4 Tips Mengetahui Kerusakan AC Mobil dan Solusinya

News picture 4 Tips Mengetahui Kerusakan AC Mobil dan Solusinya
date_range 2018-05-30
schedule 15:46:37
4 Tips Mengetahui Kerusakan AC Mobil dan Solusinya

JBA Indonesia - Air Conditioning atau yang biasa disingkat AC merupakan salah satu komponen mobil yang mempunyai peranan penting dalam menentukan kenyamanan berkendara Anda, terutama bagi Anda yang terbiasa berkendara di siang hari dan seringkali terjebak kemacetan.

Namun sayangnya banyak orang yang masih kurang peka dengan tanda-tanda bahwa AC mobil mereka sedang bermasalah. Padahal, cara terbaik untuk mencegah kerusakan AC mobil yang lebih parah adalah dengan melakukan deteksi dini. Dengan melakukan pendeteksian dini, kerusakan pun akan membuat ongkos service jauh menjadi lebih ringan ketimbang ketika AC telah mengalami kerusakan yang parah.

Baca juga: Cara Mengisi Freon AC Mobil dengan Tepat

Tips Mengetahui Kerusakan AC Mobil

1. AC Terasa Kurang Dingin

Sebenarnya untuk mendeteksi AC mobil bermasalah sangatlah mudah, karena fungsi AC adalah menjaga agar suhu dalam kabin tetap dalam kondisi dingin. Maka, salah satu cara mendeteksi kerusakannya adalah AC terasa kurang dingin meskipun telah dipaksa bekerja di titik maksimal.

Untuk memastikan apakah AC mobil Anda bermasalah adalah dengan melakukan pengecekan terhadap filter AC yang biasanya diletakkan di balik dashboard mobil dan tersembunyi. Filter AC sendiri berfungsi untuk menyaring debu dari karpet dan udara, di mana nantinya akan dihisap menuju blower AC.

Jika filter sudah terlihat kotor, maka segera bersihkan dengan cara mencucinya. Namun, jangan lupa untuk menggunakan sikat lembut agar filter tidak terluka ketika dibersihkan. Jika usia filter AC mobil Anda telah lebih dari 500 Km, maka sebaiknya filter tersebut diganti dengan yang baru.

Jika filter AC sudah dalam keadaan bersih namun suhu udara masih sulit mencapai titik dingin biasanya, maka sebaiknya Anda cek kondensor AC. Komponen ini pada umumnya terletak di bagian depan mobil. Jika kondensor terlihat kotor, maka segeralah dibersihkan. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek bagian sirip kondensornya, jangan sampai tertekuk apalagi sampai bocor atau patah.

Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet dan Tidak Soak

2. Keluarnya Asap Putih dari Lubang AC

Selain suhu yang tidak dingin, ternyata kerusakan AC mobil juga dapat diketahui dari keluarnya asap putih yang berasal dari lubang atau kisi-kisi AC. Hal ini biasanya terjadi karena evaporator AC mengalami pembekuan akibat thermostat AC yang sudah rusak.

Solusinya adalah membersihkan evaporator AC. Namun, agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya dalam membersihkannya dilakukan di bengkel spesialis AC mobil atau di bengkel resmi merek mobil yang Anda gunakan. Jika terpaksa harus melakukan pergantian komponen, maka sebaiknya Anda memilih komponen yang original sehingga tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

3. Periksa Kipas Utama dan Kipas Ekstra

Periksa kipas utama dan kipas ekstra mesin. Jika keduanya beroperasi, itu menandakan bahwa sistem AC masih berfungsi dengan baik. Namun, jika keduanya tidak berfungsi, segera lakukan perbaikan karena beberapa komponen AC mobil, seperti radiator, memerlukan pendinginan. Untuk kendaraan yang memiliki kipas yang terhubung ke puli, pastikan bahwa kipas masih berfungsi dengan baik. Jika sudah beralih ke tipe visko, disarankan untuk memeriksa viskositas oli dalam kipas untuk memastikan performanya.

4. Periksa Kebocoran di Selang AC

Terkadang, kebocoran dalam sistem AC tidak terdeteksi sampai pelumasnya habis, yang kemudian menyebabkan kompresor AC menjadi macet. Jika situasi ini terjadi, cukup periksa setiap sambungan selang AC dan perhatikan apakah terdapat tanda-tanda noda oli. Jika sambungan masih dalam kondisi baik, kemungkinan besar tidak akan ada noda oli yang terlihat.

Mengetahui tanda-tanda AC mobil yang rusak tentu membantu Anda dalam mengambil langkah perbaikan. AC mobil yang berfungsi dengan baik tentu membuat Anda beserta penumpang lainnya merasa nyaman. Jika Anda memerlukan mobil bekas berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di lelang mobil JBA Indonesia. Tata cara lelangnya pun mudah, dan bisa Anda pelajari dengan cepat.

Namun, jika Anda ingin menjual kendaraan bekas Anda yang masih berkualitas, Anda juga bisa melakukan titip jual. Dengan JBA Indonesia, Anda bisa mewujudkan impian Anda untuk membeli kendaraan berkualitas, atau menjual kendaraan Anda dengan aman!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp