BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Masalah Yang Sering Terjadi Saat Beli Daihatsu Taruna Bekas

News picture Masalah Yang Sering Terjadi Saat Beli Daihatsu Taruna Bekas

JBA - Daihatsu Taruna merupakan salah satu produk Daihatsu yang menjadi cikal bakal dari lahirnya Daihatsu Terios yang saat ini ada di pasar otomotif Indonesia.

Seperti diketahui, Daihatsu telah lama menghentikan produksi Taruna pada tahun 2007 lalu sejak diperkenalkan secara resmi pada tahun 1999 oleh PT Daihatsu Astra Motor selaku distributor resmi penjualan produk Daihatsu di Indonesia.

Baca Juga: Ini Yang Bakal Terjadi Jika Beli Busi Mobil Tidak Sesuai Standar

Pada tahun 2001 lalu, Daihatsu memberikan varian terbaru pada Taruna, yaitu varian F-series. Sebelumnya, Daihatsu telah mengeluarkan varian C-series dengan sasis yang berukuran lebih pendek dibandingkan varian terbarunya.

Berjenis mini SUV, membuat Taruna cukup handal untuk melahap segala jenis medan karena mempunyai bodi yang sangat kompak. Namun, sebelum Anda membeli mobil bekas ini, sebaiknya Anda mengetahui beberapa penyakit dari kendaraan ini.

Salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh pengendara Daihatsu Taruna bekas terletak di sektor mesinnya. Secara umum, mesin Taruna ini tidak mempunyai masalah sama sekali. Namun, jika Anda menggunakan material alumunium untuk blok mesin, maka sebaiknya Anda waspada karena mesin dapat mengalami overheat. Selain itu, sebaiknya Anda memperhatikan mengenai sambungan blok serta kepala silinder.

Lanjut di jok baris kedua, hal ini bisa jadi merupakan salah satu kelemahan yang sering dialami oleh mobil ini, terutama untuk varian F-series. Kondisi yang dialami di jok baris kedua ini adalah kerap kali terdengar suara “krektekkretek” yang disebabkan karena jok baris tengah hanya bertumpu pada satu titik saja.

Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganjal tumpuan jok dengan bantalan karet yang membantu mengurangi suara tersebut.

Baca Juga: Mau Beli Headlamp Model LED? Sebaiknya Perhatikan 3 Hal Ini

Selain itu, cek juga bagian suspensi Taruna bekas pilihan Anda. Jika pengguna sebelumnya menggunakan mobil ini dalam batas normal, maka besar kemungkinan tidak akan ada masalah pada komponen ini, mulai dari arm, ball joint, serta komponen lainnya.

Sebaliknya, jika pemilik Daihatsu Taruna sebelumnya kurang dalam merawat suspensinya. Maka sebaiknya Anda segera mengecek kondisi karet-karet bushing agar kinerja suspensi tetap optimal.

Komponen terakhir yang perlu Anda cek selanjutnya adalah gardan. Jika terdapat suara gemuruh ketika melaju, maka hal itu merupakan salah satu tanda jika terdapat masalah pada komponen gardannya. Karena itu, sebaiknya komponen ini Anda cek lebih seksama agar tidak salah pilih.

Jika suara gemuruh semakin keras terdengar, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian gigi gardan.