Apakah Mobil Bekas Tabrakan Layak Dibeli? Berikut Ulasannya!

News picture Apakah Mobil Bekas Tabrakan Layak Dibeli? Berikut Ulasannya!
date_range 2023-12-20
schedule 16:32:01
Apakah Mobil Bekas Tabrakan Layak Dibeli? Berikut Ulasannya!

Apakah Anda berencana membeli mobil bekas? Membeli mobil bekas menjadi alternatif yang umum di kalangan konsumen untuk mendapatkan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, muncul pertanyaan yang sering ditanyakan, apakah mobil bekas tabrakan layak dibeli? 

Kali ini, JBA Indonesia akan membahas tentang kelayakan serta keuntungan membeli mobil bekas tabrakan. Yuk, simak ulasannya sampai tuntas!

Baca juga: Keuntungan Membeli Mobil Lelang yang Wajib Diketahui

Apakah Mobil Bekas Tabrakan Layak Dibeli?

Membeli mobil bekas memang menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin memiliki mobil pribadi dengan harga yang lebih terjangkau. Ketika berbicara tentang mobil bekas tabrakan, banyak pendapat bermunculan. Beberapa orang mungkin ragu, sedangkan yang lain melihatnya sebagai peluang yang menarik.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas tabrakan, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Mobil bekas tabrakan dapat digolongkan menjadi tiga kategori kerusakan, yaitu ringan, sedang, hingga parah.

1. Rusak Parah

Sebaiknya, Anda perlu mempertimbangkan dengan serius untuk membeli mobil bekas tabrakan yang rusak parah, seperti sasis atau rangka mobil yang rusak parah. Membeli mobil bekas tabrakan yang rusak parah berarti Anda perlu mempertimbangkan biaya perbaikan yang cenderung tinggi dan faktor keamanan. 

Harga mobil yang rusak parah cenderung lebih terjangkau. Oleh karena itu, mobil bekas ini cocok untuk mereka yang memiliki keterampilan perbaikan atau ingin menjadikannya sebagai proyek restorasi. Meski begitu, perlu dicatat untuk memastikan mobil yang rusak parah tersebut sudah diperbaiki dengan tepat untuk memastikan keselamatan penumpang.

2. Rusak Sedang

Mobil bekas dengan kerusakan sedang merupakan opsi di tengah-tengah. Meskipun mengalami kerusakan yang signifikan, mobil dalam kategori ini biasanya masih dapat diperbaiki tanpa biaya yang terlalu tinggi. Keuntungan utama membeli mobil rusak sedang adalah  potensi harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil non-tabrakan sejenis. Terdapat peluang untuk melakukan perbaikan sendiri atau meminta bantuan dari ahli jika diperlukan.

3. Rusak Ringan

Bisa dibilang, mobil bekas tabrakan dengan rusak ringan menjadi mobil yang paling disarankan untuk Anda beli. Kendaraan dalam kategori ini mungkin hanya mengalami kerusakan komponen yang mudah diganti. Jika memutuskan membeli mobil rusak ringan, Anda akan mendapat harga yang cenderung lebih rendah, perbaikan yang lebih terjangkau, dan potensi untuk segera digunakan tanpa harus melalui proses perbaikan yang rumit.

Dari ketiga kategori yang telah disebutkan tadi, mobil bekas tabrakan masih layak dibeli dengan pertimbangan yang matang. Jika menginginkan harga yang terjangkau, Anda bisa memilih mobil bekas tabrakan yang rusak ringan hingga sedang. Sementara itu, jika tetap menginginkan mobil yang rusak parah, sebaiknya Anda melibatkan profesional dalam penilaian kondisi mobil dan mempertimbangkan risiko keamanannya sebelum membeli. 

Kelebihan Membeli Mobil Bekas Tabrakan

Meskipun memiliki risiko tertentu, membeli mobil bekas tabrakan juga memiliki kelebihan-kelebihan tertentu. Berikut ini adalah beberapa kelebihan membeli mobil bekas tabrakan.

1. Harga lebih Terjangkau

Mobil bekas tabrakan umumnya dihargai jauh lebih rendah dibandingkan dengan mobil yang tidak pernah mengalami kecelakaan. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas, tetapi tetap ingin memiliki kendaraan pribadi.

2. Potensi Perbaikan dan Restorasi

Mobil bekas tabrakan biasanya sudah diperbaiki dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Hal ini bisa menjadi daya tarik karena Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya perbaikan lagi. Selain itu, jika memutuskan untuk memperbaiki kendaraan tersebut sendiri, tentunya Anda dapat menyesuaikan perbaikan dengan preferensi dan selera pribadi.

3. Negosiasi Harga yang Lebih Baik

Kondisi mobil yang kurang baik memberikan peluang untuk bernegosiasi harga yang lebih menguntungkan dengan penjual. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang biaya perbaikan yang diperlukan, Anda dapat menggunakan informasi tersebut sebagai dasar untuk mendiskusikan harga yang lebih menguntungkan.

4. Sumber Suku Cadang

Membeli mobil bekas dapat menjadi sumber suku cadang yang murah. Anda dapat menggunakan mobil tersebut sebagai penyedia suku cadang untuk kendaraan serupa yang mungkin Anda miliki. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat menjual suku cadangnya kembali jika memiliki keterampilan dalam bisnis suku cadang bekas.

5. Cocok untuk Proyek Hobi

Bagi pecinta otomotif yang memiliki minat dalam proyek hobi atau restorasi, membeli mobil bekas bisa menjadi tantangan yang menarik. Proses restorasi ini dapat menjadi pembelajaran tersendiri bagi Anda yang sedang mempelajari seputar spare part mobil.

Baca juga: Cari Tahu Dokumen-Dokumen Jual Beli Mobil Bekas Di Sini!

Itulah tadi ulasan mengenai apakah mobil bekas tabrakan layak dibeli. Meskipun memiliki kelebihan-kelebihan tertentu, membeli mobil bekas tabrakan tetap memiliki risiko yang harus dipertimbangkan dengan baik. Pastikan Anda membeli mobil bekas dari penjual yang tepercaya dan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda makin tertarik untuk membeli mobil bekas? Jika Anda sedang mencari mobil bekas, pertimbangkan untuk mengikuti lelang mobil bekas di JBA Indonesia. Temukan berbagai pilihan mobil dari berbagai merek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, selera, dan budget Anda.

Kemudahan lelang di JBA Indonesia menawarkan kenyaman dan keamanan selama proses lelang. Kami bukan hanya sekadar menyelenggarakan lelang, melainkan juga menyediakan solusi terkini dalam industri mobil dan motor bekas.

Tak perlu khawatir, setiap kendaraan bekas di JBA Indonesia sudah melalui proses pemeriksaan dan inspeksi yang ketat. Hubungi JBA Indonesia di sini sekarang dan jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan mobil bekas dari proses lelang yang transparan dan aman!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp