Cara Ngecas Motor Listrik dengan Benar

News picture Cara Ngecas Motor Listrik dengan Benar
date_range 2023-11-30
schedule 20:21:06
Cara Ngecas Motor Listrik dengan Benar

Penggunaan motor listrik untuk menemani aktivitas masyarakat sehari-hari memang makin diminati. Konsumsi energi yang efisien dan ramah lingkungan menjadi alasan mengapa popularitas motor listrik terus meningkat. Meskipun demikian, nyatanya banyak pemilik yang tidak tahu cara ngecas motor listrik dengan benar. 

Padahal proses ngecas alias pengisian daya yang benar sangat penting untuk memastikan kinerja motor listrik tetap optimal. Ini semua dilakukan demi menjaga baterai yang menjadi salah satu komponen krusial supaya motor listrik bisa berfungsi dengan normal. 

Jika Anda ingin memilikinya, coba pahami dahulu bagaimana cara mengecas motor listrik yang benar di bawah ini! 

Baca juga: Tips Menjual Motor Bekas

Sekilas Mengenai Motor Listrik Beserta Baterainya

Motor listrik merupakan inovasi canggih dalam dunia transportasi yang menjanjikan keberlanjutan dan efisiensi energi. Berbeda dengan motor konvensional yang mengandalkan bahan bakar fosil, motor listrik menggunakan energi listrik untuk menggerakkan roda. 

Inti dari keunggulan motor listrik terletak pada komponen vitalnya, yaitu baterai. Tentu baterai yang digunakan bukan seperti jenis yang sering Anda temui. Umumnya baterai pada motor listrik menggunakan teknologi lithium-ion, yakni sebuah inovasi yang memberikan daya tahan yang luar biasa.

Baterai lithium-ion memiliki kapasitas penyimpanan energi yang tinggi dan dapat diisi ulang berkali-kali sehingga menjadikannya pilihan yang ideal untuk motor listrik. Peranannya yang krusial pada motor listrik membuat setiap pemilik harus merawat baterai dan komponen-komponen lainnya dengan benar. 

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan proses pengisian daya yang benar sehingga daya tahan baterai tetap optimal dan umur pakainya menjadi lebih panjang. Cari tahu lebih banyak cara mengecas motor listrik dengan baik pada poin berikutnya! 

4 Cara Ngecas Motor Listrik dengan Tepat

Dalam menjaga kondisi motor listrik, pengisian daya menjadi tahap yang kritis. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan pengisian daya berlangsung dengan tepat dan efisien. Langsung simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Pilih Charger yang Sesuai

Pemilihan charger yang sesuai merupakan langkah pertama yang krusial dalam menjaga kondisi baterai motor listrik. Pastikan Anda menggunakan charger yang direkomendasikan oleh produsen motor atau memiliki spesifikasi yang tepat. 

Charger yang tidak cocok dapat menyebabkan pengisian daya menjadi tidak efisien, bahkan bisa merusak baterai. Perhatikan daya output charger dan cocokkan dengan kebutuhan motor listrik Anda untuk hasil yang optimal.

2. Tentukan Waktu Pengisian yang Tepat

Menentukan waktu yang tepat untuk pengisian daya juga memainkan peran penting dalam perawatan baterai. Hindari pengisian berlebih yang dapat merugikan baterai dan sebaliknya, jangan biarkan motor listrik Anda terlalu lama dalam kondisi baterai terlalu rendah. Idealnya, isi daya motor ketika baterai mencapai sekitar 20-30%. Praktik ini membantu menjaga daya tahan baterai dan mencegah degradasi yang cepat.

3. Hindari Pengisian Sebagian

Menghindari pengisian sebagian dapat menjadi langkah penting dalam merawat baterai motor listrik. Meskipun terlihat praktis, pengisian sebagian dapat memengaruhi siklus hidup baterai. Sebaiknya lakukanlah pengisian daya penuh secara teratur. Ketika melakukan pengisian penuh maka Anda sedang menjaga kondisi baterai dan mencegah ketidakseimbangan daya yang dapat merugikan performa motor.

4. Perhatikan Tanda-Tanda Overcharging

Overcharging atau pengisian daya berlebihan dapat merusak baterai dan memperpendek umur motor listrik. Pastikan untuk melepaskan motor dari charger begitu proses pengisian selesai. 

Beberapa charger modern memang sudah dilengkapi dengan fitur otomatis yang mematikan pengisian setelah baterai penuh, tetapi tetaplah waspada terhadap tanda-tanda overcharging. Jaga agar motor tidak terlalu lama terhubung dengan charger untuk menjaga kondisi baterai dalam jangka panjang.

Tips Menjaga Umur Baterai Motor Listrik agar Lebih Awet

Demi memastikan pemakaian motor listrik dapat berlangsung dalam periode waktu yang panjang, JBA Indonesia punya beberapa tips yang bisa diterapkan. Simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Hindari Penggunaan Saat Pengisian

Salah satu cara terbaik untuk menjaga umur baterai motor listrik adalah dengan menghindari penggunaan motor saat sedang diisi daya. Penggunaan motor selama proses pengisian dapat meningkatkan suhu baterai yang pada gilirannya merusak sel dan mempercepat degradasi baterai. Sebaiknya biarkan proses pengisian selesai tanpa menggunakannya untuk memastikan baterai tetap dalam kondisi optimal.

2. Matikan Motor Saat Tidak Digunakan

Penting untuk mematikan motor listrik sepenuhnya saat tidak digunakan. Meskipun motor listrik tidak menghasilkan emisi saat tidak bergerak, baterai tetap terpakai saat motor dalam keadaan menyala.

3. Lakukan Pemeliharaan Berkala

Rutin melakukan pemeliharaan pada motor listrik Anda juga merupakan kunci untuk menjaga umur baterai. Periksa secara berkala kondisi baterai, kabel, dan charger untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran yang dapat merugikan kondisi baterai. Selain itu pastikan juga kontak dan konektor dalam kondisi baik agar pengisian daya bisa berjalan lancar.

4. Jaga Kapasitas Baterai

Hindari menggunakan motor listrik hingga baterai benar-benar habis. Selalu upayakan untuk mengisi daya sebelum baterai mencapai level kritis. Menggunakan motor dalam kondisi baterai yang sangat rendah dapat menyebabkan tekanan berlebih pada sel baterai dan memperpendek umur baterai secara keseluruhan.

5. Ikuti Panduan Pengguna

Setiap motor listrik mungkin memiliki persyaratan pengisian yang sedikit berbeda. Oleh karena itu penting untuk selalu mengikuti panduan pengguna yang disediakan oleh produsen motor. Panduan ini memberikan informasi khusus mengenai cara terbaik untuk mengisi daya motor listrik sekaligus saran-saran untuk menjaga kondisi baterai dalam jangka panjang.

Ketika Anda sudah memahami dan mengikuti langkah-langkah cara ngecas motor listrik dengan benar maka tidak perlu khawatir lagi dengan performanya ketika digunakan berkendara. Perawatan yang tepat pada baterai tidak hanya dilakukan untuk memastikan motor listrik dapat digunakan dalam jangka panjang, tetapi juga untuk keselamatan Anda saat mengendarainya di jalanan. 

Lakukan juga pemeriksaan untuk seluruh komponen motor listrik secara berkala sehingga tidak akan ada kendala teknis yang terjadi. Pemeriksaan menyeluruh juga sangat penting dilakukan apabila Anda ingin membeli motor bekas.

Baca juga: Keuntungan Beli Motor Bekas

Di JBA Indonesia, Anda bisa lebih yakin untuk membeli motor bekas karena setiap kendaraan yang di lelang telah melalui proses pemeriksaan dan inspeksi yang ketat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti lelang motor bekas di JBA Indonesia sehingga Anda punya kendaraan yang tepat untuk menemani aktivitas sehari-hari. 

JBA Indonesia sendiri merupakan platform lelang yang menyediakan akses terjangkau bagi masyarakat untuk mendapatkan motor bekas dengan kondisi yang baik. Melalui reputasinya, JBA Indonesia memberikan keamanan dan kenyamanan dalam setiap transaksi lelang. Untuk informasi yang lebih lengkap tentang keikutsertaan atau jadwal lelang, Anda bisa segera mengunjungi JBA Indonesia

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp