Cara Mengisi Freon AC Mobil dengan Tepat

News picture Cara Mengisi Freon AC Mobil dengan Tepat
date_range 2024-01-19
schedule 11:14:19
Cara Mengisi Freon AC Mobil dengan Tepat

AC mobil adalah salah satu elemen yang sangat penting untuk kenyamanan saat berkendara, terutama dalam cuaca panas. Namun, ketika AC mulai kurang efektif, freon menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam cara mengisi freon AC mobil dengan tepat untuk memastikan AC berfungsi optimal.

Baca juga: Cara Setting Bluetooth Audio Mobil dengan Tepat

Tahap Persiapan Saat Mengisi Freon AC Mobil

Sebelum Anda mengisi freon ac mobil, tentu Anda perlu melakukan persiapan ketika sebelum proses pengisian dimulai. Berikut adalah langkah-langkah persiapannya:

1. Mengosongkan Sisa Freon

Langkah pertama sebelum mengisi freon baru adalah memastikan bahwa sisa freon lama telah dikosongkan sepenuhnya. Gunakan manifold gauge untuk membaca tekanan AC. Tekanan rendah (15-20 psi) menandakan bahwa freon sudah rendah, sedangkan tekanan tinggi (160-250 psi) menunjukkan freon yang masih cukup. Pastikan untuk mengosongkan sisa freon dengan hati-hati agar tidak terjadi kebocoran atau pencampuran dengan freon baru.

2. Membersihkan AC dan Freon yang Tersisa

Meskipun freon lama sudah dikosongkan, membersihkan sisa-sisa freon dan sistem AC masih diperlukan. Gunakan mesin vakum untuk menghilangkan sisa uap air yang mungkin masih tersisa dalam sistem AC mobil. Sisa-sisa uap air yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan pembekuan freon yang dapat merusak sistem.

3. Memberikan Pelumas pada Kompresor AC

Sebelum melakukan pengisian freon baru, berikan pelumas pada kompresor AC. Oli pelumas sebanyak 5-10 cc dapat dituangkan ke dalam kompresor menggunakan selang manifold gauge yang terhubung dengan vakum pada gelas ukur. Pelumasan ini penting untuk mengurangi risiko kerusakan pada kompresor dan memastikan kinerjanya tetap optimal.

4. Melakukan Pengisian Freon Baru

Setelah semua persiapan selesai, Anda dapat melanjutkan dengan pengisian freon baru. Pastikan AC mobil berada dalam keadaan mati selama proses ini. Pengisian freon dapat dilakukan melalui saluran tekanan rendah atau tinggi, tergantung pada metode yang Anda pilih. 

Cara Mengisi Freon AC Mobil Tekanan Rendah

Anda dapat mengisi freon AC mobil dengan memanfaatkan jalur tekanan rendah. Namun, disarankan agar proses ini dilakukan oleh tenaga ahli karena memerlukan kehati-hatian dan akurasi yang tinggi. Berikut adalah langkah-langkah pengisian freon AC mobil melalui jalur tekanan rendah:

  1. Mulailah dengan menghidupkan mesin pada putaran 2000-3000 rpm.
  2. Aktifkan AC mobil pada suhu maksimum.
  3. Isilah freon melalui jalur hisap (suction) yang terhubung ke kompresor AC menggunakan manifold gauge. Pastikan untuk menutup rapat kran saluran tinggi.
  4. Buka kran tekanan rendah secara perlahan agar freon yang masuk ke dalam sistem berbentuk gas dan bukan cairan.
  5. Pantau tekanan freon pada AC mobil, pastikan jarum penunjuk pada manifold gauge tekanan rendah menunjukkan angka antara 21-29 psi, dan indikator pada tekanan tinggi menunjukkan angka antara 200-213 psi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa freon sudah mencukupi.
  6. Setelah selesai mengisi freon melalui metode tekanan rendah, periksa saluran AC untuk memastikan tidak ada kebocoran dengan leak detector.

Cara Mengisi Freon AC Mobil Tekanan Tinggi

Jika ini adalah kali pertama Anda mencoba mengisi freon AC mobil sendiri, penggunaan metode tekanan tinggi dianggap sebagai pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan penggunaan metode ini tidak akan membuat kompresor AC mobil untuk menekan komponen lain.

Berikut adalah langkah-langkah mengisi freon AC mobil sendiri melalui saluran tekanan tinggi yang dapat Anda ikuti:

  1. Mulailah dengan meningkatkan tekanan freon dengan memanaskan freon. Proses pemanasan freon sendiri dapat dilakukan menggunakan alat pengisian khusus yang disebut charging station.
  2. Setelah tekanan freon meningkat, pastikan mesin mobil dan AC dalam keadaan mati.
  3. Periksa apakah alat manifold gauge sudah terpasang, dan pastikan bahwa kran tekanan rendah dalam posisi tertutup sedangkan kran tekanan tinggi dalam posisi terbuka.
  4. Selanjutnya, tuangkan freon cair ke dalam sistem AC mobil dengan membalik tabung freon.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses pengisian freon selesai.

3 Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis

Freon AC mobil yang cepat habis dapat disebabkan oleh beberapa faktor utama yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasan secara lengkap mengenai penyebab freon AC mobil cepat habis:

1. Usia Pemakaian

Usia pemakaian mobil menjadi faktor kunci yang memengaruhi kecepatan habisnya freon dalam sistem AC. Mobil yang sering digunakan untuk perjalanan jauh atau penggunaan harian cenderung mengalami konsumsi freon yang lebih tinggi. Seiring berjalannya waktu, komponen-komponen AC mengalami aus dan bekerja lebih keras, menyebabkan freon lebih cepat habis.

2. Kompresor Terlalu Panas

Kondisi kompresor yang terlalu panas dapat menjadi penyebab signifikan dari kehilangan freon yang cepat. Penggunaan AC secara berlebihan atau kondisi kompresor yang bekerja di suhu yang tinggi dapat memicu penguapan freon dengan lebih cepat. 

Suhu yang tinggi pada kompresor dapat mengakibatkan tekanan tinggi dalam sistem AC, memaksa freon untuk menguap lebih cepat dan mengurangi jumlah freon yang tersedia.

3. Terjadi Kebocoran pada Pipa AC

Kebocoran pada pipa penghubung komponen sistem AC mobil juga menjadi penyebab umum habisnya freon. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk ausnya pipa akibat usia pemakaian atau kerusakan fisik. Kebocoran dapat menyebabkan freon bocor keluar dari sistem, mengurangi jumlah freon yang efektif dalam mendinginkan udara di dalam kabin mobil.

Apa Akibatnya Jika Terlambat Isi Freon?

Terlambat mengisi freon pada sistem AC mobil dapat menyebabkan sejumlah konsekuensi yang dapat memengaruhi kenyamanan berkendara dan performa AC. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai akibatnya jika terlambat mengisi freon:

1. Kinerja AC Menurun

Freon yang rendah dapat membuat AC bekerja lebih keras dan kurang efisien dalam mendinginkan udara di dalam kabin mobil. Kinerja AC yang menurun akan membuat pengendara dan penumpang merasa tidak nyaman terutama dalam kondisi cuaca panas.

2. Risiko Kerusakan pada Komponen AC

Terlambat mengisi freon dapat meningkatkan risiko kerusakan pada komponen-komponen AC, terutama kompresor. Kompresor yang bekerja tanpa cukup freon dapat mengalami overheating dan aus lebih cepat, menyebabkan potensi kerusakan yang serius.

3. Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar

AC yang bekerja dengan efisiensi rendah memerlukan lebih banyak energi, yang dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar mobil. Penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi bukan hanya akan meningkatkan biaya operasional, tetapi juga memberikan dampak negatif pada lingkungan.

Baca juga: Cara Menghitung Konsumsi BBM untuk Kendaraan Anda beserta Rumusnya

4. Pembekuan dan Kerusakan Sistem

Freon berfungsi sebagai zat pendingin yang mengatur suhu dalam sistem AC. Jika freon terlalu rendah, ada risiko pembekuan yang dapat merusak komponen-komponen penting dalam sistem. Kelebihan kelembaban dalam sistem AC juga dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada bagian-bagian logam.

5. Ketidaknyamanan selama Perjalanan

AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama perjalanan, terutama dalam cuaca panas. Suhu di dalam kabin yang tidak dapat diatur dengan baik akan membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang.

6. Kerusakan Mesin Lainnya

Overheating pada kompresor akibat freon yang rendah dapat memengaruhi kinerja mesin mobil secara keseluruhan. Kesalahan dalam pengisian freon juga dapat merusak komponen-komponen lain dalam sistem AC, seperti clutch magnet dan komponen lain yang terhubung.

7. Biaya Perbaikan yang Lebih Tinggi

Jika terjadi kerusakan serius pada sistem AC akibat terlambat mengisi freon, biaya perbaikan dapat menjadi lebih tinggi. Pemilik mobil mungkin perlu mengganti komponen yang rusak atau bahkan sistem AC secara keseluruhan, yang dapat menimbulkan biaya yang signifikan.

Dengan memahami cara mengisi freon AC mobil, penyebab kehabisan, dan konsekuensinya, pemilik mobil dapat mengambil langkah-langkah preventif untuk menjaga AC dalam kondisi optimal. 

Penting untuk mengikuti panduan pabrikan, melakukan perawatan rutin, dan mendapatkan bantuan profesional jika diperlukan agar sistem AC mobil tetap berfungsi dengan baik. Dengan demikian, kenyamanan selama perjalanan dapat dipertahankan, dan biaya perbaikan yang tidak perlu dapat dihindari.

Kendaraan yang menjalani perawatan dengan detail umumnya memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan tanpa hambatan. Perawatan yang akurat dapat meningkatkan performa kendaraan dan menciptakan kenyamanan selama perjalanan. Tentu saja, memiliki mobil yang selalu dalam kondisi optimal merupakan harapan setiap individu, bukan?

Namun, jika Anda berencana untuk menjual mobil pribadi Anda atau mencari mobil idaman, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti lelang mobil dari JBA Indonesia. Kami dapat membantu Anda dalam proses jual-beli mobil dengan cara yang transparan dan efisien.

Di sini, Anda bisa memilih beragam pilihan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dan khusus bagi Anda yang ingin menjual mobil Anda, JBA Indonesia menawarkan proses penitipan kendaraan dengan prosedur yang sudah tertera di website kami. Jadi, tunggu apa lagi? Temukan mobil idaman Anda hanya di lelang mobil JBA Indonesia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp