BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Pedoman Ganti Oli Gardan Pada Motor Matik dan Biayanya

News picture Pedoman Ganti Oli Gardan Pada Motor Matik dan Biayanya

JBA - Salah satu komponen penting pada motor matic yang harus selalu diperhatikan adalah oli gardan. Lalu kapankah waktunya oli gardan motor matic Anda perlu diganti?

Seperti diketahui, masing-masing pabrikan motor mempunyai ambang batas waktu pergantian oli gardan yang berbeda-beda tergantung tingkat pemakaian dari si pengguna tersebut. Selain itu, jika komponen ini diabaikan, maka akan terjadi efek negatif yang timbul pada sistem transmisi otomatisnya.

Baca Juga: Resmi Berhenti Jual Mobil Baru, Apa Kabar Mobil Chevrolet Bekas?

“Gejala yang timbul biasanya terdapat pada suara berisik yang berasal dari CVT ketika motor sedang digunakan. Jika dibiarkan, maka gigi rasio yang kurang pelumasan dapat terkikis dan aus,” ungkap Ahmad.

Mengganti oli gardan tidak sesering Anda mengganti oli mesin. Hal inilah yang membuat seringnya para pengguna motor matik yang lupa untuk menggantinya, bahkan melebihi dari batas waktu yang telah dianjurkan.

Salah satu Service Advisor AHASS yang berada di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, Ahmad Matin, seperti dilansir laman Otoseken.com mengatakan bahwa sebenarnya batas waktu pergantian oli gardan itu telah tercantum di dalam buku servis.

“Sebaiknya lihat buku servisnya, disitu tercantum jadwal penggantiannya. Untuk oli gardan sendiri biasanya setiap 8.000 km atau sekitar 8 bulan pemakaian, tergantung yang tercapai lebih dahulu,” ucap Ahmad.

Jadwal penggantian tersebut berlaku bagi pengguna motor harian namun dengan intensitas pemakaian yang wajar atau jarak tempuh normal. Akan tetapi, bagi pengguna motor yang menggunakannya dalam intensitas tinggi dan rutin seperti mengangkut barang atau penumpang, maka sangat direkomendasikan untuk melakukan penggantian komponen ini lebih cepat.

“Kalau kondisinya seperti ini, sebaiknya penggantian oli gardan tersebut dilakukan secara bersamaan dengan penggantian oli mesin,” terang Ahmad lagi.

Baca Juga: Cari Honda Jazz Bekas? Banderolnya Cukup Terjangkau Loh!

Harga Oli Gardan

Saat ini, harga oli gardan untuk masing-masing pabrikan berbeda-beda. Untuk Honda, dilansir laman resminya, membanderol per botolnya untuk ukuran 120 ml seharga Rp 13 hingga 15 ribu, tergantung dari tipenya. Namun, harga ini belum termasuk dengan biaya pemasangan atau jasa service mesin dan lain-lain.

Berikut ini adalah daftar harga oli gardan motor matik dari berbagai merek yang bisa Anda pilih, antara lain yaitu:

Nama Oli

Harga

Yamalube Gear Matic

Rp 16.000

AHM Honda

Rp 12.000

TOP 1 Action Matic

Rp 14.000

Pertamina Enduro Gear

Rp 19.000

Castrol Scooter Gear Oil

Rp 18.000

Faito Gear Oil 90W

Rp 41.000

STP Gear Oil Matic

Rp 19.000

VROOAM Scoot 75W-90

Rp 112.000

T.TRAAX Matic

Rp 15.000

Sumber: Otoflik.com