Tips Membeli Headlamp Model LED yang Wajib Dipahami!

News picture Tips Membeli Headlamp Model LED yang Wajib Dipahami!
date_range 2024-05-25
schedule 09:24:36
Tips Membeli Headlamp Model LED yang Wajib Dipahami!

Peran dan fungsi lampu atau headlamp sangatlah penting bagi kendaraan. Selain sebagai penerangan ketika berkendara, lampu juga berfungsi sebagai tanda isyarat untuk pengguna jalan lainnya.

Headlamp sendiri telah banyak mengalami perkembangan. Saat ini, headlamp terbagi menjadi tiga model, yaitu Halogen, HID (High Intensity Discharge), dan LED (Light-Emitting Diode). Di antara ketiganya, lampu LED merupakan model yang paling banyak digunakan.

Selain hemat energi dan ramah lingkungan, LED headlamps juga mempunyai usia pakai yang terbilang cukup panjang dibandingkan model lainnya. Selain itu, lampu model ini juga dikenal tahan guncangan, mempunyai waktu respons yang cepat, serta menghasilkan pencahayaan dengan sinar yang sangat baik.

Meski begitu, di antara banyak model lampu jenis LED yang beredar di pasaran, ternyata tidak semuanya memenuhi standar headlamp. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat memilih dan mengaplikasikan lampu jenis ini pada mobil Anda.

Baca juga: Perbedaan FWD dan RWD yang Perlu Diketahui

Tips Membeli Headlamp Model LED

1. Jangan Abaikan Faktor Garansi dan Aftersales

Salah satu faktor yang tidak boleh Anda abaikan adalah garansi dan jaringan aftersales service dari produk headlamp LED yang Anda pilih. “Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengaplikasikan headlamp LED. Salah satunya adalah mengenai sejarah dari brand lampu LED itu sendiri. Alasannya karena antara garansi dengan pelayanan aftersales service yang diberikan berkaitan,” terang pemilik dealer penjual aksesori mobil di wilayah Tangerang, Wihong Jackson, seperti dilansir laman Otodriver.

Aftersales service merupakan salah satu bentuk jaminan jika terdapat kesalahan produk yang diakibatkan bukan karena pemakaiannya, melainkan karena adanya kesalahan instalasi sehingga konsumen dapat kembali untuk menukarkan produk yang telah dibeli atau dipasang. Selain itu, mintalah jaminan kepada aftersales service lainnya jika pencahayaan lampu LED yang Anda beli tidak fokus.

2. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Jika ada sales yang menawarkan kepada Anda lampu LED dengan harga murah, sebaiknya Anda berhati-hati. Menurut Jack, harga yang murah jangan sampai membuat Anda mengabaikan kualitas produknya. “Faktor kualitas produk sebaiknya menjadi nomor satu, setelah itu kesesuaian dengan peraturan mengenai lampu serta pemasangan dilakukan oleh workshop dengan reputasi baik,” ucap Jack lagi.

3. Jangan Melakukan Pemasangan Asal Jadi

Langkah terakhir adalah jangan asal-asalan dalam melakukan pemasangan headlamp model LED. Sebaiknya pemasangan headlamp diserahkan oleh workshop yang berkompeten dan mempunyai reputasi yang cukup baik.

“Meskipun dalam mengaplikasikan lampu LED dilakukan secara plug and play, namun pemasangan sebaiknya dilakukan dengan benar agar cahaya yang dipancarkan dapat fokus dan berfungsi dengan maksimal saat menerangi jalan ketika berkendara,” terang Jack.

Saat proses instalasi, Jack menyarankan agar pengendara membaca manual book atau petunjuk pemasangan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan. Selain itu, pastikan agar kabel LED tidak berdekatan dengan sumber panas.

4. Pilihlah Lampu LED dengan Distribusi Cahaya yang Terfokus

Ketika Anda memilih lampu LED untuk mobil Anda, faktor yang perlu diperhatikan adalah distribusi cahayanya. Sebaiknya pilih lampu yang mampu menyajikan cahaya dengan distribusi yang terfokus, tidak terlalu menyebarkan cahaya secara luas. Hal ini akan sangat mendukung kenyamanan Anda saat berkendara, terutama di malam hari atau melalui jalanan yang gelap.

Lampu LED yang memiliki distribusi cahaya yang terfokus dapat memberikan penerangan dengan jangkauan yang lebih jauh ke depan. Di sisi lain, lampu yang menyebar cahaya biasanya memiliki jarak sorot yang lebih pendek dan cahayanya kurang terang karena tersebar. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih lampu yang mampu memberikan cahaya fokus dan dilengkapi dengan bracket untuk menahan goncangan selama perjalanan.

Baca juga: Penyebab Setir Mobil Tidak Lurus, Wajib Cek!

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

Jika Anda sedang mencari mobil bekas untuk keperluan transportasi, Anda dapat mengikuti lelang mobil bekas dari JBA Indonesia. Melalui lelang tersebut, Anda dapat menemukan berbagai pilihan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, Anda juga bisa menitipkan kendaraan Anda dan melelangkannya di JBA Indonesia. Pastikan mobil Anda dalam kondisi baik dan semua komponennya berfungsi dengan sempurna. Jangan lupa memastikan kelengkapan dokumen kendaraan agar proses lelang berjalan lancar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang lelang, silakan kunjungi JBA Indonesia sekarang juga!

Artikel Terkait

date_range 2024-07-24
schedule 16:34:43
JADWAL LELANG BULAN AGUSTUS 2024

JAKARTA RAYAJAKARTA...

Baca Selengkapnya
date_range 2024-07-22
schedule 09:45:33
7 Perbedaan Brio Satya dan RS yang Perlu Anda Pahami

Dalam dunia otomotif, Honda...

Baca Selengkapnya
date_range 2024-07-22
schedule 09:29:09
7 Perbedaan SUV dan Crossover yang Perlu Anda Ketahui

Kendaraan roda empat selalu...

Baca Selengkapnya
News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp