8 Jenis Rangka Motor yang Perlu Diketahui

News picture 8 Jenis Rangka Motor yang Perlu Diketahui
date_range 2023-12-20
schedule 20:37:16
8 Jenis Rangka Motor yang Perlu Diketahui

Pentingnya pemahaman terhadap berbagai jenis rangka motor menjadi kunci bagi Anda para pengguna sepeda motor. Rangka motor tidak hanya berfungsi sebagai struktur utama yang menopang berat kendaraan, tetapi juga memainkan peran penting dalam kinerja dan karakteristik berkendara. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang jenis-jenis rangka motor menjadi kunci bagi Anda untuk meningkatkan pengalaman berkendara mereka.

Terdapat beragam jenis rangka motor yang berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik tertentu. Dalam artikel ini, JBA Indonesia akan membahas secara mendalam tentang lima jenis rangka motor yang perlu diketahui oleh Anda para penggemar otomotif.  Mari kita simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Keuntungan Beli Motor Bekas yang Perlu Dipahami

Apa Itu Rangka Motor?

Rangka motor merupakan kerangka utama yang membentuk struktur dasar dari sebuah sepeda motor. Fungsi utamanya adalah menopang komponen-komponen mesin, transmisi, suspensi, serta menyediakan struktur yang kuat untuk mendukung berat keseluruhan kendaraan. Rangka motor tidak hanya sekadar bingkai mekanis, melainkan juga memiliki peran krusial dalam menentukan karakteristik berkendara, kestabilan sepeda motor.

Secara umum, rangka motor dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti rangka diamond, rangka berlian, rangka trellis, rangka backbone, dan rangka perimeter. Setiap jenis rangka memiliki desain dan konstruksi yang unik, memengaruhi tata letak komponen dan distribusi berat kendaraan. Pemahaman yang baik terhadap fungsi dan variasi jenis rangka motor menjadi kunci dalam memilih sepeda motor yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

8 Jenis Rangka Motor yang Perlu Diketahui

Sebelum memasuki pembahasan mendalam tentang berbagai jenis rangka motor, penting untuk memahami bahwa desain rangka memainkan peran kunci dalam pengalaman berkendara setiap sepeda motor. Berikut ini beberapa jenis rangka motor yang perlu Anda ketahui

1. Rangka Diamond

Rangka motor diamond adalah salah satu jenis rangka motor yang memiliki desain menyerupai bentuk berlian. Struktur ini umumnya digunakan pada sepeda motor sport dan bebek. Keunggulan utama rangka diamond terletak pada keseimbangan antara kekakuan dan fleksibilitas. Desain ini memberikan pengendara pengalaman berkendara yang stabil dan responsif di berbagai kondisi jalan.

Rangka diamond biasanya terdiri dari dua balok utama yang bertemu di bagian depan dan belakang motor, membentuk pola segitiga atau berlian. Desain ini memberikan kestabilan yang baik saat bermanuver, serta memberikan dukungan struktural yang cukup untuk menahan tekanan dari mesin dan komponen lainnya. 

2. Rangka Underbone

Desain yang ringkas dan simpel membuatnya sangat cocok untuk kendaraan dengan ukuran kecil hingga menengah. Rangka underbone mendapatkan namanya dari strukturnya yang menempel pada bagian bawah mesin, yang mencakup sebagian besar area di bawah tangki bahan bakar dan tempat duduk pengendara.

Rangka underbone cocok untuk pengendara sehari-hari yang mencari kenyamanan dan kemudahan dalam manuver di jalanan perkotaan yang padat. Rangka ini sering diandalkan untuk meningkatkan kelincahan kendaraan, membuatnya menjadi pilihan populer di pasar sepeda motor di berbagai negara. 

3. Rangka Trellis

Rangka trellis adalah jenis rangka motor yang terkenal karena konstruksi anyamannya yang terbuat dari pipa logam yang membentuk jaring-jaring. Desain rangka motor yang khas memberikan tampilan yang unik dan menarik pada sepeda motor. Rangka trellis umumnya digunakan pada sepeda motor sport dan naked bike, menonjolkan aspek estetika seiring dengan performa tinggi.

4. Rangka Backbone

Desain utamanya terdiri dari satu balok utama yang membentang dari bagian depan hingga belakang sepeda motor, menopang mesin dan komponen utama lainnya. Keunggulan rangka backbone terletak pada kemudahan konstruksi dan efisiensi biaya. 

Desain yang minimalis membuatnya menjadi pilihan yang praktis untuk sepeda motor dengan ukuran kecil hingga menengah. Meskipun sederhana, rangka ini mampu memberikan kestabilan yang baik saat berkendara di jalan raya perkotaan.

5. Double Cradle

Rangka ini biasanya digunakan pada sepeda motor cruiser dan beberapa sepeda motor touring. Desain dari rangka motor ini memberikan kestabilan yang baik dan kenyamanan bagi pengendara yang menempuh perjalanan jarak jauh. Dua balok utama yang membentuk rangka ini memberikan dukungan yang kuat untuk mesin dan komponen lainnya sehingga cocok untuk sepeda motor dengan bobot yang lebih berat. 

6. Perimeter

Rangka motor perimeter, atau sering disebut sebagai rangka perimeter frame, adalah jenis rangka motor yang memiliki struktur berbentuk cincin atau lingkaran di sekitar area mesin. Rangka perimeter memberikan kekakuan yang tinggi dan presisi dalam penanganan, membuatnya menjadi pilihan favorit di lintasan balap dan jalan raya yang berliku.

7. Twin Spar

Jenis rangka motor selanjutnya adalah twin spar. Rangka twin spar memiliki bentuk yang mirip dengan huruf "I" dan terdiri dari dua balok utama yang membentuk rangka. Rangka twin spar memiliki kelebihan dalam hal kekuatan dan kestabilan, sehingga cocok digunakan untuk sepeda motor sport. Namun, rangka twin spar cenderung lebih berat dibandingkan dengan jenis rangka lainnya.

8. Single Spar

Jenis rangka motor terakhir yang perlu diketahui adalah single spar. Rangka single spar memiliki bentuk yang mirip dengan huruf "V" dan terdiri dari satu balok utama yang membentuk rangka. Rangka single spar memiliki kelebihan dalam hal ringan dan fleksibel sehingga cocok digunakan untuk sepeda motor yang ingin memiliki handling yang baik. Namun, rangka single spar cenderung kurang kuat dibandingkan dengan jenis rangka lainnya.

Baca juga: Ciri Oli Gardan Motor Matic Habis

Itulah 8 jenis rangka motor yang perlu diketahui. Setiap jenis rangka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga pemilihan jenis rangka harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengendara.

Jika Anda tengah mencari sepeda motor dengan harga terjangkau, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi lelang motor dari JBA Indonesia. JBA Indonesia tidak hanya menawarkan sepeda motor bekas, tetapi juga memberikan keunggulan melalui dokumentasi histori kendaraan yang lengkap. Jika Anda tertarik ikuti lelang motor dari JBA Indonesia yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Jumat.

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp