5 Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi yang Perlu Dipahami

News picture 5 Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi yang Perlu Dipahami
date_range 2019-05-27
schedule 18:40:51
5 Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi yang Perlu Dipahami

JBA Indonesia - Masa libur Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mempersiapkan mudik. Salah satunya adalah mempersiapkan transportasi untuk digunakan saat mudik, baik menggunakan mobil pribadi maupun menggunakan bus pariwisata.

Mudik menggunakan mobil pribadi ataupun bus pariwisata masing-masing menawarkan beberapa keuntungan, baik dari segi waktu hingga kenyamanannya.

Jika mudik menggunakan mobil pribadi, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti dari segi waktu yang lebih efisien, serta dapat menjangkau tempat wisata yang ingin dituju dengan mudah.

Tidak seperti mobil pribadi, mudik menggunakan bus pariwisata juga menawarkan beberapa keuntungan, seperti tingkat kenyamanan yang tinggi, serta mendapatkan potongan harga tiket yang lebih murah.

Meski begitu, banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi untuk mudik ke kampung halaman. Namun, sebelum melakukan mudik Lebaran, Anda perlu mempersiapkan beberapa tips penting dalam mempersiapkan mobil sebelum diajak melakukan perjalanan jauh.

Baca juga: Tips Cek Mobil Pribadi Usai Perjalanan Panjang Mudik

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Berikut adalah beberapa tips mudik yang aman dan nyaman dengan mobil pribadi:

1. Pahami Rute Perjalanan Mudik

Memahami rute perjalanan menjadi penting karena banyaknya pembangunan jalur tol baru di berbagai daerah. Pastikan untuk mempelajari rute perjalanan dengan baik, termasuk jalan tol yang akan dilewati, serta estimasi biaya tol yang diperlukan. Mengisi saldo kartu tol dengan dana yang lebih banyak juga merupakan langkah bijak untuk menghindari kekurangan dana di tengah perjalanan.

2. Bawa Sejumlah Uang Tunai

Ketika mudik dengan mobil pribadi, jangan lupa untuk membawa sejumlah uang tunai sebagai cadangan, terutama jika Anda belum familiar dengan tempat-tempat yang akan dikunjungi. Siapkan juga uang tunai dalam jumlah kecil untuk keperluan seperti toilet atau membeli makanan khas setempat.

3. Jaga Kesehatan dan Istirahat yang Cukup

Sebagai seorang pengemudi yang akan membawa mobil dalam perjalanan mudik, keadaan kesehatan Anda harus menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, sebelum memulai perjalanan, pastikan bahwa Anda telah cukup istirahat. Idealnya, tidur selama 7-9 jam pada malam sebelumnya akan membantu Anda merasa segar dan fokus sepanjang perjalanan, yang tentunya mampu meningkatkan keselamatan bagi Anda dan keluarga.

4. Membawa Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya

Ketika melakukan perjalanan jauh, jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda memiliki persediaan makanan dan minuman yang cukup agar tetap sehat. Salah satu tips untuk menjaga agar perjalanan mudik tetap ekonomis adalah dengan menyiapkan perbekalan sebelum berangkat.

Hal ini disebabkan karena biaya konsumsi tergolong cukup tinggi apabila Anda membeli makanan di rest area atau warung yang ditemui selama perjalanan. Sehingga, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah sesuai dengan selera masing-masing, sebagai alternatif yang lebih ekonomis dan nyaman.

5. Bawa Obat-obatan Pribadi

Pastikan untuk menyediakan obat-obatan pribadi pada kendaraan pribadi Anda sebelum berkendara. Obat-obatan yang disarankan untuk dibawa ketika mudik adalah obat batuk, obat demam, penangkal pusing, obat diare, dan multivitamin yang mampu menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Baca juga: Rekomendasi Mobil yang Kuat untuk Perjalanan Jauh

Sebelum mudik, pastikan bahwa mobil yang Anda kendarai sudah dalam kondisi yang prima. Apabila Anda membutuhkan mobil bekas berkualitas untuk perjalanan mudik, silakan ikuti proses lelang mobil di JBA Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa melakukan titip jual kendaraan di JBA Indonesia jika kendaraan Anda telah memenuhi persyaratan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kunjungi JBA Indonesia sekarang!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp