8 Cara Pasang Dashcam Mobil secara Mandiri dengan Tepat

News picture 8 Cara Pasang Dashcam Mobil secara Mandiri dengan Tepat
date_range 2024-02-13
schedule 13:53:44
8 Cara Pasang Dashcam Mobil secara Mandiri dengan Tepat

Seperti apa kira-kira cara pasang dashcam mobil? Apakah dashcam atau kamera dasbor mobil bisa dipasang sendiri? Memasang dashcam di mobil merupakan langkah cerdas untuk meningkatkan keamanan dan memberikan kepercayaan diri saat berkendara. Dashcam, atau kamera dashboard, adalah perangkat keamanan yang dipasang di dalam mobil untuk merekam aktivitas di sekitar kendaraan.

Pemasangan dashcam sendiri tidaklah rumit dan dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana. Artikel ini akan membahas secara rinci cara-cara pasang dashcam mobil, mulai dari persiapan peralatan hingga langkah-langkah instalasinya. Karena, dengan memahami proses ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan lapisan keamanan ekstra pada kendaraan dan merasa lebih aman selama perjalanan.

Baca juga: Macam-Macam Sensor Pada Mobil dan Fungsinya

Fungsi Dashcam Mobil 

Dashcam atau kamera dashboard pada mobil memiliki beberapa fungsi yang dapat memberikan manfaat signifikan bagi pengguna. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari dashcam mobil:

1. Bukti Kecelakaan 

Dashcam menjadi saksi digital yang dapat merekam dengan akurat kejadian kecelakaan lalu lintas. Rekaman video yang jelas dan tidak bias dapat memberikan bukti yang kuat dalam menentukan siapa yang bertanggung jawab, mempercepat proses klaim asuransi, dan membantu penegak hukum dalam menyelidiki kecelakaan.

Baca juga: Apakah Mobil Bekas Tabrakan Layak Dibeli?

2. Keamanan Kendaraan 

Fungsi keamanan dashcam tidak hanya berlaku saat mobil sedang berjalan, tetapi juga saat kendaraan diparkir. Mode parkir pada dashcam dapat mengaktifkan rekaman otomatis jika sensor mendeteksi gerakan di sekitar mobil. Ini memberikan perlindungan tambahan dan dapat berfungsi sebagai bukti dalam kasus pencurian atau kerusakan yang terjadi saat kendaraan diparkir.

3. Pencegahan Kriminalitas 

Hanya dengan melihat dashcam yang terpasang, orang-orang yang berniat jahat dapat terdorong untuk menghindari tindakan kriminal atau pencurian. Keberadaan dashcam menciptakan efek pencegahan, karena pelaku tahu bahwa tindakan mereka direkam dan dapat digunakan sebagai bukti.

4. Monitoring Pengemudi 

Dashcam dapat menjadi alat pemantauan perilaku pengemudi. Beberapa model memiliki fitur seperti pelacakan GPS dan sensor G-force yang merekam data seperti kecepatan, akselerasi, dan pengereman. Analisis data ini dapat membantu memahami kebiasaan pengemudi, memberikan umpan balik untuk perbaikan, dan bahkan digunakan oleh perusahaan dalam manajemen armada.

5. Catatan Perjalanan 

Dashcam dapat berfungsi sebagai kamera dokumenter pribadi selama perjalanan. Video yang merekam pemandangan, kondisi jalan, atau kejadian menarik di sepanjang perjalanan dapat menjadi kenangan berharga atau bahkan berpotensi berguna dalam situasi tertentu.

6. Membantu Pengemudi Pemula untuk Berlatih

Untuk pengemudi yang masih pemula, penggunaan dashcam dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam melatih kemampuan mengemudi mereka. Dengan merekam dan meninjau kembali video dari dashcam, pengemudi baru dapat mengidentifikasi kekurangan atau kesalahan mereka ketika mengemudi. Alhasil, mereka akan mempelajari teknik mengemudi yang benar dengan lebih cepat.

8 Cara Pasang Dashcam Mobil Sendiri 

Memasang dashcam pada mobil dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Berikut adalah panduan cara pasang dashcam mobil:

1. Tentukan Lokasi yang Tepat 

Pertama-tama, penting untuk memilih lokasi yang optimal untuk pemasangan dashcam. Lokasi ini sebaiknya memberikan pandangan yang jelas tanpa halangan yang dapat mengganggu rekaman video. Pilihan umum melibatkan pemasangan di dekat kaca depan, di sekitar kaca belakang, atau di tengah-tengah dashboard. Pastikan bahwa dashcam dapat dengan mudah merekam kejadian di depan dan sekitar mobil.

2. Persiapkan Alat yang Diperlukan 

Sebelum memulai pemasangan, pastikan Anda telah mempersiapkan semua peralatan yang diperlukan. Ini termasuk dashcam itu sendiri, kabel daya, dan klip kabel. Beberapa dashcam mungkin juga memerlukan kartu memori, jadi pastikan untuk memeriksa petunjuk pengguna dan memastikan bahwa Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan sebelum memulai proses pemasangan.

3. Matikan Mesin Mobil 

Sebelum memasang dashcam, pastikan untuk mematikan mesin mobil. Ini adalah langkah keamanan yang penting untuk menghindari risiko korsleting atau potensi masalah listrik lainnya selama pemasangan.

4. Pasang Mounting Bracket

Langkah selanjutnya adalah memasang mounting bracket dashcam. Mounting bracket ini biasanya disertakan dalam paket dashcam. Pastikan untuk melekatkannya dengan kokoh di lokasi yang Anda pilih, seperti di dekat kaca depan. Keakuratan pemasangan bracket sangat penting untuk memastikan bahwa dashcam tidak goyah selama perjalanan.

5. Hubungkan Kabel Daya 

Sambungkan kabel daya dashcam ke port yang sesuai. Dashcam biasanya memiliki port di bagian belakang untuk menghubungkan kabel daya. Tempel kabel daya ke sumber daya, seperti port USB pada mobil atau port listrik yang sesuai. Pastikan koneksi ini kokoh dan aman.

6. Rutin Kabel 

Setelah kabel daya terhubung, rutin kabel dengan baik. Ini tidak hanya membuat tampilan interior mobil lebih bersih, tetapi juga mengurangi risiko kabel menghalangi pandangan pengemudi. Gunakan klip kabel atau perekat kabel untuk menjaga kabel tetap teratur dan rapi.

7. Atur Sudut Pandang 

Pastikan untuk mengatur dashcam pada sudut pandang yang diinginkan. Beberapa model dashcam memiliki layar yang dapat diputar atau diatur untuk memudahkan penyesuaian sudut pandang. Pastikan bahwa sudut pandangnya mencakup area yang relevan dan dapat merekam kejadian dengan jelas.

8. Uji Coba 

Setelah pemasangan selesai, nyalakan mesin mobil dan uji coba dashcam. Periksa rekaman video untuk memastikan kualitasnya memuaskan dan bahwa dashcam berfungsi dengan baik. Pastikan bahwa setiap pengaturan atau fitur tambahan pada dashcam diatur sesuai kebutuhan Anda.

Oleh karena itu, dengan mengikuti panduan cara pasang dashboard camera mobil di atas, Anda telah menambahkan lapisan keamanan yang berharga pada kendaraan Anda. Pemasangan yang tepat dan perawatan berkala akan memastikan bahwa dashcam berfungsi dengan baik, memberikan bukti yang jelas dalam berbagai situasi. Saat Anda merasa lebih aman dan percaya diri selama perjalanan, dashcam menjadi sekutu penting yang tidak hanya merekam kejadian luar biasa, tetapi juga melindungi Anda dalam keadaan darurat.

Yuk, Ikut Lelang Sekarang!

Selain meningkatkan keamanan pribadi, kehadiran dashcam juga dapat berpengaruh pada nilai kendaraan Anda dalam transaksi lelang mobil. JBA Indonesia, sebagai salah satu platform lelang mobil terkemuka, sering kali memberikan nilai tambah kepada kendaraan yang dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan modern seperti dashcam

Potensi pembeli cenderung mencari kendaraan yang dapat memberikan rekaman akurat dalam situasi tertentu. Untuk itu, investasi dalam dashcam tidak hanya melindungi Anda saat berkendara, tetapi juga dapat meningkatkan daya tarik kendaraan ketika waktu untuk menjualnya tiba. 

Namun jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi mesin dan bagian mobil lainnya agar proses penitipan kendaraan untuk lelang di JBA Indonesia berjalan lancar. Siapkan juga seluruh dokumen kendaraan agar makin mudah melakukan transaksi pada kemudian hari. 

Jadi, pastikan kendaraan Anda tidak hanya aman tetapi juga menarik perhatian dalam setiap kesempatan lelang mobil di JBA Indonesia. Daftarkan diri Anda sekarang dan mulailah berpartisipasi dalam acara lelang kendaraan di JBA Indonesia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp