BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Aki Motor Bekas Soak Karena Jarang Digunakan. Fakta Atau Mitos?

News picture Aki Motor Bekas Soak Karena Jarang Digunakan. Fakta Atau Mitos?

JBA - Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor bekas adalah aki motor bekas yang soak atau bahkan mati akibat beberapa hal. Namun salah satu faktor yang seringkali menjadi alasan utamanya adalah karena jarangnya aki motor bekas digunakan. Lalu apakah anggapan tersebut benar?

Menurut salah satu sales supervisor Motobatt, Setyawan, alasan karena jarang digunakan memang benar karena aki motor bekas mengalami kondisi discharge.

“Kalau hal itu memang benar. Sebab, aki kalau udah enggak pernah digunakan justru akan mengalami discharge,” ucap Setyawan, seperti dilansir laman GridOto.com.

Baca Juga: Komponen Yang Wajib Diganti Saat Usia Mobil Lima Tahun

Discharge sendiri adalah kondisi di mana berkurangnya tegangan listrik pada komponen aki.

“Aki itu sebenarnya punya kemampuan untuk dapat menahan dischargenya,” tambah Setyawan.

Jadi, kalau aki masih dalam kondisi bagus, maka saat disimpan di motor, tegangannya masih ada atau dengan kata lain voltasenya masih 100%.

“Nah, kalau setiap minggunya motor enggak mengalami pengisian, maka aki akan mengalami pengurangan daya atau discharge mulai dari 10% hingga 20%,” ungkap Setiawan.

Kondisi ini terjadi karena meskipun motor dalam kondisi mati, masih ada beberapa komponennya yang ternyata masih mengisap daya dari aki tersebut.

Kondisi berbeda justru terjadi pada motor yang sering digunakan, seperti naik motor untuk menuju ke kantor, kuliah atau hanya sekedar mengantarkan anak ke sekolah.

“Kalau aki sering digunakan, membuatnya menjadi bersirkulasi karena terjadi proses pengisian. Ini karena listrik yang dihasilkan oleh spul untuk selanjutnya ditampung di Aki,” terang Wawan lagi.

“Dari aki, terus digunakan ke lampu, klakson, pengapian, hingga nanti bisa diisi lagi oleh spul, dan terus bersirkulasi,” tambah Wawan.

Baca Juga: Pedoman Ganti Oli Gardan Pada Motor Matik dan Biayanya

Menurut Wawan, motor yang sering digunakan, justru juga bisa mengalami discharga pada bagian akinya. Namun, tidak secepat jika motor sedang tidak digunakan.

“Namun jangka waktunya itu tidak secepat jika motor tidak pernah digunakan. Itulah mengapa umur aki motor yang sering digunakan lebih awet daripada motor bekas yang tidak peernah digunakan,” pungkas Wawan.

Lalu bagaimana jika motor tidak sering digunakan? Apakah tetap akan membuat aki motor soak atau mati?

“Sebenarnya dengan rajin memanasi mesin motor itu dapat mengurangi risiko discharge yang terjadi pada aki,” pungkas Wawan.