BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Mau Beli Headlamp Model LED? Sebaiknya Perhatikan 3 Hal Ini

News picture Mau Beli Headlamp Model LED? Sebaiknya Perhatikan 3 Hal Ini

JBA - Peran dan fungsi lampu atau headlamp sangatlah penting bagi kendaraan. Selain sebagai penerangan ketika berkendara, lampu juga berfungsi sebagai tanda isyarat untuk pengguna jalan lainnya.

Headlamp sendiri telah banyak mengalami perkembangan. Saat ini, headlamp terbagi menjadi tiga model, yaitu Halogen, HID (High Intensity Discharge), dan LED (Light-Emitting Diode). Di antara ketiganya, lampu LED merupakan model yang paling banyak digunakan.

Baca Juga: Yamaha NMAX Bekas Anda Tenaganya Loyo? Ini Penyebabnya

Selain hemat energi dan ramah lingkungan, LED headlamps juga mempunyai usia pakai yang terbilang cukup panjang dibandingkan model lainnya. Selain itu, lampu model ini juga dikenal tahan guncangan, mempunyai waktu respon yang cepat, serta menghasilkan pencahayaan dengan sinar yang sangat baik.

Meski begitu, di antara banyak model lampu jenis LED yang beredar di pasaran, ternyata tidak semuanya memenuhi standar headlamp. Berikut ini adalah tiga tips yang perlu Anda perhatikan saat memilih dan mengaplikasikan lampu jenis ini pada mobil Anda, antara lain yaitu:

1. Jangan abaikan faktor garansi dan aftersales

Salah satu faktor yang tidak boleh Anda abaikan adalah garansi dan jaringan aftersales service dari produk headlamp LED yang Anda pilih. “Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengaplikasikan headlamp LED. Salah satunya adalah mengenai sejarah dari brand lampu LED itu sendiri. Alasannya karena antara garansi dengan pelayanan aftersales service yang diberikan berkaitan,” terang pemilik dealer penjual aksesori mobil di wilayah Tangerang, Wihong Jackson, seperti dilansir laman Otodriver.

Aftersales service merupakan salah satu bentuk jaminan jika terdapat kesalahan produk yang diakibatkan bukan karena pemakaiannya, melainkan karena adanya kesalahan instalasi sehingga konsumen dapat kembali untuk menukarkan produk yang telah dibeli atau dipasang. Selain itu, mintalah jaminan kepada aftersales service lainnya jika pencahayaan lampu LED yang Anda beli tidak fokus.

2. Jangan tergiur dengan harga murah

Jika ada sales yang menawarkan kepada Anda lampu LED dengan harga murah, sebaiknya Anda berhati-hati. Menurut Jack, harga yang murah jangan sampai membuat Anda mengabaikan kualitas produknya. “Faktor kualitas produk sebaiknya menjadi nomor satu, setelah itu kesesuaian dengan peraturan mengenai lampu serta pemasangan dilakukan oleh workshop dengan reputasi baik,” ucap Jack lagi.

3. Jangan melakukan pemasangan asal jadi

Baca Juga: Mau Beli Yamaha NMAX Bekas? Sebaiknya Cek Komponen Ini

Langkah terakhir adalah jangan asal-asalan dalam melakukan pemasangan headlamp model LED. Sebaiknya pemasangan headlamp diserahkan oleh workshop yang berkompeten dan mempunyai reputasi yang cukup baik.

“Meskipun dalam mengaplikasikan lampu LED dilakukan secara plug and play, namun pemasangan sebaiknya dilakukan dengan benar agar cahaya yang dipancarkan dapat fokus dan berfungsi dengan maksimal saat menerangi jalan ketika berkendara,” terang Jack.

Saat proses instalasi, Jack menyarankan agar pengendara membaca manual book atau petunjuk pemasangan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu, pastikan agar kabel LED tidak berdekatan dengan sumber panas.