BERITA & PROMOSI UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

7 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

News picture 7 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

PT JBA Indonesia – Musim hujan sudah tiba. Bahkan beberapa intesitasnya cukup tinggi. Alhasil, mungkin banyak genangan tinggi bahkan banjir di titik-titik tertentu di kota Anda. Ketika kondisi tersebut muncul, salah satu yang Anda khawatirkan tentu kendaraan Anda. Bukan hanya masalah banjir, tapi juga kendaraan Anda yang semakin sering diguyur hujan tentu akan memunculkan masalah. Tenang, JBA ada tipsnya untuk merawat mobil saat musim hujan! 

 

  1. Sering periksa komponen mesin

Pemeriksaan komponen mesin secara berkala sangatlah perlu, karena air dapat masuk melalui celah sempit. Anda harus memastikan tidak ada komponen mesin yang terganggu karena dapat menyebabkan kendaraan mogok.

 

  1. Ganti filter udara

Tukar dengan filter standar yang direkomendasikan pabrik, bila mobil Anda menggunakan filter udara terbuka. Karena jika filter terkena air dalam jumlah banyak, maka mesin akan terganggu bahkan bisa mengakibatkan mobil sulit dinyalakan.

 

  1. Perhatikan kondisi wiper

Cek secara berkala kualitas karet wiper mobil. Jika karet sudah menipis dan getas di beberapa bagian, lebih baik segera diganti, karena akan mengganggu tugasnya menghapus air yang menghalangi pandangan pengemudi. Terutama saat Anda mengemudi dalam kondisi hujan deras.  

 

  1. Jangan tunggu air hujan kering

Air hujan yang mengguyur eskterior mobil dan dibiarkan mengering begitu saja dapat merusak cat dan lapisan mobil atau motor Anda. Air hujan mengandung asam yang lama kelamaan dapat merusak lapisan cat kendaraan dan membuat cepat berkarat. Segera cuci mobil atau motor dengan sabun khusus dan bilas sampai bersih lalu dikeringkan.

 

  1. Mengganti oli setelah terkena banjir

Segera ganti oli mobil atau motor bila Anda pernah melewati banjir atau terendam banjir.

 

  1. Jangan lupakan Kolong Mobil

Selain di bodi mobil, karat juga dapat di sektor kaki-kaki mobil bila banyak kotoran atau sisa air hujan. Selalu cuci bersih juga bagian ini setelah kehujanan, agar tak terjadi penumpukan kerak yang dapat berakibat memperpendek usia pakai komponen di bagian kolong ini.

 

Untuk Anda yang belum dan ingin mempunyai kendaraan pribadi agar memudahkan trasnportasi Anda pada musim hujan, beli kendaraan bekas dengan harga yang kompetitif merupaka salah satu pilihan, silakan cek disini, karena JBA mempunyai banyak pilihan mobil bekas untuk Anda, lengkap dengan keterangan kondisi unitnya.