5 Cara Setting Bluetooth Audio Mobil dengan Tepat

News picture 5 Cara Setting Bluetooth Audio Mobil dengan Tepat
date_range 2023-11-30
schedule 20:30:43
5 Cara Setting Bluetooth Audio Mobil dengan Tepat

Inovasi dalam dunia otomotif terus berkembang untuk membuat pengemudi maupun penumpang merasa nyaman saat berkendara. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran fitur Bluetooth yang bisa dimanfaatkan untuk memutar lagu atau menavigasi perjalanan. Apakah Anda sudah pernah menggunakannya? Tahukah Anda bagaimana cara setting Bluetooth audio mobil? 

Jika selama ini merasa bosan saat berkendara, itu berarti fitur bluetooth yang tersedia dalam mobil belum digunakan secara maksimal. Pasalnya mobil-mobil yang ditawarkan kepada masyarakat saat ini sudah memiliki semua fitur canggih untuk memastikan kepuasan berkendara setiap pengemudi dan penumpang. 

Anda hanya perlu tahu cara menggunakannya atau mengaturnya sehingga perjalanan yang dilakukan akan jadi sangat menyenangkan. Tidak perlu khawatir karena JBA Indonesia sudah menyiapkan informasi lengkap yang perlu Anda pahami dengan baik berikut ini. Sudah siap belajar? Mari mulai pembahasannya sekarang! 

Baca juga: Rem Mobil Berdecit? Berikut Penyebab serta Cara Mengatasinya

Apa Itu Fitur Bluetooth untuk Mobil?

Bluetooth mengacu pada teknologi nirkabel yang memungkinkan smartphone dapat terhubung tanpa menggunakan kabel fisik. Umumnya ditemukan pada sistem audio mobil, fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menghubungkan smartphone ke sistem audio mobil. Awalnya dikenal untuk panggilan hands-free, Bluetooth pada mobil juga memfasilitasi streaming musik tanpa harus menggunakan kabel aux.

Fungsinya sangat beragam, termasuk memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk melakukan panggilan telepon hingga mendengarkan musik secara hands-free melalui sistem audio mobil. Selain itu Bluetooth juga memfasilitasi pengaturan yang lebih sederhana dan cepat antara perangkat-perangkat yang terhubung di dalam mobil sehingga meningkatkan kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

3 Fungsi Fitur Bluetooth untuk Mobil

Demi mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fitur Bluetooth pada mobil, coba pahami berbagai fungsinya berikut ini. 

1. Panggilan Telepon Hands-Free

Salah satu fungsi utama fitur Bluetooth pada mobil ialah melakukan panggilan telepon hands-free. Maksudnya Anda dapat menjawab dan mengakhiri panggilan tanpa harus menyentuh smartphone ketika sudah terhubung ke audio mobil melalui Bluetooth. 

Mikrofon dan speaker akan langsung terintegrasi pada sistem audio mobil sehingga percakapan yang dilakukan pasti jernih dan aman selama perjalanan. Keberadaannya tidak hanya meningkatkan keselamatan berkendara tetapi juga memberikan kenyamanan dalam mengelola panggilan telepon tanpa mengganggu fokus pada jalanan.

2. Streaming Musik Nirkabel

Fungsi Bluetooth pada mobil juga mencakup streaming musik nirkabel. Anda dapat dengan mudah menghubungkan smartphone ke sistem audio mobil dan memutar musik langsung dari aplikasi streaming musik terfavorit. 

Tanpa perlu kabel, Anda jadi dapat menikmati pengalaman mendengarkan lagu yang lebih bebas dan terorganisasi di dalam mobil. Fungsi ini memberikan kebebasan untuk menyesuaikan playlist Anda tanpa harus menyentuh smartphone.

3. Navigasi Suara

Fungsi navigasi suara menjadi makin penting dalam pengalaman berkendara dan Bluetooth dapat digunakan untuk menyinkronkan arahan navigasi dari aplikasi peta dari smartphone ke sistem audio mobil. 

Suara panduan navigasi akan diputar melalui speaker mobil untuk memastikan Anda mendapatkan petunjuk dengan jelas tanpa harus melihat layar smartphone. Tentunya fungsi ini akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Baca juga: Setir Mobil Terkunci? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

5 Cara Setting Bluetooth Audio Mobil

Penggunaan bluetooth audio tergolong mudah karena pengemudi cukup menyambungkan perangkat dengan mengikuti instruksi yang ada pada layar atau head unit mobil. Namun, untuk mengoptimalkan pengalaman penggunaan Bluetooth audio di dalam mobil, ada langkah-langkah pengaturan sederhana yang juga dapat Anda diikuti. Perhatikan penjelasannya dengan saksama berikut ini. 

1. Aktifkan Bluetooth pada Smartphone dan Audio Mobil

Sebelum bisa menggunakannya, Anda harus memastikan Bluetooth pada mobil dan smartphone sudah dinyalakan dengan baik. Untuk menyalakannya, Anda bisa membuka pengaturan, lalu cari opsi "Bluetooth". Kemudian ubah posisi dari Off ke On sehingga bluetooth pada audio mobil maupun smartphone menjadi visible untuk satu sama lain. 

2. Temukan Perangkat

Setelah Bluetooth diaktifkan pada kedua perangkat, sistem audio mobil akan langsung melakukan pencarian perangkat yang tersedia untuk dihubungkan. Pada layar sistem audio mobil biasanya Anda bisa menemukan opsi untuk mencari perangkat atau daftar perangkat yang tersedia. Jadi pastikan bahwa perangkat seluler Anda terlihat dalam daftar tersebut.

3. Pairing atau Pengaitan

Pilih perangkat seluler Anda dari daftar yang tersedia dan lakukan proses pairing atau pengaitan. Jangan kaget apabila Anda melihat permintaan kode password pada sistem audio mobil karena hal ini dibutuhkan sebagai langkah keamanan. Anda hanya perlu memasukkan angka yang sama pada audio mobil dan smartphone sehingga keduanya bisa terhubung.

4. Uji Koneksi

Setelah proses pairing selesai, cobalah melakukan uji koneksi dengan memutar musik atau membuat panggilan telepon dari perangkat seluler Anda. Pastikan bahwa suara dapat diputar melalui sistem audio mobil dan tidak ada gangguan pada koneksi Bluetooth. Anda juga dapat menguji fungsi lain seperti streaming musik atau menjalankan aplikasi navigasi untuk memastikan semua fitur berfungsi dengan baik.

5. Selesai

Jika smartphone sudah terhubung dengan sistem audio mobil dan berfungsi dengan baik, maka Anda sudah bisa menerima panggilan telepon atau memutar lagu dengan lebih nyaman. Pastikan untuk mengatur volume dan kualitas suara yang Anda inginkan agar perjalanan makin menyenangkan.

Hindari Penggunaan Gadget Ketika Mengemudi

Menyambungkan bluetooth ke mobil memang membuat perjalanan Anda menjadi lebih asyik. Namun, Anda harus mengetahui bahwa penggunaan gadget ketika berkendara akan membahayakan diri Anda, maupun penumpang lainnya. Sehingga, jika Anda ingin menyambungkan bluetooth ponsel ke sistem audio mobil, disarankan untuk melakukannya saat kendaraan berada di posisi diam. Bahkan, hal ini sudah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 283, lho! Untuk itu, selalu ikuti peraturan yang berlaku demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Tentunya sekarang Anda sudah lebih memahami cara setting Bluetooth audio mobil dengan tepat, bukan? Semoga Anda jadi dapat menikmati perjalanan berkendara dengan kenyamanan dan kemudahan konektivitas nirkabel. 

Ketika fitur Bluetooth diatur dengan benar maka Anda bisa menjawab panggilan telepon atau mendengarkan musik tanpa kehilangan fokus pada jalanan. Masih tidak bisa menggunakan Bluetooth di mobil setelah mengikuti cara-cara di atas? Coba periksa teknologi Bluetooth yang terpasang dalam mobil.

Biasanya Bluetooth pada mobil yang sudah tua belum memiliki keterhubungan yang baik sehingga sangat mungkin kalau Anda tidak bisa menjawab panggilan atau mendengarkan musik berkualitas.

Jika Anda berencana mencari kendaraan dengan fitur-fitur modern dengan inovasi terbaru, termasuk sistem audio yang masih berfungsi sempurna, pertimbangkan untuk mengikuti lelang mobil di JBA Indonesia. 

JBA Indonesia sendiri menyediakan platform lelang yang tepercaya untuk mendapatkan mobil dengan pilihan dan kebutuhan Anda. Di sini Anda dapat menemukan berbagai pilihan mobil bekas yang dilelang dengan fitur-fitur canggih dan harga yang kompetitif. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki kendaraan yang tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara, tetapi juga nilai investasi yang baik. Kunjungi JBA Indonesia sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jadwal lelang dan spesifikasi mobil yang tersedia!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp