7 Fungsi Wax Mobil dan Jenis-Jenisnya

News picture 7 Fungsi Wax Mobil dan Jenis-Jenisnya
date_range 2024-01-22
schedule 13:19:06
7 Fungsi Wax Mobil dan Jenis-Jenisnya

Wax mobil memainkan peran krusial dalam menjaga penampilan dan kesehatan kendaraan Anda. Fungsi wax mobil yang utama bukan hanya sekadar memberikan kilau dan tampilan yang mengesankan, tetapi juga melibatkan perlindungan terhadap berbagai elemen yang dapat merusak cat mobil. Wax berperan sebagai lapisan pelindung yang efektif terhadap sinar UV, debu, kotoran, serta noda-noda yang dapat merusak cat.

Selain itu, wax juga mampu melindungi cat dari dampak buruk lingkungan seperti hujan asam, zat-zat kimia, dan polusi udara. Melalui penggunaan wax secara teratur, Anda tidak hanya mempertahankan kilau indah mobil, tetapi juga memperpanjang umur cat, menjaga nilainya, dan bahkan meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai berbagai fungsi wax untuk mobil dan mengapa perawatan ini menjadi langkah yang penting untuk memastikan kendaraan tetap prima selama bertahun-tahun.

Baca juga: Jenis Cat Mobil dalam Proses Body Repair

Manfaat dan Fungsi Penting dari Wax Mobil untuk Perlindungan Cat Kendaraan

Wax mobil adalah suatu bahan pelindung yang digunakan untuk melapisi permukaan cat kendaraan. Bahan ini biasanya terdiri dari campuran lilin, zat pengilap, dan bahan kimia khusus lainnya yang diformulasikan untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap elemen-elemen eksternal. Fungsi utama dari wax mobil adalah untuk menciptakan lapisan pelindung antara cat mobil dan berbagai faktor yang dapat merusaknya.

Perlindungan yang diberikan oleh wax melibatkan pembentukan lapisan tahan air, sehingga dapat melindungi cat dari efek buruk hujan, salju, dan cairan lainnya. Selain itu, wax juga melindungi cat mobil dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) matahari yang dapat menyebabkan pengeroposan warna dan mengakibatkan fading

7 Fungsi Wax Mobil 

Wax mobil memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting dalam merawat dan melindungi kendaraan. Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi tersebut:

1. Perlindungan Terhadap Elemen Eksternal

Wax membentuk lapisan pelindung yang berfungsi sebagai penghalang fisik terhadap debu, kotoran, dan serbuk sari yang mungkin menempel pada permukaan mobil. Maka dari itu, wax membantu mencegah goresan-goresan halus dan mengurangi kemungkinan kerusakan akibat gesekan dengan partikel-partikel kecil tersebut.

2. Perlindungan Terhadap Sinar UV

Sinar UV dapat merusak dan memudarkan cat kendaraan seiring waktu. Wax, dengan sifat penghalangnya, membantu melindungi cat dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan perubahan warna dan pengeroposan cat.

3. Tahan Air

Lapisan tahan air yang dihasilkan oleh wax memainkan peran penting dalam melindungi kendaraan dari air hujan, embun, atau cairan lainnya. Ini membantu mencegah pembentukan karat, korosi, dan kerusakan lain yang dapat disebabkan oleh kelembaban.

4. Melawan Polusi dan Zat Kimia

Wax berfungsi sebagai perisai terhadap polusi udara, hujan asam, dan zat kimia yang dapat merusak cat. Untuk mencegah kontak langsung, wax membantu mempertahankan integritas cat kendaraan.

5. Memberikan Kilau dan Tampilan Lebih Baik

Salah satu hasil yang terlihat dari penggunaan wax adalah kilau dan tampilan yang lebih baik. Ini menciptakan efek estetis yang menyenangkan dan memberikan kesan bahwa kendaraan selalu terjaga dan terawat.

6. Mempermudah Proses Pembersihan

Lapisan wax membuat permukaan mobil menjadi lebih licin dan mudah dibersihkan. Kotoran dan noda tidak melekat dengan kuat, sehingga memudahkan proses pembersihan dan memungkinkan kendaraan tetap bersih lebih lama.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil hingga Kotoran Tak Bersisa

7. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Beberapa produk wax, khususnya yang dirancang untuk meningkatkan aerodinamika, dapat memberikan kontribusi kecil terhadap peningkatan efisiensi bahan bakar. Meskipun dampaknya mungkin tidak signifikan, setiap perbaikan dalam aerodinamika dapat membantu mengurangi beban pada mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar secara keseluruhan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Proses Waxing

Proses waxing mobil bukanlah hal yang sederhana seperti yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil waxing menjadi optimal, yakni:

  1. Aplikasi wax hanya dapat dilakukan pada bodi mobil yang sudah bersih. Hindari mengaplikasikan wax pada mobil yang kotor dan berdebu, karena hal ini dapat menghambat lapisan wax untuk menempel pada permukaan mobil. Sebelum melakukan waxing, pastikan mobil telah dicuci dan dikeringkan dengan baik, serta hilangkan semua kotoran seperti pasir atau lumpur pada mobil.
  2. Pemilihan produk wax merupakan hal yang penting. Perhatikan label produk dan pastikan untuk memilih produk wax yang non-abrasif atau memiliki grade cutting 0. Hal ini menandakan produk wax tersebut akan memberikan kilap tinggi pada bodi mobil.
  3. Pilihlah alat yang tepat untuk mengaplikasikan wax, seperti spons atau kain microfiber. Pastikan kondisi aplikator tersebut memiliki tekstur lembut dan tidak kering agar hasil bodi mobil dapat mengkilap secara sempurna.
  4. Perhatikan tempat pengaplikasian wax. Hindari melakukan proses waxing di bawah sinar matahari yang terik, karena panas matahari dapat membuat wax menjadi panas sehingga menurunkan kilap. Sebaiknya, lakukan proses ini di ruangan yang beratap untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

4 Jenis Wax Mobil 

Ada beberapa jenis wax mobil yang tersedia di pasaran, dan masing-masing memiliki karakteristik serta keunggulan tertentu. Berikut adalah beberapa jenis wax mobil yang umum digunakan:

1. Wax Carnauba 

Salah satu jenis yang populer adalah wax Carnauba, yang diperoleh dari lilin pohon Carnauba yang tumbuh di Brasil. Keunggulan wax Carnauba terletak pada kilau alami yang tinggi dan daya tahan air yang baik. Meski harganya cenderung lebih tinggi, wax ini dikenal tahan lama dan mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV serta elemen-elemen eksternal lainnya.

2. Wax Sintetis 

Selain itu, ada juga wax sintetis yang dibuat dari bahan kimia buatan. Wax jenis ini umumnya lebih tahan lama daripada wax Carnauba dan memberikan perlindungan efektif terhadap elemen-elemen luar. Keuntungan lainnya adalah kemudahan dalam pengaplikasiannya. Meskipun beberapa orang mungkin merasa efek visualnya kurang alami, wax sintetis memiliki popularitas yang tinggi di kalangan pemilik kendaraan.

3. Wax Hybrid 

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat dari kedua jenis wax, ada juga wax hybrid yang merupakan campuran antara wax Carnauba dan bahan sintetis. Melalui kombinasi ini, wax hybrid mampu memberikan kilau alami dari Carnauba dan ketahanan lama dari bahan sintetis. Meski harganya mungkin sedikit lebih tinggi, beberapa orang menganggap hasilnya sebanding dengan keuntungan yang diperoleh.

4. Wax Cair 

Wax cair umumnya lebih mudah diaplikasikan dibandingkan dengan wax padat atau pasta. Konsistensinya yang cair memungkinkan produk ini untuk merata dengan lebih baik saat diaplikasikan ke permukaan cat kendaraan. 

Beberapa wax padat atau pasta dapat meninggalkan residu putih pada trim atau bagian plastik kendaraan jika tidak diterapkan dengan hati-hati. Wax cair memiliki keunggulan dalam hal ini karena lebih sedikit meninggalkan residu dan lebih mudah dihapus dari trim non-cat.

Sebagai penutup, Anda telah memahami bahwa fungsi wax mobil bukanlah sekadar untuk menciptakan tampilan yang mengesankan, melainkan juga untuk memberikan perlindungan esensial terhadap kendaraan kita. Wax bukan hanya menyajikan kilau yang memikat, tetapi juga membentuk perisai pelindung terhadap elemen-elemen seperti debu, sinar UV, hujan asam, dan zat kimia berbahaya lainnya. 

Namun, ketika membahas perawatan kendaraan, tidak hanya wax yang memainkan peran penting. JBA Indonesia, sebagai penyedia jasa yang tepercaya, menawarkan layanan lelang mobil yang dapat menjadi solusi efektif bagi Anda yang membutuhkan kendaraan. Melalui platform lelang JBA Indonesia, Anda dapat membeli kendaraan dengan proses yang transparan dan efisien.

JBA Indonesia juga menawarkan opsi penitipan kendaraan untuk Anda yang ingin melakukan penjualan. Namun, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi agar kendaraan Anda siap untuk dilelang. Jika Anda membutuhkan klarifikasi lebih lanjut tentang proses jual-beli kendaraan, jangan ragu untuk menghubungi tim JBA Indonesia.

JBA Indonesia tidak hanya menghadirkan keamanan dan kemudahan dalam proses lelang, tetapi juga menyediakan akses kepada para pembeli yang mencari kendaraan apa adanya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi JBA Indonesia sekarang juga!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp