7 Ciri Velg Mobil yang Pernah Rusak Pada Mobil Bekas

News picture 7 Ciri Velg Mobil yang Pernah Rusak Pada Mobil Bekas
date_range 2023-10-05
schedule 11:11:39
7 Ciri Velg Mobil yang Pernah Rusak Pada Mobil Bekas

JBA Indonesia – Membeli mobil bekas dapat menjadi pilihan yang baik untuk menghemat anggaran. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, sangat penting untuk memeriksa berbagai komponen, termasuk velg mobil. Velg memiliki fungsi untuk menopang mobil, sehingga perannya pun krusial. Namun, banyak pemilik mobil yang menganggap bahwa kerusakan pada velg merupakan hal yang enteng. Hal ini tentunya tidak benar, mengingat velg yang rusak dapat mengakibatkan masalah keselamatan dan kinerja kendaraan. Nah, ini  ada beberapa ciri-ciri yang perlu Anda perhatikan saat memeriksa velg mobil pada mobil bekas.

Baca juga: Cari Tahu Dokumen Jual Beli Mobil Bekas Di Sini!

7 Ciri Velg Mobil yang Pernah Rusak Pada Mobil Bekas

1. Goresan atau Kerusakan Visual

Saat pertama kali melihat velg mobil, periksa dengan cermat apakah ada goresan, retak, atau kerusakan visual lainnya. Goresan yang dalam atau kerusakan signifikan pada velg dapat mengurangi integritas struktural dan keamanan roda.

2. Perubahan Bentuk atau Tidak Rata

Perhatikan apakah velg mobil tampak berbentuk asli atau mengalami perubahan bentuk. Velg yang tidak rata dapat mengakibatkan ketidakstabilan saat mengemudi dan dapat merusak ban. Serta, apabila bentuk velg tidak simetris, maka hal ini mengindikasikan bahwa velg pernah mengalami benturan yang signifikan.

3. Adanya Karat

Karat merupakan musuh utama velg mobil. Periksa apakah ada tanda-tanda karat pada velg, terutama di area yang tersembunyi atau di belakang velg. Karat yang tidak tertangani dapat merusak velg secara bertahap.

4. Tanda-Tanda Reparasi

Apabila ada tanda-tanda reparasi pada velg, seperti adanya bekas pengelasan atau penyambungan, hal ini bisa menunjukkan bahwa velg pernah mengalami kerusakan. Velg tersebut kemudian diperbaiki dengan proses pengelasan yang bertujuan untuk memperbaiki velg yang retak atau patah.

5. Riwayat Kecelakaan

Kecelakaan yang serius dapat merusak velg dan menyebabkan masalah tersembunyi. Dalam hal ini, peristiwa kecelakaan mobil dapat menimbulkan keausan yang tidak merata di bagian dalam dan luar velg. Keausan tersebut mengindikasikan adanya masalah pada suspensi roda.

6. Setir Bergetar

Ciri velg mobil pernah rusak lainnya adalah adanya getaran yang berlebih pada setir atau kemudi ketika mobil digunakan. Getaran tersebut timbul akibat velg yang mengalami peyang dan berimpas pada tekanan angin ban yang menurun.

Selain timbul getaran, laju roda biasanya tidak stabil saat dikendarai, alias berbelok-belok ke kiri dan ke kanan. Jika demikian, maka kemungkinan velg mobil tersebut pernah mengalami kerusakan.

Baca juga: Setir Mobil Terkunci? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

7. Munculnya Suara Berdecit

Kerusakan pada velg dapat ditandai dengan adanya suara berdecit. Hal ini disebabkan karena adanya masalah pada komponen spoke. Jika hal ini terjadi, maka sudah seharusnya pemilik mobil sebelumnya mengecek kondisi velg di bengkel.

Mengetahui ciri-ciri velg mobil yang pernah rusak pada mobil bekas merupakan langkah penting dalam memastikan keamanan dan kinerja kendaraan yang esensial untuk Anda pertimbangkan. Namun, jika Anda ingin beli mobil bekas, Anda bisa mendapatkannya di lelang mobil JBA Indonesia.

Jika Anda ingin mengecek kondisi kendaraan di JBA Indonesia, Anda dapat mengeceknya di lembar detail kendaraan yang tertera, sehingga Anda dapat memastikan velg mobil pada mobil bekas yang Anda pilih dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda ingin mengetahui informasi lengkap mengenai mobil bekas beserta komponennya, Anda dapat mengunjungi cabang JBA Indonesia terdekat yang tersebar di 15 titik wilayah dan 22 hub ya! Atau, hubungi PIC unit pada website dan aplikasi JBA Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera berpartisipasi di lelang JBA Indonesia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp