NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Toyota Kasih Kode Peluncuran Avanza Terbaru

News picture Toyota Kasih Kode Peluncuran Avanza Terbaru

JBA - Demi meraih kembali predikat sebagai raja mobil low multi purpose vehicle (MPV), membuat PT Toyota Astra Motor melakukan berbagai studi dan riset untuk mengembalikan kejayaan Avanza. Hal ini dikatakan langsung oleh Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto.

Dirinya mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan berbagai studi untuk generasi terbaru dari low multi purpose vehicle (MPV) Avanza dan hal ini pun telah dibicarakan hingga ke principal Toyota yang berada di Jepang.

Soerjo juga sedikit membocorkan riset dari mobil yang diprediksi akan menjadi pesaing terberat dari Xpander, salah satu bocorannya adalah mengenai perubahan sistem penggerak roda Avanza yang kabarnya akan mengalami banyak perubahan.

Hal ini dilakukan mengingat para competitor di kelasnya juga telah mengadopsi sistem penggerak roda depan, seperti Mobilio, Ertiga dan Xpander. Sedangkan Avanza saat ini hanya mempunyai sistem penggerak roda belakang saja.

“Saat ini yang kami tahu banyak dari produk low MPV yang berubah menjadi front wheel drive. Hal ini tentunya jadi keunggulan tersendiri, sebab akselerasi awalnya jadi lebih bagus,” ucap Soerjo, seperti dilansir laman CNN Indonesia, Senin (4/6) kemarin.

Meskipun begitu, menurut Soerjo tentunya ada yang harus dikorbankan, yaitu berkurangnya citra mobil pengangkut beban tersebut.

“Kuda bebannya atau syarat sebagai MPV pengangkut barang yang lebih banyak tentunya akan lebih berkurang jika dibandingkan rear wheel drive. Nah, hal itulah yang akan jadi konsen kami,” tuturnya.

Berubahnya penggerak roda Avanza sampai saat ini masih menjadi perdebatan di internal Toyota. TAM sendiri sebenarnya lebih mementingkan kemampuan mobil penggerak roda belakang sebagai kuda beban agar daya angkut menjadi lebih banyak di samping desainnya yang memang digemari oleh para konsumen.

“Jadi kami itu sekarang lebih melihat bahwa konsumen itu membutuhkan refreshment (desain),” terang Soerjo.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) ditanyakan mengenai hal ini tidak mau banyak berkomentar, apalagi mengenai Xenia yang menjadi salah satu kembaran identic Avanza.

Amelia juga menjelaskan bahwa pihaknya nanti akan memberikan informasi saat tiba waktu peluncuran dua MPV identik tersebut. “Jika sudah ada waktunya pasti nanti kita informasikan,” terang Amelia.