BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Terendam Banjir

News picture Jangan Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Terendam Banjir

JBA - Beberapa wilayah di Jabodetabek pada beberapa waktu lalu sempat mengalami kondisi banjir. Bahkan beberapa mobil terendam banjir sehingga menimbulkan kerugian material bagi para pemilik mobil.

Saat banjir telah surut, sebaiknya para pemilik mobil tidak langsung menyalakan mobil mereka yang telah terendam banjir dengan tujuan agar kerusakan tidak meluas sehingga membuat Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Piringan Rem Cakram Lebih Cepat Habis

Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosadi mengatakan bahwa sebaiknya para pemilik mobil jangan langsung menyalakan mobil setelah banjir surut, hingga kondisi bagian yang berhubungan dengan mesin dan kelistrikan telah dipastikan dalam kondisi kering.

“Kalau mau memindahkan posisi mobil, sebaiknya di dorong saja. Setelah itu cek saluran intake udara atau air cleaner. Kalau saluran tersebut basah atau ada indikasi air masuk, sebaiknya segera dibersihkan atau dipastikan seluruhnya dalam kondisi kering atau airnya sudah tidak ada. Kemudian pastikan juga seluruh kabel atau komponen listrik di dalamnya dalam kondisi kering,” terang Anjar, seperti dilansir laman Otodriver.com.

Langkah selanjutnya adalah melepas sistem pengereman mobil. Hal ini bertujuan agar rem tidak lengket ke komponen sistem pengereman lainnya. Setelah itu mengecek bagian tangki bahan bakarnya. Meski telah tertutup, namun bukan tidak mungkin air masuk ke dalam bagian tangki bahan bakar melalu berbagai celah yang ada.

Langkah pengecekan selanjutnya adalah dengan mengecek bagian sistem pelumasnya. Menurut Anjar, sebaiknya pemilik mobil juga mengecek sistem pelumas mobilnya meski kondisinya dalam keadaan tertutup, mengingat tidak menutup kemungkinan air juga akan masuk ke dalam bagian tersebut.

Baca Juga: Transmisi CVT Honda Mobilio Anda Berdengung, Ini Masalahnya!

“Jangan lupa juga untuk mengecek sistem pelumasannya dan pastikan bahwa oli tidak tercampur dengan air meskipun kondisi sistem pelumasannya dalam kondisi tertutup. Namun jika banjir besar atau tinggi pastikan juga tidak ada air yang masuk ke dalam sistem lubrikasi. Bersihkan juga interior dan karpetnya, setelah itu langsung dikeringkan,” pungkasnya.

Nah, untuk itu jangan pernah sekalipun untuk mencoba menyalakan mobil Anda ya pasca terendam banjir agar kerusakan yang terjadi tidak meluas ke komponen lainnya.