5 Masalah Speedometer Motor yang Sering Terjadi

News picture 5 Masalah Speedometer Motor yang Sering Terjadi
date_range 2023-01-27
schedule 10:43:33
5 Masalah Speedometer Motor yang Sering Terjadi

Panel speedometer merupakan bagian penting dari sepeda motor, karena speedometer menampilkan berbagai macam informasi, seperti indikator kecepatan, odometer, tachometer, fuel meter, gear indicator. Bukan hanya itu, speedometer juga saat ini berkembang cukup cepat dengan menampilkan beberapa informasi, seperti jam digital, dan memberikan informasi peringatan kapan harus mengganti oli atau oli change indicator. Untuk itu, speedometer sangat dibutuhkan untuk kita yang sering melakukan perjalanan sehari-hari menggunakan sepeda motor. Nah berikut ini tip untuk mengetahui masalah yang terjadi pada speedometer yang ada di kendaraan kamu.

Baca juga: Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar dengan Mudah dan Efektif

Masalah Speedometer Motor yang Sering Terjadi

1. Panel Speedometer Mengembun

Tampilan panel speedometer terhalang karena terdapat uap air atau embun yang menempel di bagian atas mika penutup. Biasanya,  terjadi ketika sepeda motor habis dicuci atau juga ketika berkendara saat hujan. Penyebabnya, kemungkinan karena ada celah antara mika penutup, atau bisa juga terdapat retakan sehingga panas dari mesin menyebabkan air yang masuk ke dalam unit panel speedometer menguap dan tertahan di dalam.

Solusinya bisa mengecek bagian speedometer dan memeriksa apakah terdapat celah di antara penutup, atau jika terjadi kerusakan di bagian mika yang berwarna bening, bisa langsung menggantinya. Dan supaya bisa menutup sempurna, disarankan untuk melakukan penggantian kepada ahlinya seperti ke bengkel resmi.

2. Panel Speedometer Sunburn 

Karena kebanyakan beberapa model terbaru sepeda motor menggunakan panel speedometer tipe LCD, maka masalah seperti Sunburn sering sekali terjadi. Sunburn adalah kerusakan di bagian panel speedometer sehingga ngeblank atau terdapat noda hitam terbakar dan layar tidak memunculkan angka atau informasi lainnya. Kerusakan ini biasanya disebabkan ketika sepeda motor disimpan atau diparkir di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari langsung yang cukup lama, sehingga menyebabkan panel meter jenis LCD terjadi kerusakan.

Nah, ada tip yang bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu menyimpan atau parkir sepeda motor di tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung, bisa memilih tempat parkir di area indoor atau jika terpaksa disimpan ditempat terbuka, diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

3. Panel Speedometer Memudar dan Tidak Terbaca

Jika indikator speedometer tidak bergerak atau tidak bisa menampilkan informasi seperti angka kecepatan sepeda motor, ada kemungkinan ada beberapa bagian komponen seperti kabel yang terputus atau rusak. tetapi terkadang ada juga kondisi di mana panel speedometer memudar atau hanya berkedip.

Masalah ini terjadi pada sepeda motor yang sudah berusia lebih dari 6 tahun, penyebabnya bisa karena kelistrikan yang disebabkan aki yang sudah lemah dan bahkan tak berfungsi, sehingga terkadang panel speedometer hanya berkedip dan menunjukkan tampilan yang tidak stabil ketika dinyalakan.

Aki atau baterai sepeda motor memang menjadi komponen yang paling penting, sehingga jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah maka akan merembet pada masalah yang lainnya, salah satunya panel speedometer. Menggantinya dengan yang baru adalah langkah yang tepat, apalagi ketika usia pemakaiannya yang sudah melebihi kemampuannya.

4. LCD Speedometer Digital Pada Motor Rusak

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada speedometer digital motor adalah pecahnya layar LCD. Hal ini biasanya tidak dapat dihindari, terutama saat motor mengalami benturan yang cukup keras, misalnya ketika mengalami kecelakaan. Selain kecelakaan, pemilik motor yang tidak hati-hati saat mengotak-atik atau melepas layar LCD juga dapat menyebabkan kerusakan pada layar tersebut. Jika Anda mengalami masalah ini, satu-satunya solusi adalah dengan menggantinya dengan layar LCD speedometer yang baru.

5. Masalah Kaki Pada LCD Speedometer

Masalah lain yang sering dihadapi pada speedometer digital motor adalah terputusnya kaki pada LCD speedometer. Terputusnya kaki LCD bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu terjadinya korosi, atau ketika kaki tersebut terputus saat LCD hendak dilepaskan dari motor. Dalam hal ini, melepaskan LCD speedometer membutuhkan keterampilan dan kehati-hatian agar tidak merusak komponen lainnya. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, lebih baik serahkan hal tersebut pada teknisi yang berpengalaman untuk menghindari kerusakan.

Nah, cukup mudah kan mengetahui masalah yang terjadi pada speedometer di motor kamu. Untuk itu kamu bisa menjaga kendaraan kamu agar tetap bagus dengan tip-tip yang telah diinformasikan di atas ya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor

Jika Anda berencana untuk membeli motor bekas berkualitas, JBA Indonesia menawarkan opsi lelang motor yang bisa Anda ikuti. Semua kendaraan bekas yang dilelang telah melalui proses inspeksi yang cermat, sehingga Anda dapat yakin akan kualitasnya dan performa yang baik. Di sisi lain, jika Anda memiliki kendaraan yang masih dalam kondisi baik dan ingin menjualnya, JBA Indonesia juga menyediakan layanan titip jual. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi JBA Indonesia dan temukan kendaraan yang sesuai dengan preferensi Anda.

News author picture JBA Indonesia

JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp