5 Penyebab Bensin Sepeda Motor Boros

News picture 5 Penyebab Bensin Sepeda Motor Boros
date_range 2024-04-16
schedule 09:00:39
5 Penyebab Bensin Sepeda Motor Boros

Tahukah Anda apa saja penyebab bensin sepeda motor boros? Umumnya masalah ini terjadi akibat kelalaian pemilik kendaraan yang jarang melakukan servis. Padahal sudah seharusnya setiap kendaraan dibawa ke bengkel untuk diservis sehingga komponen-komponennya dapat bekerja maksimal. 

Namun ada kemungkinan juga masalah ini terjadi karena ketidaktahuan pemilik kendaraan. Itu sebabnya para pemilik kendaraan perlu memahami bagaimana cara merawat kendaraan mereka dengan baik. Kali ini JBA Indonesia sudah menyiapkan informasi yang lengkap mengenai berbagai penyebab bensin sepeda motor boros dan bagaimana cara mengatasinya dengan baik. 

Pastikan Anda memahaminya dengan saksama sehingga sepeda motor bisa digunakan dengan maksimal untuk menemani aktivitas sehari-hari. 

Apa Saja Penyebab Bensin Sepeda Motor Boros?

Menghadapi masalah borosnya konsumsi bahan bakar pada sepeda motor bisa menjadi pengalaman yang menyebalkan dan memengaruhi efisiensi perjalanan Anda. Namun dengan memahami penyebab-penyebab di balik masalah ini, Anda jadi dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor kita.

1. Pengaturan Karburator yang Tidak Tepat

Salah satu penyebab umum borosnya konsumsi bahan bakar pada sepeda motor ialah pengaturan karburator yang tidak tepat. Jika karburator tidak diatur dengan benar, campuran udara dan bahan bakar dalam mesin dapat menjadi tidak optimal sehingga menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar daripada yang seharusnya.

2. Sistem Pembakaran yang Tidak Efisien

Masalah pada sistem pembakaran, seperti busi yang aus atau terlalu banyak deposit karbon, dapat mengurangi efisiensi pembakaran bahan bakar dalam mesin. Ketika pembakaran tidak sempurna maka bahan bakar akan terbuang dengan sia-sia dan menyebabkan borosnya konsumsi bahan bakar.

3. Ban Kempis atau Tidak Sesuai Tekanan

Ban yang kempis atau tidak memiliki tekanan udara yang sesuai bahkan juga dapat meningkatkan gesekan dengan permukaan jalan sehingga membuat mesin bekerja lebih keras. Alhasil kebutuhan bahan bakar agar kendaraan bisa melaju juga menjadi lebih banyak. 

4. Penggunaan Oli yang Tidak Tepat

Meski terlihat sederhana, penggunaan oli yang tidak tepat dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi kurang efisien. Itu sebabnya perhatikan kebutuhan sepeda motor yang Anda miliki. Umumnya motor matic dan manual memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga ada baiknya Anda mencari tahu spesifikasi yang tepat. 

5. Sepeda Motor Tidak Pernah Dibersihkan

Kemudian sepeda motor yang tidak pernah dibersihkan juga dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang boros. Kotoran yang menumpuk pada komponen dapat menurunkan kinerja mesin sehingga pekerjaan menjadi lebih keras dari yang seharusnya. Contohnya seperti filter udara yang sangat kotor sehingga menyebabkan udara bersih sulit untuk masuk ke dalam mesin. 

5 Tips Praktis untuk Mengatasi Konsumsi Bahan Bakar yang Boros

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum borosnya konsumsi bahan bakar pada sepeda motor, sekarang saatnya untuk melangkah lebih jauh dan mencari solusi yang efektif. JBA Indonesia punya beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah BBM yang boros. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Perawatan Berkala

Melakukan perawatan rutin pada sepeda motor Anda merupakan langkah pertama yang penting dalam mengatasi masalah konsumsi bahan bakar yang boros. Pastikan Anda membawa motor ke bengkel agar teknisi dapat memeriksa mesin secara teratur, termasuk melakukan pembersihan komponen-komponen yang sudah kotor.

2. Pemilihan BBM yang Berkualitas

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan spesifikasi mesin sepeda motor Anda dapat membantu meningkatkan efisiensi pembakaran. Oleh karena itu jangan sembarangan memilih BBM hanya karena harganya murah atau memiliki diskon potongan yang menguntungkan. Pastikan Anda menggunakan BBM sesuai spesifikasi agar tidak boros serta kinerja mesin motor jadi meningkat. 

3. Pengaturan Tekanan Ban yang Tepat

Bukan hanya servis mesin yang harus dilakukan secara berkala, tetapi tekanan angin pada ban juga perlu diperiksa setiap kali ingin digunakan. Jangan remehkan tekanan angin pada ban motor karena ketidaksesuaiannya dapat menyebabkan pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman.

4. Perubahan Gaya Berkendara

Hindari gaya berkendara yang agresif serta ugal-ugalan di jalanan. Selain hanya membuat penggunaan BBM yang boros, tindakan seperti ini akan membahayakan Anda serta pengguna jalan lainnya. Lebih baik Anda berkendara dengan mematuhi aturan lalu lintas dan tata tertib yang berlaku.

5. Penggunaan Oli yang Sesuai

Pastikan juga untuk menggunakan oli mesin yang sesuai spesifikasi dan rekomendasi produsen sepeda motor Anda. Oli yang tepat dapat membantu menjaga kinerja mesin yang optimal dan mengurangi gesekan internal yang dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar.

Dalam menangani masalah borosnya konsumsi bahan bakar pada sepeda motor, sangat penting untuk memahami penyebab-penyebab yang mendasarinya. Sekarang setelah mengetahui semua penyebab bensin sepeda motor boros, Anda pasti dapat lebih mengoptimalkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. 

20240423142547coverZ3Wqv9rq.webp

Namun jika Anda merasa bahwa kendaraan sudah tidak lagi memenuhi kebutuhan mobilitas, coba pertimbangkan untuk menitipkannya untuk dilelang di JBA Indonesia. Melalui lelang kendaraan di JBA Indonesia, Anda dapat dengan mudah menjual kendaraan kepada pembeli potensial. 

Tunggu apa lagi? Cari tahu semua syarat yang dibutuhkan untuk jual kendaraan melalui lelang dengan mengunjungi JBA Indonesia sekarang juga!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp