5 Komponen Motor Tidak Boleh Terkena Air yang Wajib Diketahui

News picture 5 Komponen Motor Tidak Boleh Terkena Air yang Wajib Diketahui
date_range 2023-04-28
schedule 15:15:19
5 Komponen Motor Tidak Boleh Terkena Air yang Wajib Diketahui

JBA Indonesia – Mencuci kendaraan adalah cara merawat motor yang paling mudah. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga perfoma dan tampilan motor tetap stylish. Nah, tahukah kamu bahwa terdapat bagian-bagian motor yang justru tidak boleh terkena air loh! Karena dapat menimbulkan risiko pada kemampuan dan kenyamanan kendaraan dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga: Jenis Rangka Motor yang Perlu Diketahui

5 Komponen Sepeda Motor Tidak Boleh Kena Air

Berikut bagian motor yang perlu terhindar dari air saat mencucinya:

1. Aki

Komponen motor satu ini merupakan komponen yang berhubungan dengan listrik sehingga akan sangat berbahaya apabila terpapar air. Untuk menghindari korsleting, pengendara cukup membersihkannya dengan cara mengelap secara perlahan tanpa menyemprotkan air di sekitar aki.

Sebagai informasi tambahan, sudah ada motor matic dengan brand tertentu yang lokasi akinya aman dari siraman air. Namun, terdapat pula motor yang akinya mudah terkena air, seperti motor sport dan motor bebek.

Baca juga: Cara Merawat Aki Motor Agar Awet dan Tahan Lama

2. Busi

Busi motor merupakan bagian yang tertutup namun kita tidak bisa tutup mata saat membersihkan bagian ini, sobat! Hal ini disebabkan busi masih berpotensi untuk terkontaminasi air ketika Anda mencuci motor. Hindari bagian ini dari air agar busi dapat bekerja maksimal dan tidak menimbulkan risiko kerusakan atau motor mati. Apabila busi terkontaminasi air dalam jumlah banyak, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

3. Karburator

Komponen ini menjadi bagian penting pada motor sebagai pengatur RPM dan pencampur udara serta bahan bakar. Jika karburator terkena air, risiko terburuknya, motor akan menjadi mogok atau motor yang sulit untuk dinyalakan. Hal ini disebabkan karena proses pencampuran udara ke ruang bakar akan terhambat, sehingga proses pembakaran tidak akan optimal. Maka dari itu, pengendara perlu berhati-hati saat mencuci motor.

4. Bagasi Motor

Letaknya yang berada di dalam motor serta dekat dengan tangki bahan bakar, membuat bagasi dianjurkan untuk tidak terkena air. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko terganggunya kinerja pembakaran dan bensin yang terkontaminasi air dan mampu menyebabkan motor bermasalah.

5. Kabel Kelistrikan

Sama dengan aki, kabel kelistrikan tentunya tidak boleh kena air saat cuci motor. Oleh karena itu, komponen ini terletak di bagian yang cukup dalam, dan dilapisi oleh kabel pembungkus tebal. Karena jika tidak dilapisi, maka ditakutkan terjadi korsleting listrik akibat air yang masuk.

Jadi,  sekarang sudah tahu nih cara merawat bagian motor Anda supaya tetap aman dan nyaman saat berkendara kan? Sebenarnya, kelima komponen tersebut umumnya tidak akan mengalami masalah jika air yang masuk hanya sedikit. Tetapi, jika kapasitas air yang masuk tergolong banyak, maka motor Anda akan mengalami masalah karena kinerja dari kelima komponen tersebut akan terganggu. Sehingga, pastikan untuk selalu berhati-hati ketika mencuci motor secara mandiri.

Untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan nyaman, Anda tidak hanya harus menjaga komponen motor agar bekerja dengan baik, tetapi Anda juga harus memilih motor yang tepat. Jika Anda sedang mencari motor bekas dengan harga kompetitif, Anda bisa ikut lelang motor bekas di JBA Indonesia. Di dalamnya terdapat banyak pilihan motor yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Tenang saja, JBA Indonesia adalah platform lelang yang terdaftar resmi dan diawasi oleh Kementerian Keuangan. JBA Indonesia menyediakan ruang lelang nyaman, dan ada transparansi dalam jual-beli di JBA Indonesia. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja kunjungi JBA Indonesia dan temukan motor terbaik kesayangan Anda dengan harga yang kompetitif sekarang juga!

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp