Ingin Transaksi? Cari Tahu 5 Dokumen Jual Beli Mobil Bekas Di Sini!

News picture Ingin Transaksi? Cari Tahu 5 Dokumen Jual Beli Mobil Bekas Di Sini!
date_range 2023-12-05
schedule 14:14:30
Ingin Transaksi? Cari Tahu 5 Dokumen Jual Beli Mobil Bekas Di Sini!

Apakah Anda ingin membeli mobil bekas? Sebelum melibatkan diri dalam proses jual beli, penting bagi Anda untuk memahami bahwa kesiapan dokumen dapat menjadi kunci kesuksesan transaksi tersebut.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang dokumen jual beli mobil bekas yang perlu Anda ketahui. Dari surat-surat yang harus dipersiapkan hingga tips memilih mobil bekas yang tepat, JBA Indonesia akan memberikan informasi yang berguna bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas. Simak informasinya di bawah ini!

5 Dokumen Jual Beli Mobil Bekas yang Harus Ada

Membeli mobil bekas memang menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang. Selain harganya yang lebih terjangkau, mobil bekas juga memiliki nilai jual yang lebih stabil. Namun, sebelum membeli mobil bekas, ada beberapa dokumen jual beli mobil bekas yang perlu Anda ketahui. Berikut adalah beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukan transaksi jual beli mobil bekas.

1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

STNK adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor, termasuk mobil bekas. STNK berisi informasi tentang nomor polisi, nomor rangka, nomor mesin, jenis kendaraan, tahun pembuatan, dan lain sebagainya. Pada STNK, informasi seperti nama pemilik, nomor polisi, dan masa berlaku pajak kendaraan harus jelas tertera. Pastikan STNK mobil bekas yang akan Anda beli masih berlaku dan tidak dalam masa tenggang.

2. Buku Pemilik Kendaraan

Buku Pemilik Kendaraan atau biasa disebut BPKB adalah dokumen yang membuktikan bahwa Anda adalah pemilik sah dari mobil bekas tersebut. BPKB berisi informasi tentang nama pemilik, nomor polisi, nomor rangka, nomor mesin, jenis kendaraan, tahun pembuatan, dan lain sebagainya. 

Buku ini tidak hanya memberikan gambaran tentang kesehatan mekanis mobil, tetapi juga menunjukkan tingkat perhatian dan perawatan yang telah diberikan oleh pemilik sebelumnya. Anda harus memastikan BPKB mobil bekas yang akan dibeli sesuai dengan nama pemilik yang tertera di STNK.

Baca juga: Cara Mengurus BPKB Mobil Lelang

3. Faktur Pembelian

Dokumen jual beli mobil bekas selanjutnya adalah faktur pembelian. Faktur pembelian adalah dokumen yang dibuat oleh dealer atau showroom tempat mobil bekas tersebut dibeli. Faktur pembelian berisi informasi tentang harga mobil, tanggal pembelian, dan informasi tentang dealer atau showroom tersebut. 

Dalam konteks jual beli mobil bekas, faktur pembelian memberikan legitimasi terhadap transaksi tersebut dan menjadi bukti resmi kepemilikan. Pastikan faktur pembelian mobil bekas yang akan Anda beli asli dan bukan barang palsu.

4. Kuitansi

Kuitansi adalah bukti pembayaran yang diberikan oleh penjual kepada pembeli. Kuitansi mencakup informasi tentang harga mobil, tanggal pembayaran, dan informasi tentang penjual. Kuitansi mencatat penerimaan pembayaran dan dapat berfungsi sebagai bukti bahwa transaksi keuangan telah terjadi antara penjual dan pembeli. Cek berulang kuitansi mobil bekas yang akan Anda beli asli dan bukan barang palsu. 

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK adalah dokumen yang membuktikan bahwa mobil bekas tersebut tidak terlibat dalam kejahatan atau tindakan kriminal. SKCK dapat diperoleh dari kantor kepolisian setempat. Pastikan mobil bekas yang akan Anda beli memiliki SKCK yang valid. Meskipun tidak selalu menjadi prasyarat resmi, SKCK dapat memberikan keamanan tambahan kepada pembeli.

Menyertakan SKCK dalam proses jual-beli dapat memberikan kepercayaan tambahan dan meningkatkan integritas transaksi. Pastikan SKCK yang Anda miliki adalah salinan sah dan terbaru untuk memberikan keyakinan bahwa mobil tidak terlibat dalam kegiatan ilegal yang dapat merugikan pembeli di masa depan.

Tips Memilih Mobil Bekas

Memilih mobil bekas memerlukan perhatian khusus agar Anda mendapatkan kendaraan yang memenuhi kebutuhan dan tetap andal. Berikut adalah tips untuk membantu Anda dalam proses pemilihan mobil bekas. 

1. Periksa Riwayat Servis dan Perawatan

Dapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai bagaimana mobil tersebut telah dijaga dan dirawat oleh pemilik sebelumnya. Perhatikan buku service yang mencatat setiap servis rutin, penggantian suku cadang, dan perbaikan yang telah dilakukan. Informasi ini memberikan gambaran tentang seberapa baik kendaraan tersebut telah diurus dan dapat memberikan indikasi mengenai potensi masalah mekanis.

2. Uji Jalan Kendaraan

Melakukan uji jalan kendaraan adalah langkah kunci dalam mengevaluasi kualitas dan kinerja mobil bekas. Saat melakukan uji jalan, perhatikan berbagai aspek yang dapat memberikan gambaran tentang kondisi dan keandalan kendaraan. Perhatikan apakah ada gejala kecepatan tidak stabil, suara aneh dari mesin, atau getaran yang tidak biasa. Cek apakah rem mobil berfungsi dengan baik.

Jangan lupakan pengujian visibilitas, termasuk lampu depan, belakang, dan lampu rem. Pastikan semua fungsi lampu berjalan dengan baik. Selain itu, perhatikan indikator pada dashboard yang bisa menjadi petunjuk adanya masalah.

3. Periksa Dokumen Kepemilikan

Pastikan bahwa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Pajak Kendaraan Bermotor (BPKB), dan faktur pembelian lengkap dan sah. STNK merupakan bukti legalitas kepemilikan yang harus sesuai dengan data diri dan identitas mobil. 

Pastikan BPKB telah dibayarkan hingga tahun terkini, menghindari masalah hukum dan finansial di masa mendatang. Selain itu, pastikan faktur pembelian mencantumkan informasi yang akurat, seperti harga jual, tanggal pembelian, dan identitas penjual serta pembeli. Jika Anda membeli mobil bekas melalui lelang di JBA Indonesia, dokumen-dokumen tersebut telah diperiksa secara menyeluruh dan telah diverifikasi.

4. Cek Kilometer Mobil

Kilometer mobil dapat memberikan indikasi seberapa sering mobil digunakan dan seberapa besar pemakaian yang telah dilakukan. Pastikan informasi kilometer yang tertera konsisten dengan riwayat perawatan dan kondisi umum mobil. Kilometer mobil yang rendah menunjukkan pemakaian yang terbatas, tetapi perlu diingat bahwa kilometer yang terlalu rendah juga bisa menjadi pertanda potensi masalah mekanis karena mobil mungkin jarang digunakan.

5. Periksa Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Anda dapat melihat secara teliti apakah terdapat goresan, dent, atau tanda-tanda kerusakan lainnya pada bagian eksterior mobil. Selanjutnya, periksa interior mobil, termasuk kursi dan sistem kontrol. Pastikan semua tombol dan fungsi berfungsi dengan baik, dan perhatikan tanda-tanda keausan yang berlebihan.

Pemeriksaan fisik yang teliti membantu Anda mengidentifikasi potensi masalah dan merencanakan tindakan selanjutnya, serta memastikan bahwa mobil bekas yang Anda pilih sesuai dengan harapan dan standar yang diinginkan.

Baca juga: Keuntungan Membeli Mobil Lelang yang Wajib Diketahui

Setelah Anda memastikan semua dokumen jual beli mobil bekas lengkap, langkah selanjutnya adalah melakukan proses balik nama mobil. Proses balik nama mobil harus dilakukan agar mobil bekas tersebut resmi menjadi milik Anda. Untuk melakukan proses balik nama mobil, Anda memerlukan dokumen-dokumen jual beli mobil bekas yang telah disebutkan di atas.

Membeli mobil bekas memang memerlukan perhatian ekstra dalam memilih mobil yang tepat dan memastikan dokumen jual beli mobil bekas lengkap. Namun, dengan memperhatikan semua hal tersebut, Anda dapat membeli mobil bekas dengan nyaman. 

Jika Anda sedang mencari mobil bekas yang terjangkau dan ingin pengalaman beli yang tepercaya, Anda dapat mengikuti lelang mobil di JBA Indonesia setiap hari Selasa dan Kamis. JBA Indonesia menawarkan dokumen histori mobil yang lengkap dan adanya transparansi dalam jual beli mobil bekas. Kunjungi website resmi JBA Indonesia untuk mendapatkan informasi lengkap terkait lelang mobil dan motor!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp