7 Cara Merawat Cat Motor agar Tidak Pudar dan Tetap Terlihat Baru

News picture 7 Cara Merawat Cat Motor agar Tidak Pudar dan Tetap Terlihat Baru
date_range 2024-01-26
schedule 10:58:50
7 Cara Merawat Cat Motor agar Tidak Pudar dan Tetap Terlihat Baru

Memiliki motor yang selalu terlihat baru dapat meningkatkan rasa percaya diri ketika mengendarainya. Salah satu faktor yang membuat motor selalu terlihat baru adalah catnya yang terlihat bersih dan berkilau. Penampilan yang bersih dan berkilau membuat motor terlihat mewah dan memberi kesan bahwa Anda merupakan orang yang bersih.

Lantas, bagaimana cara merawat cat motor agar tidak pudar? Pada kesempatan kali ini, JBA Indonesia akan menjabarkan berbagai cara untuk merawat cat motor agar tidak pudar. Untuk mengetahuinya lebih dalam, baca sampai habis artikel berikut!

Baca juga: Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama

5 Penyebab Cat Motor Cepat Pudar

Sebelum mengetahui bagaimana cara merawat cat motor agar tidak pudar, ketahui terlebih dahulu lima penyebab cat motor cepat pudar di bawah ini agar Anda dapat menghindari hal tersebut. 

1. Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari yang terus-menerus dapat menjadi ancaman serius terhadap keindahan cat motor Anda. Sinar UV yang intens dapat merusak pigmen cat hingga menyebabkan warna motor menjadi pudar dan kusam. Fenomena ini dapat terjadi karena sinar matahari memiliki energi yang cukup untuk merusak struktur molekuler cat, yang pada gilirannya memengaruhi warna asli dari motor.

2. Debu dan Kotoran

Meskipun terlihat sepele, debu dan kotoran juga dapat menjadi penyebab cat bodi motor cepat memudar. Debu dan kotoran yang menempel akan membuat cat menjadi tidak berkilau. Selain itu, debu berpotensi membuat goresan halus atau baret yang pada akhirnya akan berdampak pada keindahan cat motor.

3. Air Hujan

Air hujan mengandung asam nitrat yang dapat menimbulkan reaksi kimia dengan lapisan cat bodi motor. Asam nitrat merusak struktur molekuler cat yang mengakibatkan pemudaran warna dan lebih parahnya dapat menyebabkan korosi pada permukaan logam motor. Kondisi ini menjadi lebih mengkhawatirkan jika Anda tinggal di lingkungan perkotaan, di mana tingginya tingkat polusi udara meningkatkan konsentrasi zat asam nitrat dalam air hujan.

4. Penggunaan Sabun yang Tidak Sesuai

Jika Anda masih menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan motor, maka sangat disarankan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Meskipun sabun cuci piring umumnya efektif untuk membersihkan noda dan kotoran, namun jika digunakan untuk motor dapat memberikan dampak negatif pada cat bodinya.

Sabun cuci piring, terutama yang mengandung bahan kimia pembersih kuat dapat menghilangkan lapisan pelindung wax dan sealant yang diterapkan pada cat motor. Wax dan sealant berfungsi sebagai perisai pelindung yang menjaga kecerahan dan keindahan cat sekaligus melindungi dari kerusakan akibat elemen-elemen lingkungan.

5. Menggosok Bodi Motor dengan Keras

Masih berhubungan dengan proses pembersihan motor, menggosok dengan keras bodi saat mencucinya apalagi menggunakan sikat yang kasar juga dapat mempercepat cat menjadi memudar.

Penggunaan spons atau sikat yang kasar saat mencuci motor dapat menyebabkan goresan halus pada lapisan cat. Walaupun tidak terlihat secara langsung, goresan-goresan tersebut dapat merusak permukaan cat dan membuka jalan bagi efek buruk sinar matahari dan elemen-elemen lainnya untuk lebih mudah meresap ke dalam lapisan cat.

7 Cara Merawat Cat Motor agar Tidak Pudar

Setelah mengetahui beberapa penyebab cat motor cepat pudar, sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana cara merawat cat motor agar tidak pudar di bawah ini.

1. Parkir di Tempat yang Teduh

Langkah pertama dalam merawat cat motor agar tidak pudar adalah tidak memarkirnya di sembarang tempat. Pilihlah tempat parkir yang memiliki atap sehingga memberikan perlindungan dari cuaca ekstrem seperti panas terik matahari atau hujan yang mengandung asam nitrat yang tinggi.

2. Gunakan Penutup Motor

Menyediakan penutup motor di bagasi kendaraan Anda merupakan keputusan cerdas yang dapat menjadi solusi ketika tidak menemukan tempat parkir yang teduh. Penutup motor merupakan alat yang juga dapat melindungi kendaraan dari berbagai faktor lingkungan yang dapat merusak cat dan komponen kendaraan.

3. Cuci secara Berkala

Mencuci motor secara rutin merupakan langkah dasar yang penting dalam menjaga keindahan cat agar selalu terlihat baru. Saat mencuci, pastikan untuk memilih produk pembersih yang dirancang khusus untuk kendaraan dan menghindari detergen atau bahan pembersih rumah tangga yang dapat merusak lapisan pelindung cat. Gunakan juga spons halus atau kain mikrofiber yang memberikan sentuhan lembut pada permukaan motor untuk mencegah terjadinya goresan kecil.

4. Gunakan Wax 

Melakukan waxing motor juga merupakan tindakan pencegahan yang penting dalam merawat cat motor dan melindunginya dari efek buruk sinar UV serta faktor lingkungan lainnya.

Selain sebagai proteksi agar cat selalu terlindungi, waxing juga membuat tampilan cat menjadi berkilau. Namun, penting untuk memilih wax yang sesuai dengan jenis cat motor Anda dan mengikuti petunjuk penggunaan yang benar. Beberapa jenis wax dapat diaplikasikan dengan mudah dan cepat, sementara yang lain memerlukan proses aplikasi yang lebih detail.

5. Cuci setelah Terkena Air Hujan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa air hujan dapat menjadi musuh pada cat motor. Partikel-partikel yang terdapat dalam air hujan, seperti asam nitrat, debu dan polusi yang terlarut dapat meninggalkan noda pada cat kendaraan. 

Cuci motor secara menyeluruh setelah Anda menerjang hujan, minimal dengan melakukan penyiraman menggunakan air bersih hingga tidak ada air hujan yang tertinggal. Hal ini bertujuan untuk mencegah kotoran tidak dapat meresap ke dalam cat kendaraan.

6. Hindari Memasang Stiker

Meskipun stiker dapat memberikan sentuhan unik pada motor, pemasangan stiker dapat memiliki dampak buruk pada kondisi cat kendaraan. Perekat pada belakang stiker itu sendiri dapat merusak lapisan cat, terutama jika stiker tersebut harus dilepaskan pada suatu waktu. Jika memang diperlukan, pastikan untuk menggunakan stiker berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk kendaraan dan dapat dilepaskan tanpa merusak cat. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Stiker Di Motor

7. Perbaiki Kerusakan dengan Cepat

Jika terdapat kerusakan pada cat motor, segera perbaiki dengan cat touch up, yaitu cat oles yang mampu menyamarkan goresan kecil atau membawa motor ke bengkel cat tepercaya. Memperbaiki kerusakan secara cepat dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan menjaga penampilan motor tetap kinclong.

Itulah penyebab cat motor cepat pudar dan bagaimana cara merawat cat motor agar tidak pudar. Anda mungkin juga tertarik untuk mendapatkan motor baru dengan cat yang berkilau. JBA Indonesia menawarkan layanan lelang motor dengan proses yang transparan dengan harga yang terjangkau.

JBA Indonesia juga memberi kemudahan untuk mengikuti lelang dari mana saja dengan sistem lelang online yang dapat diakses dari aplikasi maupun website. Tunggu apalagi, cek jadwal lelangnya di sini!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp