan kendaraan, hingga warna kendaraan. BPKB menjadi bukti resmi bahwa Anda adalah pemilik sah kendaraan tersebut dan memegang hak kepemilikan secara legal.

Persyaratan Melakukan Perpanjangan STNK Tanpa BPKB

Teknologi yang makin berkembang membuat produktivitas seluruh masyarakat makin meningkat. Pasalnya hampir semua hal sudah bisa dilakukan secara online dari mana saja dan kapan saja. Hal ini pun termasuk melakukan perpanjangan STNK secara online

Jadi perlu Anda pahami bahwa perpanjangan STNK tanpa BPKB sangat mungkin dilakukan, yakni melalui proses online. Namun perlu diketahui bahwa proses online hanya bisa dilakukan untuk perpanjangan STNK tahunan. Jika sudah saatnya melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan maka Anda perlu langsung pergi ke kantor Samsat terdekat. 

Sebelum melakukan perpanjangan STNK tanpa BPKB, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan agar proses tersebut dapat dilakukan dengan lancar. Berikut beberapa persyaratan yang umumnya diperlukan:

  1. KTP asli dan fotokopi
  2. STNK asli
  3. Rekening dengan identitas yang tertera pada STNK dan KTP

Cara Perpanjangan STNK Tanpa BPKB

Untuk memperpanjang STNK tanpa membawa BPKB, Anda dapat memanfaatkan layanan E-Samsat. Prosesnya cukup sederhana, yakni Anda hanya perlu masuk ke dalam layanan E-Samsat dan mengisi nomor polisi kendaraan serta NIK dengan benar. Supaya tidak terjadi kesalahan, tak ada salahnya melakukan pengecekan berulang agar prosesnya lancar. 

Setelah mengisi data yang diminta, Anda akan menerima kode bayar yang harus dibayarkan. Kemudian Anda tinggal melakukan pembayaran melalui rekening yang ditunjukkan dalam E-Samsat. Pembayaran pajaknya dapat dilakukan melalui ATM atau metode pembayaran lainnya sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Apabila pembayaran berhasil maka Anda hanya perlu melakukan pengesahan STNK dengan datang langsung ke kantor Samsat atau layanan Samsat Keliling yang telah ditentukan. Pastikan untuk membawa syarat perpanjangan STNK tanpa BPKB, termasuk STNK asli, KTP asli, dan struk pembayaran pajak kendaraan. Jika semua syarat lengkap, Anda pasti dapat langsung memperoleh STNK yang sudah diperpanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Cara Melihat Pajak Motor di STNK dengan Benar

Ikuti Lelang Motor Transparan di JBA Indonesia

Melakukan perpanjangan STNK jelas harus dilakukan untuk memenuhi kewajiban Anda sebagai pemilik kendaraan. Selain penting untuk memberikan hak berkendara di jalanan, STNK yang aktif juga krusial ketika Anda ingin menjualnya. Tentu tidak ada yang mau membeli motor dengan STNK yang sudah mati, bukan? Itu sebabnya penting untuk melakukan perpanjangan tepat waktu demi pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. 

Jika Anda berencana menjual motor tersebut, JBA Indonesia bisa menjadi platform yang tepat. Pasalnya JBA Indonesia menawarkan layanan penitipan motor untuk dijual melalui lelang. Bahkan Anda bisa memanfaatkan JBA Indonesia untuk mencari motor impian. 

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

JBA Indonesia merupakan platform lelang yang tepercaya dan menyediakan berbagai macam kendaraan berkualitas, termasuk motor. Lelang motor di JBA Indonesia memberikan kesempatan kepada pembeli mendapatkan motor impian dengan harga yang kompetitif.

Salah satu keuntungan utama dari lelang motor di JBA Indonesia adalah transparansinya. Setiap kendaraan yang dilelang dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai kondisi fisik, riwayat servis, dan status dokumen legal seperti STNK dan BPKB. Hal ini memberikan kepercayaan kepada pembeli untuk memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Proses lelang di JBA Indonesia juga mudah dan apa adanya. Anda dapat mengikuti lelang secara langsung di lokasi lelang offline atau melalui platform online yang disediakan oleh JBA Indonesia. Persyaratan untuk mengikuti lelang juga cukup sederhana, Anda bisa langsung mengunjungi JBA Indonesia sekarang juga!

Semoga informasi mengenai cara perpanjangan STNK tanpa BPKB yang sudah dijelaskan di atas dapat membantu Anda melakukan setiap proses perpanjang STNK dengan lancar. Pastikan Anda mempersiapkan persyaratan dokumen yang dibutuhkan sekaligus melakukan masing-masing prosesnya dengan baik. 

Jika Anda membutuhkan informasi berguna lainnya seputar lelang motor maupun mobil, jangan ragu untuk mengunjungi JBA Indonesia. Melalui website yang sama, Anda pun bisa mendapatkan informasi berguna seputar otomotif yang pastinya praktikal dan mudah dimengerti. 

Jadi tunggu apa lagi? Temukan semua informasi yang Anda butuhkan hanya di JBA Indonesia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp