Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

News picture Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Menggunakan Mobil Pribadi
date_range 2019-05-27
schedule 18:40:51
Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

JBA - Masa libur Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan mudik. Salah satunya adalah mempersiapkan transportasi untuk digunakan saat mudik, baik menggunakan mobil pribadi maupun menggunakan bus pariwisata.

Mudik menggunakan mobil pribadi ataupun bus pariwisata masing-masing menawarkan beberapa keuntungan, baik dari segi waktu hingga kenyamanannya.

Baca Juga: 5 Merek Motor Matic Yang Cocok Untuk Bersilaturahmi Saat Lebaran

Jika mudik menggunakan mobil pribadi, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti dari segi waktu yang lebih efisien, serta dapat menjangkau tempat wisata yang ingin dituju dengan mudah.

Tidak seperti mobil pribadi, mudik menggunakan bus pariwisata juga menawarkan beberapa keuntungan, seperti tingkat kenyamanan yang tinggi, serta mendapatkan potongan harga tiket yang lebih murah.

Meski begitu, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi untuk mudik ke kampung halaman. Namun, sebelum melakukan mudik Lebaran, Anda perlu mempersiapkan beberapa tips penting dalam mempersiapkan mobil sebelum diajak melakukan perjalanan jauh, antara lain yaitu:

Oli Mesin

Sebelum melakukan mudik ke kampung halaman, sebaiknya Anda mengecek oli mesin mobil Anda. Jika memang telah waktunya diganti, maka sebaiknya Anda segera menggantinya sebelum melakukan perjalanan mudik.

Oli Transmisi dan Differential

Baca Juga: Tips Hemat Energi Saat Berpuasa Bagi Pengendara Motor

Selain oli mesin, oli transmisi dan drive axle juga perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Sebaiknya Anda mengecek buku manual untuk mengetahui interval penggantian oli keduanya.

Belt

Mudik dengan jarak jauh tentunya perlu persiapan yang matang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu komponen yang perlu Anda cek adalah belt mesin. Jika belt sobek atau retak, maka sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru.

Radiator

Komponen ini sangat penting bagi mobil Anda, apalagi komponen ini mampu meminimalisir terjadinya mesin overheat. Karena itu, sebaiknya Anda memeriksa level air radiator kendaraa Anda, dan pastikan jika reservoir radiator yang terdapat di balik kap telah terisi sesuai dengan levelnya.

Wiper

Wiper merupakan komponen penting dari mobil. Jika mengalami getas, maka sebaiknya segera dilakukan penggantian komponen. Selsin itu, pastikan juga bahwa semprotan air telah bekerja dengan baik dan pada titik yang telah ditentukan.

Tekanan dan Tapak Ban

Komponen penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah ban. Sebelum mudik, sebaiknya Anda mengecek tekanan angin pada ban mobil Anda dengan rekomendasi pabrikan yang tertera di balik pintu sisi pengemudi tersebut. Sebab, jika tekanan ban rendah, akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros dan lebih panas akibat dari gesekan yang berlebih dari jalan.

Sistem Pengereman

Sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, cek kondisi minyak rem mobil Anda. Periksa dan pastikan reservoir rem telah diisi hingga menunjukkan tanda ‘full’. Jika minyak rem mobil Anda belum pernah dikuras dalam dua atau tiga tahun, maka sebaiknya diganti dan diisi dengan minyak rem yang baru. sebab, jika minyak rem sarat air, akan menurunkan titik didih fluidah yang dapat menyebabkan pedal rem menjadi licin sehingga rem tidak mampu bekerja secara optimal.

Berita Lainnya
date_range 15 - 06 - 2020
schedule 17:37:38
Jangan Asal Beli, Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pelek Mobil Seken
Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp
d