5 Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama

News picture 5 Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama
date_range 2023-11-30
schedule 20:43:58
5 Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Motor adalah kendaraan yang memiliki banyak komponen penting, dan salah satu yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah rantai motor. Rantai motor yang terawat dengan baik dapat memastikan kinerja motor tetap optimal dan umur pakainya menjadi lebih panjang. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan panduan lengkap mengenai cara merawat rantai motor agar tetap awet dan tahan lama.

Anda juga dapat menerapkan tips praktis untuk merawat rantai motor dengan baik. Dari cara membersihkan rantai hingga memilih pelumas yang tepat, artikel ini akan membantu kamu memperpanjang umur rantai motormu dan menghindari kerusakan yang tidak perlu. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Tips Menjual Motor Bekas untuk Meningkatkan Nilai Jualnya

Mengapa Merawat Rantai Motor Sangat Penting?

Rantai motor adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk mentransfer daya dari mesin ke roda belakang. Rantai motor umumnya terdiri dari serangkaian mata rantai yang terhubung satu sama lain, membentuk sebuah loop yang terpasang pada roda rantai belakang dan roda rantai depan. Seiring putaran mesin, rantai motor mentransfer tenaga dari gir mesin ke gir roda belakang, yang kemudian mendorong roda belakang untuk memutar roda dan menggerakkan sepeda motor maju. Biasanya rantai motor terbuat dari baja yang tahan aus dan kuat.

Keberadaannya sangat penting dalam sistem transmisi sepeda motor karena memungkinkan perpindahan daya yang efisien dari mesin ke roda. Rantai motor bertanggung jawab untuk menghubungkan roda belakang dengan mesin. Jika rantai motor rusak atau aus, maka sepeda motor tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, merawat rantai motor sangat penting untuk menjaga kinerja sepeda motor.

Jika rantai motor tidak dirawat dengan baik, maka dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya kondisi rantai yang aus. Rantai motor yang kotor atau aus dapat menyebabkan suara berisik saat berkendara. Selain itu, rantai motor yang aus juga mempercepat kerusakan pada gear rantai motor dan baut roda belakang. Jika kerusakan ini tidak segera diperbaiki, maka dapat menghasilkan kondisi yang serius pada sepeda motor.

Bukan hanya itu saja, risiko kegagalan rantai saat berkendara juga meningkat, yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Rantai motor yang aus dan tidak terawat juga dapat memberikan dampak negatif pada komponen lain dalam sistem transmisi, seperti roda rantai dan gir mesin, membuat bagian-bagian ini juga memiliki risiko kerusakan. Terlebih lagi, perjalanan yang tidak nyaman dapat menjadi konsekuensi dari rantai yang kotor atau terlalu kendur, menciptakan getaran dan suara yang tidak diinginkan.

Keuntungan Merawat Rantai Motor

Merawat rantai motor secara teratur memberikan sejumlah keuntungan signifikan bagi pemilik kendaraan. Pertama-tama, perawatan rutin dapat memperpanjang umur pakai rantai motor dengan mengurangi gesekan berlebih dan keausan. Selain itu, rantai yang terawat dengan baik juga berkontribusi pada optimalisasi kinerja mesin, meningkatkan responsivitas kendaraan, dan mengurangi risiko kegagalan rantai saat berkendara, sehingga meningkatkan keselamatan pengguna jalan. 

Tak hanya itu, merawat rantai motor secara teratur juga berdampak pada biaya perawatan yang lebih terjangkau, sebab menghindarkan Anda dari biaya perbaikan yang tidak perlu. Terakhir, rantai motor yang bersih dan terawat menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, tanpa suara berisik atau getaran yang mengganggu. Jadi, merawat rantai motor bukan hanya sebagai tugas rutin, melainkan investasi jangka panjang untuk menjaga kesehatan dan performa keseluruhan kendaraan, memastikan bahwa motor selalu siap menghadapi tantangan di jalan.

5 Cara Merawat Rantai Motor agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Sebagai penghubung utama antara mesin dan roda belakang, kesehatan rantai motor memengaruhi tidak hanya performa kendaraan tetapi juga keamanan berkendara. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat rantai motor agar tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Menghindari Kebiasaan Buruk saat Berkendara

Saat Anda berkendara, terdapat beberapa kebiasaan yang dapat memengaruhi kondisi rantai motor. Pertama-tama, hindari akselerasi yang tiba-tiba dan pengereman mendadak. Kebiasaan ini dapat menyebabkan beban berlebih pada rantai, mengakibatkan keausan yang lebih cepat.

Selain itu, hindari melintasi genangan air atau lumpur yang dalam. Air dan lumpur dapat merusak pelumas rantai dan menyebabkan korosi pada bagian rantai. Pastikan Anda memilih rute yang bersih dan kering untuk menjaga kondisi rantai motor tetap baik.

2. Memeriksa Kondisi Rantai Motor Secara Berkala

Pemeriksaan rutin terhadap kondisi rantai motor merupakan langkah penting untuk menjaga keandalan kendaraan Anda. Gunakan stensil atau penggaris untuk memeriksa ketegangan rantai. Pastikan rantai memiliki ketegangan yang sesuai sesuai dengan petunjuk pabrikan motor.

Tentunya, selama masa pemakaian, rantai sepeda motor akan mengalami pengenduran dengan sendirinya. Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang terjadi pada sendi-sendi rantai. Jika hal ini dibiarkan, maka kinerja pergerakan roda akan terganggu, sehingga hal ini perlu diperiksa secara berkala. Namun, perlu diingat agar tidak memasang rantai terlalu kencang, karena rantai akan mudah putus ketika motor digunakan.

Selain itu, perhatikan apakah terdapat tanda-tanda keausan atau kerusakan pada rantai. Jika Anda menemukan bagian rantai yang sudah terlalu aus atau mengalami deformasi, segera lakukan tindakan perbaikan atau ganti rantai motor yang rusak.

3. Memberikan Pelumas pada Gear dan Rantai Motor

Cara merawat gear dan rantai motor selanjutnya adalah memberikan pelumas secara berkala. Cara ini terbukti efektif dan tidak memakan banyak waktu, karena Anda hanya perlu menyemprotkan pelumas ke permukaan rantai saja. Penggunaan pelumas tentunya membuat gear dan rantai motor tetap dalam keadaan basah, sehingga risiko kerusakan berkurang. Namun, ketika melumasi rantai, disarankan untuk menggunakan pelumas khusus rantai agar tidak mudah aus.

4. Mengganti Rantai Motor yang Sudah Aus

Meskipun merawat rantai dengan baik dapat memperpanjang umur pakainya, tidak dapat dihindari bahwa suatu saat rantai motor akan mengalami keausan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penggantian rantai motor secara berkala.

Ganti rantai motor setelah mencapai batas umur pakai yang ditentukan oleh pabrikan. Penggantian yang tepat waktu akan mencegah risiko kerusakan lebih lanjut pada komponen lainnya dan menjaga kinerja motor tetap optimal.

5. Menjaga Kebersihan Rantai Motor

Kebersihan rantai motor adalah faktor penting dalam merawatnya. Rantai yang kotor dapat mengakibatkan gesekan berlebih dan mengurangi efisiensi perpindahan daya dari mesin ke roda. Oleh karena itu, rutin membersihkan rantai motor adalah langkah yang perlu Anda lakukan.

Gunakan sikat rantai motor dan pembersih khusus untuk membersihkan sisa-sisa lumpur, debu, dan pelumas kering yang menempel pada rantai. Pastikan rantai kering dengan baik sebelum Anda memberikan pelumas baru. Pelumasan yang baik akan membantu mengurangi keausan dan menjaga rantai tetap dalam kondisi optimal.

Baca juga: Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan dan Turunan

Jadi itu dia informasi lengkap tentang tips dan cara merawat rantai motor agar dapat bekerja dengan baik. Merawat rantai motor dengan baik sangat penting untuk menjaga kinerja sepeda motor. Apalagi, melakukan perawatan rantai motor secara berkala bukanlah tugas yang sulit, namun kebiasaan ini memiliki dampak besar pada kinerja motor dan keselamatan berkendara Anda.  Oleh karena itu, jangan lupa untuk merawat rantai motor dengan baik agar sepeda motor tetap awet dan tahan lama.

Untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan nyaman, tidak hanya merawat rantai motor, tetapi juga memilih motor yang tepat. Jika Anda sedang mencari motor bekas dengan harga kompetitif, Anda bisa ikut di lelang motor bekas di JBA Indonesia. Di dalamnya terdapat banyak pilihan motor yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Tenang saja, JBA Indonesia merupakan platform lelang yang terdaftar resmi dan diawasi oleh Kementerian Keuangan, menyediakan ruang lelang nyaman, lelang khusus alat berat, serta tentunya adanya transparansi dalam jual-beli di JBA Indonesia. Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja kunjungi JBA Indonesia dan temukan motor terbaik impian Anda dengan harga yang kompetitif sekarang juga!

News author picture PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia

PT JBA Indonesia adalah balai lelang otomotif tepercaya dengan menyediakan berbagai macam pilihan kendaraan bekas. Tiap minggunya, JBA berhasil melelang lebih dari 1000 unit kendaraan untuk para pelanggan JBA.

Selamat Datang di website JBA Indonesia Perkenalkan diri Anda sebelum memulai chat.
Whatsapp