NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Wuling Formo Dirilis, Daihatsu Klaim Gran Max Bakal Baik-Baik Saja

News picture Wuling Formo Dirilis, Daihatsu Klaim Gran Max Bakal Baik-Baik Saja

JBA - Peluncuran Formo oleh Wuling Motors sepertinya turut diperhatikan oleh kompetitornya, yaitu Daihatsu. Meskipun mempunyai harga jual yang terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan Gran Max, Daihatsu justru menganggap kedatangan Formo tidak akan mempengaruhi penjualan unggulan mereka tersebut.

Seperti diketahui, Wuling menawarkan Formo mulai dari harga Rp135,8 juta hingga Rp 136,8 juta. Sedangkan untuk kompetitornya, Gran Max dijual mulai dari harga Rp155,375 juta hingga Rp188,775 juta.

Baca Juga: Jaga Kepercayaan Konsumen, Mitsubishi Service Caravan Digelar

Melihat kondisi tersebut, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengungkapkan jika peluncuran Formo bukanlah masalah yang berarti bagi penjualan Gran Max karena memang kendaraan mereka telah terbukti kualitasnya.

“Bagi kami tidak masalah. Konsumen berhak kok untuk memilih mana yang cocok bagi mereka. Tapi kami PD (percaya diri) karena Gran Max itu punya kapasitas yang lebih besar namun kualitasnya telah terbukti,” ucap Amel, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Untuk semakin meyakinkan para konsumen terhadap kualitas Gran Max, Amelia pun menjabarkan beberapa keunggulan produk kendaraan niaga milik mereka tersebut yang memang sengaja dibuat sebagai kendaraan niaga untuk pasar otomotif Indonesia, bukan kendaraan penumpang yang ‘disulap’ sebagai kendaraan niaga.

“Sepengetahuan saya, Formo itu basisnya MPV (Multi Purpose Vehicle) dan dibuat seperti itu (kendaraan komersial). Sedangkan kami murni sebagai kendaraan komersial. Jadi tentunya mobil kami telah disesuaikan sedemikian rupa dengan kondisi customer serta jalan. Selain itu, kendaraan kami juga paling irit, lincah di tanjakan dan dipercaya hingga ke Jepang,” terang Amelia lagi.

Amelia juga menuturkan jika saat ini rata-rata penjualan Gran Max selama satu bulan berjumlah sekitar 1.500 unit dan itu belum termasuk dengan varian pikap Gran Max.

“Untuk saat ini, rata-rata kami menjual 4.000-an unit hanya untuk pikap saja dan 1.500-an untuk varian minibusnya,” ucap Amelia.

Perbedaan Gran Max dan Formo

Antara Gran Max dan Formo mempunyai perbedaan yang cukup mencolok pada beberapa bagian, seperti dimensi dan mesin.

Dimensi

Dimensi Formo dan Gran Max mempunyai perbedaan yang cukup berbeda, dimana Gran Max mempunyai dimensi panjang 4.045 mm, lebar 1.665 mm dan tinggi 1.900 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm dan ground clearance sebesar 165 mm.

Baca Juga: Nissan Filipina Perkenalkan Juke Nismo Terbaru, Begini Tampilannya

Sedangkan untuk Wuling Formo, mempunyai dimensi yang sama dengan Confero dengan panjang 4.493 mm, lebar 1.691 mm dan tinggi 1.715 mm serta wheelbase sebesar 2.720 mm.

Mesin

Gran Max mempunyai dua pilihan mesin yang berbeda, yaitu 1.298 cc dengan tenaga sebesar 86,7 tenaga kuda pada kecepatan RPM 6.000 dan torsi sebesar 114,7 nm. Sementara untuk mesin berkapasitas 1.495 cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 95,6 tenaga kuda pada kecepatan 6.000 RPM dengan torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 134,3 nm pada kecepatan 4.400 RPM.

Sedangkan untuk Formo hanya dibekali dengan satu pilihan mesin bensin Euro 4 dengan kapasitas 1.206 cc dengan empat silinder bertenaga 77 tenaga kuda pada kecepatan 5.600 RPM dengan torsi maksimla sebesar 110 Nm mulai kecepatan 3.600 sampai 4.000 RPM.