AC Mobil Anda Bau? Selidiki Penyebabnya Di Sini!

News picture AC Mobil Anda Bau? Selidiki Penyebabnya Di Sini!
date_range 2023-06-19
schedule 10:03:15
AC Mobil Anda Bau? Selidiki Penyebabnya Di Sini!

Apakah kamu pernah mencium aroma tak sedap dari air conditioner (AC) mobil? Ini bisa terjadi pada mobil yang sudah lama digunakan. Untuk itu, sebelum mengatasi hal ini, pastikan pahami terlebih dahulu kemungkinan penyebabnya!

Baca juga: Cara Mengisi Freon AC Mobil dengan Tepat

Penyebab AC Mobil Bau

Berikut beberapa hal yang menyebabkan ac mobil bau:

1. Bau Dari Freon yang Mau Habis

Freon merupakan senyawa kimia yang sering digunakan pada pendingin ruangan, maupun pada AC mobil. Sehingga, kadar freon pada AC dapat berkurang dan memicu keluarnya bau apek. Biasanya, kondisi ini juga akan diikuti dengan gejala lain, seperti suhu AC yang menjadi tidak dingin. 

2. Bau Dari Menumpuknya Jamur di Evaporator

Evaporator merupakan salah satu bagian dari sistem AC mobil, yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara guna mengurangi hawa panas di mobil. Tidak jarang, apabila terjadi penumpukan jamur, maka AC menjadi lembap dan menghasilkan bau pada mobil. Keberadaan jamur akan menimbulkan bau pesing di AC mobil saat mesin mobil mulai dinyalakan. 

3. Bau Akibat Rusaknya Tangki Bensin

Apabila aroma bau yang keuar dari AC merupakan aroma bensin, maka kemungkinan ada kerusakan pada tangki bensin. Tidak jarang hal ini terjadi dan biasanya disebabkan oleh tutup pada tangki bensin yang sudah kendur, atau tumpahan bensin yang ada di dalam mobil. Biasanya, ini terjadi setelah mobil dibawa ke bengkel, dan teknisi secara tidak sengaja menumpahkan bensin di bagian dalam mobil. 

4. AC Mobil Bau Gosong Akibat Overheat

Setelah digunakan dalam jangka waktu lama, mesin AC mobil dapat mengalami overheat. Ini bisa menyebabkan bau gosong yang tidak sedap. Di mana, kondisi overheat juga akan menyebabkan kerusakan pada oli kompresor dan memperparah bau gosong apabila oli kompresor tidak segera diganti. 

5. Bau Asam dari Parfum Mobil

Kemungkinan kondisi AC mobil juga bisa mengeluarkan aroma asam yang tidak mengenakkan, seperti bau asam akibat parfum yang sudah lama. Parfum mobil berfungsi untuk mengharumkan bagian dalam mobil. Tetapi, jika parfum yang dipakai sudah terlalu lama, maka aromanya bisa berubah menjadi bau. 

6. Ventilasi Jendela yang Kurang Baik

Pernahkah Anda merasakan aroma asap knalpot atau bau sampah yang mengganggu saat berkendara? Mungkin saja, di sekitar Anda ada truk dengan emisi knalpot yang pekat, sehingga menimbulkan bau yang tak sedap.

Tentunya, hal serupa bisa terjadi di lingkungan yang kotor. Namun, semua itu dapat dihindari dengan memiliki sistem ventilasi jendela yang memadai.

Jika kualitas ventilasi tersebut kurang memuaskan, berbagai aroma tak sedap dari luar mobil bisa dengan mudah masuk ke dalam kabin. Tentu saja, hal ini akan membuat kenyamanan selama perjalanan menjadi terganggu.

Baca juga: Jenis Kaca Film Mobil berdasarkan Fungsi dan Fiturnya

7. Adanya Bangkai Binatang

Selain dari penyebab-penyebab yang telah diuraikan sebelumnya, bau AC mobil yang tak sedap juga bisa disebabkan oleh keberadaan bangkai binatang.

Kita tak bisa menyangkal bahwa ketika mobil diparkir semalaman, kemungkinan besar beberapa binatang seperti tikus, cecak, atau kecoa bisa masuk ke dalam mobil.

Apabila binatang tersebut sudah mati, bau busuk yang amat mengganggu akan tercium. Dalam situasi seperti ini, tak ada pilihan lain selain melakukan pengecekan menyeluruh pada berbagai bagian mobil untuk menemukan asal bau yang mengganggu tersebut. 

Itu dia beberapa penyebab yang perlu Anda cari tahu terlebih dahulu saat mengalami bau mobil dari AC. Apabila Anda ingin mendapatkan mobil bekas yang terjamin kualitasnya, bisa Anda dapatkan melalui balai lelang mobil JBA Indonesia, ya! Selain membeli kendaraan bekas, Anda juga bisa melakukan titip jual di JBA Indonesia jika Anda berniat menjual kendaraan Anda.

Yuk, kunjungi JBA Indonesia segera!

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp