6 Cara Cek Motor Bekas Banjir Tanpa Ribet

News picture 6 Cara Cek Motor Bekas Banjir Tanpa Ribet
date_range 2023-08-11
schedule 16:54:55
6 Cara Cek Motor Bekas Banjir Tanpa Ribet

JBA Indonesia - Membeli motor bekas menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang memiliki dana yang terbatas. Karena itu, tidak heran penjualan motor bekas di Indonesia mengalami peningkatan, salah satunya di Balai Lelang JBA Indonesia.

Namun pada kenyataannya, membeli motor bekas memerlukan ketelitian tinggi, agar Anda membeli unit yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. JBA Indonesia memahami kebutuhan tersebut dengan memfasilitasi calon peserta lelang untuk melakukan open house di JBA Indonesia. Di waktu yang diberikan tersebut, peserta lelang dapat mengecek kondisi unit yang ada dengan saksama.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari unit yang ditawarkan, salah satunya apakah unit tersebut bekas banjir atau tidak. Meskipun unit bekas banjir bukan berarti jelek, namun hal tersebut butuh Anda ketahui agar tidak merasa zonk ketika membeli unit. Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengecek unit apakah bekas banjir atau tidak di saat mengikuti lelang.

Baca juga: Komponen Karburator Motor serta Fungsinya

Cara Cek Motor Bekas Banjir

1. Periksa Bagian Kolong Motor

Cek bagian bawah motor untuk mengetahui apakah motor bekas pernah terendam banjir atau tidak. Hal ini dikarenakan lumpur yang terbawa oleh air banjir seringkali tertinggal di bagian bawah motor. Meskipun sudah dicuci, lumpur bekas ini sering meninggalkan bekas karat yang sulit dihilangkan.

2. Periksa Kondisi Lampu Depan dan Belakang

Perhatikan kondisi lampu depan dan belakang. Jika motor tersebut pernah terendam air, lampu motor biasanya menjadi kusam dan sering kali terdapat jejak lumpur. Jejak lumpur tersebut sulit dibersihkan, sehingga umumnya lampu tersebut perlu diganti dengan yang baru.

3. Perhatikan Jika Terdapat Karat

Pastikan untuk memeriksa adanya karat pada motor yang hendak Anda beli, terutama di bagian bawah seperti area kolong dan komponen lainnya. Karena terendam dalam air dan lumpur dalam waktu yang lama, beberapa komponen pada motor bekas banjir sering mengalami karat.

4. Periksa Kondisi Rangka Motor

Perhatikan kondisi rangka motor dengan teliti. Jika rangka atau sasis terlihat kotor, itu bisa menjadi petunjuk bahwa motor tersebut pernah terendam banjir. Bagian ini sulit untuk dibersihkan sepenuhnya setelah tergenang air dalam jangka waktu yang lama. Jika motor tersebut pernah terendam banjir, Anda mungkin akan melihat kotoran menumpuk di bagian sambungan antara rangka atau sasis.

Baca juga: Jenis Rangka Motor yang Perlu Diketahui

5. Perhatikan Warna Oli Gardan

Periksa warna oli gardan dengan saksama, terutama pada motor matic. Banyak orang tidak menyadari bahwa motor matic memiliki oli gardan, yang berfungsi sebagai pelumas untuk bagian transmisi dan membantu kinerja Continuously Variable Transmission (CVT).

Pada motor dengan kopling kering, jenis oli ini sangat penting. Jika motor tersebut pernah terendam banjir, warna oli gardan akan terlihat cokelat muda yang mirip dengan kopi susu, dan bukan berwarna keemasan seperti yang seharusnya. Perubahan warna ini menunjukkan adanya campuran air dan lumpur dari banjir dalam oli.

6. Periksa Suara Mesin

Perhatikan suara mesin saat motor dinyalakan. Motor yang pernah terendam banjir cenderung menghasilkan suara kasar dan bising yang mengganggu. Hal ini bisa terjadi karena air merusak pelumas atau oli motor, yang mengakibatkan gesekan yang tidak normal dalam mesin. Namun, perlu diingat bahwa suara kasar juga bisa disebabkan oleh kurangnya perawatan pada motor.

Keenam hal itu, dapat Anda perhatikan ketika mengecek kondisi motor bekas yang ingin Anda menangkan. Unit bekas banjir, bukan berarti unit itu jelek, unit itu masih bisa berjalan dengan baik juga. Tetapi jika Anda ingin mencari unit yang bukan bekas banjir, Anda wajib mengecek seluruh unit yang ingin Anda incar terlebih dahulu ya!

Jika, Anda ingin mencari motor-motor bekas dengan berbagai merek dan kondisi, Anda bisa mengikuti lelang motor di Balai lelang JBA Indonesia. Kami tersedia di 15 cabang dan 22 hub yang bisa kalian kunjungi untuk mengecek unit. Jika Anda berminat menjual kendaraan bermotor Anda, maka jangan khawatir. Karena, JBA Indonesia juga menawarkan layanan titip jual kendaraan. Jadi, yuk kunjungi JBA Indonesia segera!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp