NEWS & PROMO UPDATE BERITA TERBARU DAN INFORMASI PROMO TERKINI

Hentikan Penjualan Delica, Mirage Siap-siap Disuntik Mati

News picture Hentikan Penjualan Delica, Mirage Siap-siap Disuntik Mati

JBA - Bagi Anda penggemar Mitsubishi Delica sepertinya harus kecewa, sebab Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) secara resmi telah menghentikan penjualan Delica di Indonesia. Hal ini disebabkan karena minimnya permintaan konsumen terhadap mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut.

“Dengan tidak terlalu tingginya tingkat permintaan, membuat kami mengambil keputusan untuk tidak mengimpor kendaraan tersebut lagi,” ucap Imam Choeru Cahya, Kepala Penjualan dan Pemasaran Grup MMKSI dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Baca Juga: Mitsubishi Motors Siapkan Mobil Baru Mirip Xpander

Berdasarkan data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jumlah penjualan Delica memang tidak pernah membaik. Bahkan selama periode Januari-Juni 2018, kendaraan ini hanya terjual sebanyak 28 unit saja. Sedangkan pada periode yang sama di tahun 2017, kendaraan ini hanya terjual sebanyak 108 unit.

Bahkan Imam menuturkan jika rencana menghentikan penjualan Delica telah ada sejak tahun 2017 kemarin. Namun, MMKSI baru secara resmi memutuskan untuk menghentikan impor pada tahun ini dan saat ini stock unit Delica sudah tidak tersedia lagi di berbagai dealer Mitsubishi yang ada.

Namun, bagi para konsumen yang telah terlanjur membeli mobil ini, Imam memastikan jika para konsumen tidak perlu khawatir, sebab Mitsubishi yang berada di Jepang hingga saat ini masih memproduksi Delice beserta dengan suku cadangnya.

“Jadi untuk ketersediaan suku cadang semua masih akan tersedia,” terang Imam lagi.

Sekedar informasi bahwa Mitsubishi Delica pertama kali muncul di pasar Indonesia pada tahun 2014. Namun, Mitsubishi telah lama tidak melakukan penyegaran terhadap mobil ini setelah mengeluarkan varian teratasnya, Royale diluncurkan pada 2015 lalu. Delica sendiri merupakan mobil yang diimpor utuh dari Jepang.

Mirage di Ujung Tanduk

Selain Delica, city car buatan Mitsubishi lainnya, yaitu Mirage kabarnya pun bakal berhenti dijual di Indonesia. Bahkan saat ini, stok unit Mirage hanya tersisa sebanyak 200 unit di berbagai dealer dan hingga kini belum ada kepastian kapan impor lanjutan dari Thailand akan segera dilakukan.

Baca Juga: Mitsubishi Xpander Berhasil Tumbangkan Dominasi Avanza

“Penjualan Mirage hingga kini masih akan tetap kami lakukan untuk menghabiskan sisa di dealer,” ucap Imam lagi.

Hatta Harris, Kepala Perencanaan Bisnis MMKSI, ketika dimintai komentar mengenai Mirage belum dapat menarik kesimpulan apakah di tahun depan bakal menghentikan penjualan mobil tersebut.

“Kalau hal itu, hingga saat ini kami belum tahu apakah akan menyetopnya atau tidak,” terang Hatta lagi.

Mirage sendiri pertama kali meluncur di paar otomotif Indonesia pada tahun 2012 lalu, dimana edisi penyegarannya datang pada tahun 2016 yang lalu. Namun ternyata penyegaran yang dilakukan belum dapat membantu meningkatkan penjualan mobil tersebut.

Melihat hal tersebut, membuat pihak MMKSI menduga jika pasar Mirage telah banyak diambil oleh mobil murah ramah lingkungan atau LCGC. Berdasarkan data wholesales yang dikeluarkan oleh Gaikindo menunjukkan jika selama periode Januari-Juni 2018, Mirage hanya berhasil terjual sebanyak 259 unit saja. Padahal pada periode yang sama di tahun sebelumnya, Mirage berhasil mengumpulkan total penjualan sebanyak 1.076 unit.